Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Aksi Pawang Hujan di Sirkuit Mandalika, Siapakah Sosoknya?

Baca di App
Lihat Foto
tanngkapan layar TikTok
Pawang hujan Mandalika viral
|
Editor: Rendika Ferri Kurniawan

KOMPAS.com – Sebuah unggahan video menampilkan aksi seseorang yang disebut pawang hujan di sirkuit Mandalika, viral di media sosial TikTok.

Dalam unggahan yang viral tersebut, dia terlihat berjalan di sekitar sirkuit Mandalika sembari berteriak dan menggerakkan tangannya.

Salah satu unggahan tersebut diunggah oleh akun ini.

“Namanya Mbak Rara, pawang hujan. Sudah basah kuyup dia. Woh, keluar matahari, mantap-mantap. Semangat mbak,” ujar seseorang dalam video tersebut.

Hingga kini unggahan tersebut telah disukai lebih dari 238,7 ribu pengguna dan mendapatkan lebih dari 10,7 ribu komentar. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebagian netizen setuju dengan adanya pawang hujan. Sementara yang lain kurang sepakat adanya penggunaan pawang hujan di gelaran MotoGP 2022 tersebut.

Lantas, siapakah sosok yang disebut sebagai pawang hujan di sirkuit Mandalika tersebut?

Baca juga: Pawang Hujan Sirkuit Mandalika: Pramugari Event yang Dukung MotoGP Indonesia

Siapa sosok pawang hujan di sirkuit Mandalika?

Dikutip dari Kompas.com, Minggu (20/3/2022), sosok yang disebut pawang hujan Mandalika tersebut adalah seorang wanita bernama Rara Istiani Wulandari.

Rara saat ditemui tim Kompas.com mengklaim bahwa dirinya adalah salah satu tim yang direkomendasikan untuk melakukan modifikasi cuaca dengan kekuatan doa.

"Saya sebagai tim doa pawang hujan yang direkomendasikan Pak Erick Thohir (Menteri BUMN) dan sering mengawal event-nya Presiden Jokowi dan event kenegaraan lain, bersama dengan tim ITDC dan Pak Hadi Tjahjanto sebagai koodinator lapangan melakukan modifikasi cuaca dengan kekuatan doa," ujarnya.

Tak seperti pawang hujan yang biasanya diminta mencegah datangnya hujan, ia mengklaim dirinya diminta untuk menurunkan suhu, agar lembap dan sejuk dengan adanya sedikit hujan.

"Ini harus diawali doa. Kalau di sana (memanggil panas) es batu cair, yang ini (memanggil dingin) es batu ditaruh sudah lama tidak cair-cair," ucapnya.

Rara berharap bisa membuat cuaca pada balapan hari Minggu tak akan seterik siang hari saat berada di sekitar Kompleks Sirkuit Mandalika dalam sepekan terakhir.

"Yang penting tidak banjir seperti di WSBK. Sekali lagi, ini kan ikhtiar alternatif bahwa Indonesia punya sesuatu yang luar biasa," ujarnya.

Baca juga: Cerita Pawang Hujan Sirkuit Mandalika, Bukan buat Usir Hujan tapi Datangkan Hujan

Sosok Rara mengaku telah mulai memantau Sirkuit Mandalika sejak 1 Maret secara jarak jauh.

Ia mengatakan dirinya sebelumnya telah diminta mendatangkan hujan pada 9-11 Maret demi membantu mendinginkan lintasan yang baru diaspal ulang.

Terkait tak semua orang mempercayai profesinya, Rara memberikan komentarnya.

"Kalau Rara dibilang menentang takdir karena seharusnya cerah dan hujan kok digeser-geser, saya sebagai orang indigo merasa kelahiran saya suatu kebaikan," ucapnya.

"Saya berharap dengan kebaikan Tuhan kepada saya, saya bisa mengobrol dengan awan, tanah, air, dan udara, dan kini saya berusaha membantu PP, ITDC, Pertamina," kata Rara.

Menurut Rara, dirinya selalu bekerjasama dengan pihak BMKG dan Komandan Lapangan Mandalika Hadi Tjahjanto dalam melakukan modifikasi cuaca.

"Sudah telepon dengan Pak Hadi, arahnya (modifikasi cuaca) mau ke mana. Saya bilang, 'Kalau mau garamin, ke sisi barat karena mereka bisa garamin di mana saja'," ujarnya.

Baca juga: Viral Aksi Pawang Hujan di Sirkuit Mandalika, Ini Sosok Rara Istiani Wulandari

Sejak usia 9 tahun

Dikutip dari laman TribunNews, (31/3/2019), selain dikenal sebagai pawang hujan, Rara juga dikenal sebagai pembaca kartu tarot dan dikenal sebagai peramal beberapa artis tanah air.

Rara sebelumnya mengaku telah melakoni pekerjaannya sebagai pawang hujan sejak berumur Sembilan tahun.

"Umur sembilan tahun saya sudah cari uang sendiri dari acara wayangan dan waktu itu saya belum menggunakan menyan untuk menjadi pawang hujan. Saya bilang ke dalangnya kalau saya bisa bantu agar tidak hujan," kata Rara.

Sebagai pawang hujan Rara pernah menjadi pawang hujan di beberapa acara besar hingga nikahan tokoh publik.

Dia juga pernah pula menjadi pawang hujan saat ajang Asian Games 2018 dan AFC U-19 saat Indonesia melawan Jepang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi