Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Mandi Setelah Olahraga Malam? Ini Penjelasan Dokter

Baca di App
Lihat Foto
torwai
Ilustrasi mandi
|
Editor: Rendika Ferri Kurniawan

KOMPAS.com - Olahraga malam menjadi pilihan bagi orang yang sulit bangun pagi ataupun sibuk bekerja.

Beberapa olahraga yang dapat dilakukan saat malam hari pun beragam, antara lain angkat beban, bersepeda, bulu tangkis, tenis, serta futsal selepas kerja bersama teman-teman.

Selesai berolahraga, membasuh tubuh, atau mandi menjadi rutinitas penting untuk menghilangkan keringat dan kotoran akibat berolahraga.

Namun, bolehkah langsung mandi setelah berolahraga malam?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Kapan Bayi Bisa Mulai Mandi dengan Air Dingin? Ini Penjelasan Dokter

Penjelasan dokter

Dokter spesialis kedokteran olahraga dari Slim + Health Sports Therapy Michael Triangto menjelaskan, membasuh tubuh atau mandi adalah keharusan setiap kali selesai berolahraga.

Jika tidak, maka keringat yang muncul akibat berolahraga akan berpotensi menyebabkan iritasi kulit dan mempermudah tumbuhnya jamur di kulit.

“Kalau kita habis olahraga, itu pun kita wajib untuk membersihkan tubuh kita,” kata Michael, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (18/3/2022) malam.

Lebih lanjut, Michael menjelaskan, suhu tubuh akan naik setelah berolahraga dan tubuh akan panas serta mengeluarkan keringat.

Keringat juga yang akan membuat panas dalam tubuh keluar bersama dengan kotoran-kotoran, tetapi tidak lepas dari kulit.

Saat tubuh masih panas dan langsung diguyur dengan air dingin, menurut Michael, ini yang akan memicu gangguan kesehatan.

“Terjadi suatu perubahan yang cepat, dari pori-pori terbuka, dari suhu tubuh yang lebih panas dari biasa, kemudian diguyur air dingin. Tentu pori-pori itu akan mengerut,” terangnya.

Pori-pori yang mengerut inilah yang membuat panas tubuh tidak dapat keluar sebagaimana mestinya, sehingga bisa mengganggu kesehatan dan menyebabkan sulit tidur.

Baca juga: Manfaat Mandi Air Dingin, Mengusir Depresi dan Menurunkan Berat Badan

Dinginkan tubuh sebelum mandi

Michael menerangkan, mandi sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh dan melindungi keluarga, tetapi tidak boleh langsung mandi setelah berolahraga.

Harus ada jeda atau waktu tunggu antara selesai berolahraga dan membasuh tubuh.

“Umumnya kalau olahraga di luar (rumah) itu membutuhkan waktu untuk tiba di rumah, sehingga cukup waktu untuk mendinginkan suhu tubuh tadi,” kata Michael.

Jika kondisinya demikian, maka diperbolehkan untuk langsung mandi begitu tiba di rumah.

Namun, jika olahraga dilakukan di dalam rumah, Michael menyebut untuk tidak langsung membasuh tubuh atau mandi.

Idealnya, tunggu setengah hingga satu jam untuk memastikan suhu tubuh sudah turun kembali seperti semula.

“Setengah jam atau satu jam akan lebih ideal untuk memastikan bahwa suhu tubuh sudah turun kembali seperti semula dan sudah terjadi recovery. Apa tandanya? Denyut nadi atau denyut jantung sudah kembali ke denyut jantung sebelum olahraga,” ujar Michael.

Baca juga: Tubuh Berkeringat Setelah Mandi, Apa yang Terjadi?

Mandi air hangat bisa jadi alternatif

Michael menjelaskan, jika tidak ada waktu untuk mendinginkan tubuh setelah berolahraga, boleh membasuh tubuh atau mandi dengan menggunakan air hangat.

“Habis olahraga kalau bisa ditunggu akan lebih ideal. Namun bilamana tidak cukup waktunya, silakan basuh tubuh atau mandi dengan air hangat,” katanya.

Perlu digarisbawahi, yang tidak boleh dilakukan adalah selesai berolahraga langsung mandi dengan air dingin. Hal inilah yang akan membuat pori-pori mengerut.

Langsung mandi dengan air dingin juga bukan hanya tidak boleh dilakukan saat olahraga malam, tetapi juga saat olahraga pagi ataupun siang.

“Tidak usah malam, itu kalau siang juga tidak boleh. Kecuali kalau sudah didinginkan dulu tubuhnya boleh-boleh saja,” ujar Michael.

Namun, tetap disarankan untuk memastikan dan menunggu proses pendinginan tubuh selesai baru kemudian membasuh tubuh atau mandi.

“Pasti akan terasa kalau keringat masih mengucur, berarti prosesnya belum selesai. Tapi kalau keringat sudah agak kering berarti prosesnya sudah selesai, sudah bisa mandi,” papar Michael.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi