Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TREN] Cara Cek Penerima BPNT Maret 2022 | Cara Menonaktifkan NPWP

Baca di App
Lihat Foto
Screenshoots
Populer Tren 10 Maret
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Cara cek penerima BPNT Maret 2022 menjadi berita terpopuler di laman Tren sejak Rabu (9/3/2022) hingga Kamis (10/3/2022) pagi.

Selain itu, ada pula berita soal Marshel Widianto yang berpose di depan Menara Eiffel di malam hari yang juga menyita perhatian publik terkait adanya kabar soal sanksi yang mungkin didapatkan.

Sepanjang Rabu kemarin, berita yang juga ramai pembaca adalah tentang cara menonaktifkan NPWP baik secara online maupun offline, juga golongan masyarakat yang masih diwajibkan tes PCR dan antigen sebagai syarat perjalanan.

Selain keempat berita di atas, berita tentang sejarah hari musik juga diminati oleh banyak pembaca.

1. Cara cek penerima BPNT Maret 2022

BPNT adalah Program Bantuan Pangan Non-Tunai atau Bantuan Kartu Sembako Murah. Nah, BPNT di awal tahun 2022 telah bisa dicairkan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencairan BPNT dilakukan selama 3 bulan yakni Januari-Maret 2022. Guna memastikan apakah Anda sebagai salah satu penerima bansos BPNT, Anda bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Kemenkeu menyampaikan bahwa pada 2022, bantuan yang dicairkan sebesar Rp 45,12 triliun dan dianggarkan untuk Program Kartu Sembako.

Untuk cara mengecek penerima bansos, bisa disimak di artikel berikut:

Cara Cek Penerima BPNT Maret 2022 di cekbansos.kemensos.go.id

2. Marshel Widianto berfoto di Menara Eiffel di malam hari, adakah sanksi?

Komedian Marshel Widianto mengunggah foto dirinya dengan latar belakang Menara Eiffel di malam hari pada Senin (7/3/2022).

Foto ini memicu komentar warganet, disukai 534.000 akun dan dikomentari 9.724 pengguna Instagram hingga Rabu (9/3/2022).

Salah satu warganet merespons dengan pertanyaan adakah sanksi yang bisa diterima Marshel.

"Bolehkah post foto menara eifell pas malam? Katanya ada copyrightnya," tulis salah satu warganet.

Mengenai aturan sebenarnya dari mengambil foto di Menara Eiffel di malam hari, bisa dilihat di artikel berikut:

Marshel Widianto Berfoto dengan Latar Menara Eiffel di Malam Hari, Benarkah Bisa Disanksi?

3. Cara menonaktifkan NPWP

Kelompok masyarakat pemegang NPWP yang tak lagi memenuhi syarat subjektif dan objektif sebagai WP bisa mengajukan permohonan penonaktifan NPWP.

Kelompok Wajib Pajak ini semisal masyarakat yang pendapatannya masuk dalam kategori Pendapatan Tidak Kena Pajak (PTKP) atau WP sudah meninggal dunia.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP), pendapatan yang masuk kategori PTKP maksimal adalah Rp 4,5 juta per bulan atau Rp 54 juta per tahun.

Cara Menonaktifkan NPWP secara Manual dan Online

4. Golongan yang tetap wajib PCR dan antigen sebagai syarat perjalanan

Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) transportasi darat, laut, dan udara, sudah tidak lagi wajib menyertakan hasil tes negatif Covid-19 dari PCR dan antigen mulai Selasa (8/3/2022).

Ketentuan ini ada dalam Surat Edaran (SE) Nomor 11 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19.

Namun dalam aturan tersebut, dikatakan bahwa tidak semua PPDN bisa begitu saja melakukan perjalanan tanpa menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 dari antigen dan PCR.

Ada sejumlah kriteria yang mengharuskan PPDN wajib menyertakan hasil tes negatif Covid-19 dari PCR dan antigen sebagai syarat perjalanan. 

Golongan Ini Tetap Wajib Tes PCR dan Antigen sebagai Syarat Perjalanan, Siapa Saja Mereka?

5. Sejarah hari musik nasional

Hari Musik Nasional 2022 jatuh pada Rabu, 9 Maret 2022. Hari Musik Nasional ditetapkan pada 9 Maret oleh Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono.

Penetapan ini diikuti dengan dikeluarkannya Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 tahun 2013 tentang Hari Musik Nasional.

Keppres tersebut menjelaskan bahwa penetapan Hari Musik Nasional merupakan upaya meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik. Selain itu, juga untuk meningkatkan prestasi dan rasa percaya diri bagi insan musik Indonesia. 

10 Link Twibbon Hari Musik Nasional 9 Maret 2022 dan Sejarahnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi