Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta-fakta 5 Planet Kerdil di Tata Surya Termasuk Pluto

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock
Ilustrasi Makemake
|
Editor: Rendika Ferri Kurniawan

KOMPAS.com - Di tata surya ini, ada planet-planet kecil yang ukurannya tidak memenuhi kriteria sebuah planet murni.

Planet-planet itu dikenal sebagai planet kerdil atau planet kurcaci.

Dikutip dari NASA, 22 April 2015, menurut Persatuan Astronomi Internasional, planet kerdil adalah benda langit yang mengorbit matahari, memiliki massa yang cukup untuk mengambil bentuk hampir bulat, belum membersihkan lingkungan di sekitar orbitnya, dan bukan bulan.

Sementara itu, dilansir dari Space, 28 Oktober 2017, planet kerdil adalah dunia yang terlalu kecil untuk dianggap planet lengkap, tetapi terlalu besar dimasukkan kategori lebih kecil.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para astronom memperkirakan bahwa mungkin ada sebanyak 200 planet kerdil di tata surya dan Sabuk Kuiper.

Salah satu yang terkenal adalah Pluto. Semula, Pluto dikenal sebagai planet seperti Bumi dan lainnya.

Namun pada 2006, Persatuan Astronomi Internasional memutuskan untuk menurunkan status Pluto menjadi "planet kerdil".

Mike Brown, seorang profesor astronomi planet di California Institute of Technology (Caltech) adalah orang yang "membunuh" Pluto.

Apa saja yang termasuk planet kerdil?

Baca juga: Misteri Planet Sembilan, Diyakini Ada tetapi Belum Pernah Terlihat

5 planet kerdil di tata surya

Pada 2014, International Astronomical Union (IAU) mengakui 5 planet kerdil yaitu Ceres, Pluto, Eris, Haumea, dan Makemake. Tapi tidak hanya itu.

Ada juga yang mengakui Sedna, Quaoar, 2012 VP113, dan objek Deedee sebagai planet kerdil, serta lebih dari seratus planet kerdil menunggu ditemukan, menurut NASA.

Berikut fakta-fakta planet kerdil di tata surya:

1. Ceres

Ceres adalah planet kerdil paling awal yang ditemukan dan merupakan planet kerdil terkecil yang ada saat ini.

Astronom Sisilia Giuseppe Piazzi menemukan Ceres pada 1801 berdasarkan prediksi bahwa celah antara Mars dan Jupiter berisi planet yang hilang.

Diameternya hanya 590 mil (950 km) dan memiliki massa hanya 0,015 persen massa Bumi.

Faktanya, Ceres sangat kecil sehingga diklasifikasikan sebagai planet kerdil. Ceres juga sering disebut dalam literatur ilmiah sebagai salah satu asteroid terbesar di tata surya.

Tidak seperti tetangga asteroidnya, Ceres memiliki bentuk hampir bulat. Planet kerdil yang berbatu ini diduga memiliki air es di bawah keraknya.

Pada 2014, Observatorium Luar Angkasa Herschel Badan Antariksa Eropa mendeteksi uap air yang memuntahkan dari dua wilayah di Ceres.

Baca juga: Fakta-fakta 8 Planet di Tata Surya dan Kemungkinan Planet Kesembilan

2. Eris

Ketika pertama kali ditemukan, Eris dianggap sebagai planet kerdil terbesar, dengan massa 27 persen lebih besar dari Pluto dan diameter sekitar 1.400 hingga 1.500 mil (2.300 hingga 2.400 km).

Penemuan Eris inilah yang mendorong IAU untuk mempertimbangkan kembali definisi planet.

Pengamatan lebih lanjut menunjukkan bahwa planet kerdil itu sedikit lebih kecil dari Pluto.

Orbit Eris sangat tidak menentu, melintasi orbit Pluto dan hampir memotong orbit Neptunus. Dibutuhkan 557 tahun bagi Eris untuk mengorbit matahari.

Pada titik terjauhnya dari matahari, sebuah titik yang juga disebut aphelion, Eris dan satelitnya Dysmonia berjalan jauh melampaui Sabuk Kuiper.

Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa permukaannya adalah atmosfer yang mengembun dan mengembang menjadi gas ketika planet kerdil itu lebih dekat ke matahari.

Baca juga: Apakah Ada Bukti Keberadaan Alien atau Kehidupan di Planet Lain?

3. Haumea dan Makemake

Haumea dan Makemake adalah planet kerdil yang paling baru dinamai di tata surya. Haumea unik karena bentuknya yang elips, hanya saja memenuhi kriteria keseimbangan hidrostatik untuk status planet kerdil.

Bentuk memanjang dari planet kerdil ini karena putaran rotasinya yang cepat, bukan karena kekurangan massa.

Planet kerdil berbentuk cerutu ini berputar pada porosnya setiap empat jam, kemungkinan akibat tabrakan.

Objek aneh itu juga memiliki bintik merah dan lapisan es kristal. Selain itu Haumea adalah satu-satunya objek di sabuk Kuiper selain Pluto yang diketahui menampung lebih dari satu bulan.

Makemake memiliki sebuah bulan (satelit) yang ditemukan sekitar 2016. Diameternya diketahui sekitar dua pertiga dari Pluto, dan bulan yang baru ditemukan akan memungkinkan pengukuran massanya.

Makemake juga bernilai bagi komunitas astronomi, karena merupakan alasan lain untuk mempertimbangkan kembali definisi planet.

Massa dan diameternya yang sebanding dengan Pluto akan memberinya status planet jika Pluto tidak juga kehilangan gelar itu.

Baca juga: Mengenal Tata Surya dan Beberapa Teori Pembentukan Tata Surya

4. Pluto

Pluto adalah planet kerdil yang paling terkenal. Sejak ditemukan pada 1930 dan hingga 2006, telah diklasifikasikan sebagai planet kesembilan dari matahari.

Orbit Pluto begitu tidak menentu, sehingga kadang-kadang lebih dekat ke matahari daripada planet kedelapan, Neptunus.

Meskipun ukurannya kecil, yakni 0,2 persen persen massa Bumi dan hanya 10 persen massa bulan Bumi, gravitasi Pluto cukup untuk menangkap lima bulannya sendiri.

Pasangan antara Pluto dan bulan terbesarnya, Charon, dikenal sebagai sistem biner, karena kedua objek mengorbit di sekitar titik pusat yang tidak berada dalam massa Pluto.

Misi New Horizons NASA terbang melewati Pluto pada 2015 dan mengungkapkan banyak kejutan.

Ditemukan bahwa ada zona yang tidak memiliki kawah, permukaannya relatif muda. Selain itu ada pegunungan yang tingginya bisa mencapai 11.000 kaki (3.500 meter) dan ada juga kabut di atas permukaan planet kerdil itu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi