Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HET Dicabut, Ini Harga Minyak Goreng di Alfamart dan Indomaret

Baca di App
Lihat Foto
Twitter
Tangkapan layar harga minyak goreng di swalayan kembali naik.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Pemerintah telah mencabut Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng pada Selasa (15/3/2022). Alfamart dan Indomart menyesuaikan harga minyak goreng dengan harga keekonomian.

Direktur Jenderal Pedagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan mengatakan, pemerintah melakukan hal itu lantaran seiring terjadinya kelangkaan terhadap komoditas pangan tersebut di lapangan.

Setelah HET dicabut, stok minyak goreng di pasaran kembali tersedia namun harganya melonjak.

Harga minyak goreng kemasan 1 liter naik menjadi Rp 23.900 dan untuk kemasan 2 liter menyentuh harga Rp 47.800.Selain itu, harga minyak goreng curah dibatasi menjadi Rp 14.000 per liter.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Viral, Video Warga Berebut Minyak Goreng di Indomaret, Ini Faktanya

Berikut ini harga dan stok minyak goreng di Alfamart dan Indomart mulai Kamis (17/3/2022). 

Alfamart

Corporate Communication General Manager Alfamart, Nur Rachman mengatakan, pihaknya mendukung upaya pemerintah dalam menjaga ketersediaan minyak goreng bagi masyarakat.

Menurut dia, pemerintah telah menetapkan kebijakan harga minyak goreng kemasan. Dalam kebijakan ini, minyak goreng kemasan akan disesuaikan dengan harga keekonomian.

Dengan kebijakan ini, penetapan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng kemasan senilai Rp 14.000 telah dicabut dan diserahkan pada mekanisme pasar.

“Bagi kami perubahan harga tentu akan menyesuaikan harga pembelian dari masing-masing produk minyak goreng, dalam waktu dekat setelah mendapat pasokan barang dengan harga beli baru tentunya kami akan menyesuaikan harga jual di toko,” ujar Rachman saat dihubungi Kompas.com, Kamis (17/3/2022).

Ia menyampaikan, per ritel nantinya akan mengikuti Surat Edaran No 09 Tahun 2022 tentang Relaksasi Penerapan Harga Minyak Goreng Sawit Kemasan Sederhana dan Kemasan Premium.

"Hal ini sambil menunggu pengundangan Peraturan Menteri Perdagangan tentang Pencabutan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 06 Tahun 2022 tentang Penetapan Harga Eceran," lanjut dia.

Baca juga: Harga Minyak Goreng di Kendari Meroket, 2 Liter Tembus Rp 135.000

 

Indomaret

Sementara itu, Microeconomics Executive Director PT Indomarco Prismatama, Feki Oktavianus membenarkan bahwa harga minyak goreng kembali naik setelah dicabutnya HET minyak goreng.

"Betul, untuk 1 liter sudah di harga Rp 23.900, dan untuk yang 2 liter di harga Rp 47.800," ujar Feki saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (17/3/2022).

Feki menambahkan, untuk ketersediaan stok cukup ada tersedia.

"Ada, mulai di-supply, tapi masih belum merata dan diharapkan ke depan pemasok bisa supply-nya lebih lancar," imbuhnya.

Ia juga menjelaskan bahwa kenaikan harga minyak goreng sudah berlaku sejak Rabu (16/3/2022) pukul 18.00 WIB.

"Untuk harga 1 liter 23.900 dan 2 liter 47.800 ini mulai berlaku sejak kemarin, Rabu 16 Maret 2022 pukul 18.00," ujar Feki.

Baca juga: Cara Membuat Minyak Kelapa, Alternatif di Saat Minyak Goreng Langka

Minyak goreng di swalayan dijual Rp 23.000 per liter

Menurut pemberitaan Kompas.com, Rabu (16/3/2022), salah satu swalayan di Tasikmalaya, Jawa Barat telah menjual minyak goreng kemasan dengan harga Rp 23.000 per liternya mulai Rabu (16/3/2022).

Bahkan terlihat pajangan minyak goreng kemasan berbagai merek kembali banyak terpajang di salah satu swalayan di Kota Tasikmalaya sejak Rabu pagi.

"Aneh minyak goreng mendadak banyak mulai hari ini di sini padahal kemarin sedikit malah kosong. Pas tadi mau saya beli ternyata harganya mahal lagi Rp 23.000 per liternya. Pantesan jadi banyak lagi sekarang minyak gorengnya," jelas Joya (30), salah seorang ibu rumah tangga yang sedang berbelanja di salah satu swalayan, Rabu sore.

Awalnya, Joya mendapatkan informasi di media sosial kalau minyak goreng bisa didapatkan di semua swalayan.

Namun, ternyata ketika dicek di swalayan, harga minyak goreng kembali mahal yang tidak sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) pemerintah sebelumnya untuk minyak goreng kemasan Rp 14.000 per liternya.

Baca juga: Ini Penyebab Harga Minyak Goreng di Malaysia Cuma Rp 8.500 Per Kg

 

Joya bersama teman-temannya pun memborong minyak goreng dengan harga kembali mahal itu untuk memastikan apakah ada pembatasan pembelian atau tidak.

Ternyata, saat ditanya ke petugas kasir sekarang sudah tak dibatasi dan dipersilakan membeli banyak karena stoknya melimpah lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi