Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KSAU 2002-2005
Bergabung sejak: 25 Feb 2016

Penulis buku "Tanah Air Udaraku Indonesia"

Selamat Jalan, Bapak Hapid

Baca di App
Lihat Foto
Buku Kepak Sayap The 60 Taloans – Sebuah Kilas Balik
Pada tahun 1950 Angkatan Udara RI mengirim 60 pemuda ke California, Amerika Serikat, untuk mengikuti pendidikan sebagai Pilot di Academy of Aeronautics Taloa.
Editor: Sandro Gatra

PAGI tadi selepas subuh, saya menerima WA kabar duka dari Ibu Indriati Iskak, dikenal sebagai Indri Makki isteri dari almarhum Marsda TNI (Purn) Makki Perdanakusuma.

Ibu Indri mengabarkan bahwa baru saja meninggal dunia pagi tadi, Bapak Hapid Prawira Adiningrat, Pilot Angkatan Udara lulusan California tahun 1950-an.

Pada tahun 1950, Angkatan Udara mengirim 60 pemuda ke California untuk mengikuti pendidikan sebagai Pilot.

Beberapa di antaranya sempat menduduki posisi strategis di jajaran Angkatan Udara dan juga Instansi lainnya.

Marsekal Saleh Basarah, Omar Dani, Makki Perdanakusuma, Sri Moelyono Herlambang, L.W.J Wattimena serta Wisnoe Djajengminardo adalah beberapa nama di antaranya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bapak Hapid menempuh karier antara lain sebagai Pilot di PT Caltex Pacific Indonesia.

Pada bulan Agustus tahun 2015, keluarga besar alumni California menerbitkan buku kenangan berjudul “Kepak Sayap The 60 Taloans – Sebuah Kilas Balik”.

Pada buku yang dipenuhi banyak gambar kenangan selama pendidikan di California tersebut Bapak Hapid menuliskan kata pengantarnya.

Berikut kutipan sekilas dari kata pengantar tulisan dari Bapak Hapid Prawira Adiningrat:

Kurun waktu ke-60 kadet belajar ilmu kedirgantaraan di Academy of Aeronautics Taloa tidaklah lama, yaitu Desember 1950 sampai dengan Juli 1952. Namun periode yang singkat tersebut meninggalkan jejak kenangan yang mendalam. Sebuah perjalanan yang sarat akan berbagai kejadian suka dan duka, pengalaman bagus dan kurang bagus. Walaupun setelah mengenyam pendidikan di Taloa perjalanan hidup kami masing masing berbeda, baik di militer maupun sipil, namun memori kebanggaan sebagai ex-kadet Taloa tidak pernah surut. Selama belajar di Taloa kami adalah kadet yang dikirim Angkatan Udara Republik Indonesia. Kami belajar ilmu Aeronautika. Kami banyak belajar mengenai hidup dan kehidupan di Amerika yang egaliter. Sebuah school of Life.

Bapak Hapid adalah orang terakhir dari para kadet lulusan Taloa yang menghembuskan nafas terakhirnya hari ini Rabu, 2 Maret 2022.

Banyak sekali yang telah disumbangkan oleh para lulusan California ini dalam perjalanannya mengabdi untuk negeri. Mengabdi kepada Ibu Pertiwi dan Bapak Angkasa.

Selamat Jalan Bapak Hapid Prawira Adiningrat, doa kami mengiringi selalu, semoga Bapak diterima di tempat terbaik di sisi Yang Maha Esa, Amin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi