Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lowongan Kerja Ombudsman 115 Formasi, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Baca di App
Lihat Foto
tangkapan layar laman ombudsman.go.id
formasi Lowongan kerja Ombudsman
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com – Ombudsman RI membuka lowongan kerja untuk 115 formasi bagi lulusan D4, S1, dan S2.

Ombudsman adalah Lembaga Negara yang bertindak mengawasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik baik yang diselenggarakan oleh negara dan pemerintah, termasuk oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan Badan Hukum Milik Negara serta Badan Swasta atau perseorangan.

Lowongan kerja ini dibuka melalui Seleksi Calon Asisten Ombudsman Republik Indonesia sejak 14 Februari 2022 sampai 7 Maret 2022.

Baca juga: Buka 115 Formasi, Ini Syarat dan Cara Daftar Lowongan Kerja Ombudsman

Lowongan kerja Ombudsman RI

Tim Seleksi Calon Asisten Ombudsman RI, Leni Milana membenarkan pembukaan lowongan kerja tersebut.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Untuk formasi dan persyaratan bisa diakses di web situ ombudsman.go.id,” ujarnya melalui pesan singkat, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (5/3/2022).

Setidaknya, sebanyak 44 formasi dibuka untuk ditugaskan di kantor pusat. Sementara 71 formasi dibukan di kantor perwakilan. Total keseluruhan formasi yang dibuka adalah 115 formasi.

Baca juga: BUMN Virama Karya Buka Lowongan Kerja untuk Semua Jurusan

Syarat pendaftaran seleksi Ombudsman

Dilansir dari laman resminya, pendaftaran Seleksi Calon Asisten Ombudsman RI bisa diikuti oleh siapa saja yang memenuhi perseyarakat sebagai berikut:

Baca juga: Temuan Ombudsman soal Minyak Goreng: Ada yang Syaratkan Beli Barang Lain, hingga Wajib Member

 

Lihat Foto
Situs resmi Ombudsman
Logo Ombudsman.

Cara pendaftaran lowongan kerja Ombudsman

Adapun ketentuan pendaftaran lowongan kerja Ombudsman adalah sebagai berikut:

1. Pengumuman ditayangkan melalui tautan https://ombudsman.go.id/pengumuman/.

2. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman https://calasori.ombudsman.go.id/ . Peserta diimbau agar melakukan proses pendaftaran menggunakan PC/laptop.

3. Periode pendaftaran dimulai pada tanggal 14 Februari 2022 sampai 7 Maret 2022.

4. Pendaftar wajib mengisi data diri dengan benar dan mengunggah dokumen kelengkapan administrasi sesuai dengan ketentuan

5. Melengkapi dokumen yang dibutuhkan sebagai kelengkapan administrasi yang meliputi:

  • Surat Lamaran (format file pdf, maksimal 500 KB, dapat diunduh pada tautan pengumuman pendaftaran)
  • Daftar Riwayat Hidup (format file pdf, maksimal 500 KB, dapat diunduh pada tautan pengumuman pendaftaran)
  • Pasfoto terbaru ukuran (4x6) berwarna dengan latar belakang biru (format file jpeg/jpg, maksimal 500 KB)
  • Kartu Tanda Penduduk atau Surat Keterangan Pengganti Tanda Identitas yang diterbitkan dan ditandatangani oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (format file pdf, maksimal 500 KB)
  • Asli ijazah pendidikan dengan strata pendidikan S1/D4 atau S2. Bagi Pelamar Perguruan Tinggi Luar Negeri wajib melampirkan penyetaraan ijazah dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi (dijadikan dalam 1 file pdf, maksimal 1 MB)
  • Asli transkrip nilai pendidikan dengan strata pendidikan S1/D4 atau S2. Bagi Pelamar Perguruan Tinggi Luar Negeri wajib melampirkan konversi nilai IPK dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi (dijadikan dalam 1 file pdf, maksimal 1 MB)
  • Asli surat keterangan akreditasi Perguruan Tinggi dan program studi atau tangkapan layar (screen capture). Hasil Akreditasi Perguruan Tinggi dari BAN-PT yang memuat status akreditasi berasal dari portal https://www.banpt.or.id (masing-masing format file pdf, maksimal 500 KB)
  • Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang masih berlaku (format file pdf, maksimal 500 KB)
  • Asli Surat Pernyataan yang dibuat sendiri oleh yang bersangkutan di atas kertas dan diberi materai Rp 10 ribu, bahwa tidak pernah dijatuhi pidana berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap, karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun (format file pdf, maksimal 500 KB, dapat diunduh pada tautan pengumuman pendaftaran)
  • Asli Surat Keterangan Sehat Jasmani dari Dokter Rumah Sakit Pemerintah (format file pdf, maksimal 500 KB)
  • Asli Surat Keterangan Sehat Rohani dari Dokter Rumah Sakit Pemerintah (format file pdf, maksimal 500 KB) disampaikan pada saat pelamar dinyatakan lulus pada psikotes.
  • Asli Surat Keterangan Bebas Narkotik dan Zat Adiktif lainnya dari Badan Narkotika (Nasional/Provinsi/Kabupaten/Kota) (format file pdf, maksimal 500 KB) disampaikan pada saat pelamar dinyatakan lulus pada psikotes.
  • Bagi Pelamar penyandang Disabilitas yang melamar dalam formasi disabilitas melampirkan syarat tambahan berupa Surat Keterangan Dokter yang berlaku dari Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang menerangkan jenis/tingkat disabilitasnya (format file pdf, maksimal 500 KB).
  • Asli Surat Pernyataan Tidak Mengundurkan Diri diatas kertas yang diberi materai Rp 10 ribu (format file pdf, maksimal 500 KB, dapat diunduh pada tautan pengumuman pendaftaran).
  • Asli Surat Pernyataan Tidak Mengajukan Penyesuaian Ijazah diatas kertas yang diberi materai Rp 10 ribu (format file pdf, maksimal 500 KB, dapat diunduh pada tautan pengumuman pendaftaran).
  • Asli Surat Pernyataan yang dibuat sendiri oleh yang bersangkutan di atas kertas diberi materai Rp 10 ribu, bahwa bersedia untuk tidak merangkap sebagai anggota Partai Politik, Advokat, serta profesi lainnya (antara lain: Dokter, Akuntan, Notaris, Pejabat Pembuat Akte Tanah), apabila yang bersangkutan diterima sebagai Calon Asisten (format file pdf, maksimal 500 KB, dapat diunduh pada tautan pengumuman pendaftaran)
  • Asli Surat Pernyataan yang dibuat sendiri oleh yang bersangkutan di atas kertas diberi materai Rp 10 ribu, bahwa seluruh informasi dan dokumen yang disampaikan merupakan dokumen asli yang sah dan dapat dibuktikan keasliannya (format file pdf, maksimal 500 KB, dapat diunduh pada tautan pengumuman pendaftaran).

6. Dokumen yang diunggah dapat dibaca dan dipahami dengan jelas serta merupakan hasil pindai (scan) dari dokumen asli sebagaimana layaknya dokumen, bukan merupakan hasil foto dari dokumen tersebut.

 

Batas waktu pendaftaran

7. Batas waktu unggah dokumen kelengkapan administrasi paling lambat pada tanggal 7 Maret 2022 pukul 24.00 WIB.

8. Proses pendaftaran wajib dilakukan dengan mengisi data diri dan mengunggah seluruh dokumen kelengkapan administrasi.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, bisa mengunjungi situs https://www.ombudsman.go.id/ atau laman Instagram resmi Ombudsman @ombudsmanri137.

Nah itulah lowongan kerja Ombudsman RI yang dibuka untuk 115 formasi. Pendaftaran masih dibuka hingga 7 Maret 2022. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi