Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Driver dan Pelanggan Gojek serta Tokopedia Bisa Dapat Saham GoTo?

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/WIRESTOCK CREATORS
Ilustrasi logo GOTO.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk telah mengumumkan rencana penawaran umum perdana atau Initial Publik Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin (15/3/2022).

GoTo berencana meluncurkan Program Gotong Royong untuk memberi kesempatan kepada mitra pengemudi, merchants, konsumen yang aktif dan setia, dan seluruh karyawan untuk mendapatkan manfaat ekonomi dari IPO.

Dengan adanya program tersebut maka para driver, pedagang, konsumen, dan karyawan akan diberikan prioritas untuk memesan saham GoTo di masa penawaran umum perdana.

Hal tersebut menjadi kabar gembira bagi para konsumen dan pedagang dari Gojek, Tokopedia maupun GoTo Financial.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: 5 Fakta tentang IPO GoTo

Alokasi 4,3 miliar lembar saham

Dilansir dari Kompas.com (16/3/2022), alokasi saham yang dapat dipesan oleh konsumen dan pedagang sejumlah 4,3 miliar lembar saham Seri A.

Adanya alokasi saham tersebut membuat pedagang dan konsumen di ekosistem GoTo memiliki prioritas memiliki saham GoTo dengan harga penawaran.

“Alokasi saham jatah pasti untuk Program Konsumen dan Pedagang merupakan bagian dari porsi penjatahan pasti,” tulis manajemen GoTo pada Prospektus, Rabu (16/3/2022).

Program ini merupakan suatu bentuk penghargaan kepada konsumen dan pedagang atas loyalitasnya karena telah berkontribusi pada kemajuan ekosistem GoTo.

Kriteria konsumen dan pedagang

Kriteria pedagang yang mendapat prioritas saham GoTo saat IPO adalah dilihat dari lamanya mereka bergabung dengan ekosistem GoTo dan keaktifannya.

Sementara untuk konsumen GoTo akan dilihat dari loyalitasnya pada sistem loyalty di Gojek dan Tokopedia, yakni GoClub dan Toko Rewards.

Nantinya, saham jatah pasti yang dialokasikan kepada peserta bersifat tidak wajib. Sehingga jika terdapat sisa saham yang tidak diambil oleh peserta akan ditawarkan kepada masyarakat.

Selain pedagang dan konsumen, GoTo juga memberikan saham kepada mitra pengemudi Gojek dalam Progam Saham Gotong Royong.

Baca juga: Perjalanan Gojek dan Tokopedia hingga Merger Menjadi GoTo

Driver Gojek

Dilansir dari Kompas.com (16/3/2022), para mitra pengemudi Gojek akan mendapatkan kesempatan menjadi pemegang saham dari GoTo.

Nantinya mitra pengemudi Gojek terpilih akan diberikan opsi memilih/menerima saham GoTo atau uang tunai.

Sebagai informasi, GoTo akan memberikan sahamnya kepada 600.000 mitra pengemudi dalam Program Gotong Royong.

Program ini akan diprioritaskan kepada para mitra Gojek yang memiliki kriteria aktif, setia dan sudah lama bergabung sebagai anggota aktif.

Namun, Program Saham Gotong Royong akan dapat dilaksanakan setelah perusahaan sudah resmi menjadi persuahaan publik dan mendapat penyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kemudian, untuk pengumuman IPO GoTo, Direktur Utama GoTo Andre Soelistyo mengatakan bahwa pihaknya akan menginformasikan mitra pengemudi Gojek melalui aplikasi Gojek.

“Terkait program ini kami akan menginformasikan detailnya lebih lanjut kepada mitra driver, merchant, dan konsumen yg terpilih melalui aplikasi GojekTokopedia, GoBiz atau email sepanjang hari ini,” kata Andre dalam acara Due Diligence Meeting and Public Expose Penawaran Umum Perdana Saham, Selasa (15/3/2022).

Baca juga: Seperti GoTo dan Bukalapak, Amazon dan Tesla Dulu Juga di Posisi Rugi Saat IPO di Wall Street

Komentar driver gojek terkait program ini

Salah satu mitra pengemudi Gojek 001 Mulyono mengatakan dirinya akan memilih saham GoTo sebagai bentuk rasa memiliki kepada perusahaan.

“Kalau untuk saat ini mungkin saya pilih GoTo. Paling tidak kita ikut memiliki Gojek,” kata dia saat dihubungi Kompas.com melalui Instagram, Rabu (16/3/2022).

Dirinya merupakan mitra pengemudi gojek pertama yang sudah bergabung sejak Agustus 2010 dan masih aktif hingga saat ini.

Mulyono menyampaikan terima kasihnya ke perusahaan karena sudah mengajak mitra pengemudi Gojek untuk ikut memiliki perusahaan dalam bentuk saham.

“Pastinya terima kasih buat GoTo yang sudah memperhatikan mitranya,” ujarnya.

Baca juga: Cermati Kinerja GoTo Jelang IPO: Catatkan Rugi Bersih sejak Didirikan hingga Akui Bakal Sulit Cetak Laba

Komentar konsumen Tokopedia

Dilansir dari Kompas.com (17/3/2022), seorang konsumen Tokopedia dengan Level Gold bernama Wahyudi mengatakan sudah mendapatkan penawaran untuk memesan saham GoTo.

Penawaran tersebut diketahuinya melalui notifikasi aplikasi Tokopedia.

"Sudah, tadi pagi dapatnya. Saya dapatnya dari Tokopedia," ujarnya saat dihubungi Kompas.com pada Rabu (16/3/2022) malam.

Notifikasi tersebut tertulis bahwa dia dapat membeli saham GoTo seharga Rp 316 hingga Rp 346 per lembarnya.

Selain itu, dalam notifikasi tersebut dia juga dapat memesan hingga 28 lot saham atau setara dengan 2.800 lembar saham GoTo.

Akan tetapi Wahyudi tidak mengambil penawaran tersebut, karena dia sudah terlanjur memesan saham GoTo di sekuritas.

"Saya tidak ambil alokasi pasti dari Tokopedia. Karena saya lebih pilih dari periode penawaran awal dari sekuritas. Berharap dapat porsi yang lebih banyak dari yang ditawarkan Tokopedia," ungkapnya.

(Sumber: Kompas.com/Isna Rifka Sri Rahayu | Editor Aprillia Ika, Erlangga Djumena, Akhdi Martin Pratama)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi