Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Pesawat Tempur Hawk 200 TNI AU: Radar hingga Persenjataan

Baca di App
Lihat Foto
AIRLINERS.NET
ILUSTRASI: Pesawat BAE Hawk 209 milik TNI Angkatan Udara
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Spesifikasi pesawat tempur Hawk 200 yang dimiliki Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) dapat dilihat di artikel ini.

Hawk 200 adalah pesawat tempur kebanggan TNI AU yang didatangkan pada tahun 1990-an. Artinya, saat ini usia pesawat Hawk 200 sudah tidak muda lagi.

Oleh karena itu Pemerintah pun berencana melakukan pengadaan pesawat tempur, salah satunya untuk mengganti Hawk 200 yang akan memasuki masa purna tugas.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Marsdya Donny Ermawan Taufanto mengatakan, beberapa alutsista TNI AU, termasuk Hawk 200, mulai memasuki usia pensiun.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pesawat tempur F5 telah tidak dioperasionalkan dalam beberapa tahun terakhir dan belum ada penggantinya hingga saat ini. Menyusul pesawat Hawks 100 dan 200 yang sudah berusia lebih dari 25 tahun dan dalam kondisi tingkat kesiapan yang rendah tentunya akan memasuki masa purna tugas beberapa tahun mendatang," kata Donny, dikutip dari Kompas.com, 18 Februari 2022.

Baca juga: Spesifikasi KRI Fatahillah-361, Kapal Perang TNI AL yang Dilengkapi Persenjataan Modern

Lantas, seperti apa spesifikasi pesawat tempur Hawk 200?

Spesifikasi Hawk 200

Dilansir dari laman TNI AU, Hawk 200 adalah pesawat tempur taksis buatan British Aerospace (BAE), Inggris.

Pesawat tempur Hawk 200 mulai bergabung dengan TNI AU sejak 1996.

Pesawat Hawk 200 didesain untuk melaksanakan misi "air to ground attack" atau penyerangan ke darat.

Sementara itu, Hawk 200 mampu melesat 1,2 kali kecepatan suara, atau setara 1.470 kilometer per jam dengan membawa berbagai persenjataan.

Pesawat Hawk 200 bermesin turbo fan 871 adour twin-spool, mesin turbo fan rendah yang merupakan produk dari Rolls-Royce.

Tangki bahan bakar fleksibel yang dipasang di tangki pesawat terpisahkan dan compartmented yang berada di sayap.

Hawk 200 juga memiliki tangki eksternal yang bisa dipasang di sayap bawah.

Baca juga: Spesifikasi Pesawat KT-1 Wong Bee: Buatan Korsel, Bagian dari Jupiter Aerobatic Team TNI AU

 

Radar hingga persenjataan Hawk 200

Dilansir dari Airforce Technology, pesawat tempur Hawk 200 diketahui memiliki panjang keseluruhan 11,35 meter, tinggi 3,98 meter, dan lebar 9,94 meter.

Untuk menunjang misi, Hawk 200 dilengkapi dengan radar multi-mode Northrop Grumman APG-66H, sistem navigasi inersia giroskop laser cincin LINS 300, sensor data udara, prosesor layar, dan komputer misi.

Sedangkan pada bagian kokpit, jet dengan satu tempat duduk itu memiliki sistem kontrol hands-on throttle dan stick (HOTAS) dan tampilan head up display (HUD) bidang pandang lebar.

Dengan teknologi itu, pilot dapat memilih senjata dan melepaskan mode sebelum memulai serangan dengan menggunakan panel kontrol senjata.

Kokpit Hawk 200 memiliki layar warna dengan prosesor khusus dan generator simbologi grafis 15 warna. 27 format tampilan pada kokpit juga menyediakan data penerbangan dan pesawat.

Pada bagian persenjataan, Hawk 200 memiliki 11 titik penyimpanan eksternal dengan empat tiang underwing, sebuah tiang di bawah badan pesawat dan stasiun rudal udara-ke-udara ujung sayap.

Selain rudal udara-ke-udara, pesawat itu dilengkapi senapan mesin, peluncur roket, pod pengintai, dan bom seberat 1.000lb.

Baca juga: Spesifikasi dan Cerita Tank Marder TNI AD: Deskripsi, Persenjataan, hingga Kemampuannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi