Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Usulkan Bahasa Melayu Jadi Bahasa Kedua ASEAN, Apa Alasannya?

Baca di App
Lihat Foto
Bendera Malaysia berkibar dengan latar belakang pemandangan menara kembar Petronas dan bendera kecil dari partai Barisan Nasional. (AFP/Manan Vatsyayana)
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com – Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Ismail Sabri Yakob berencana untuk mengusulkan penggunaan bahasa Melayu sebagai bahasa kedua ASEAN.

Dikutip dari CNA, hal tersebut dikatakan Ismail Sabri pada Rabu (23/3/2022) menanggapi pertanyaan Majelis Tinggi Malaysia saat sesi tanya jawab mengenai upaya yang dilakukan untuk mengangkat Bahasa Nasional Malaysia di tingkat internasional.

Ismail menyebut bahwa selain di Malaysia, bahasa Melayu telah digunakan sebagai bahasa pengantar di beberapa negara seperti Indonesia, Brunei, Singapura, Thailand Selatan, Filipina dan sebagian Kamboja.

“Jadi tidak ada alasan kami tidak bisa menjadikan bahasa Melayu sebagai salah satu bahasa resmi ASEAN,” ujar Ismail dikutip dari Malaymail, Rabu (23/3/2022).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: 5 Fakta soal Varian Delta AY.4.2 yang Sudah Masuk Malaysia

Ismail mengatakan, selama kunjungannya ke Kamboja, ia diberitahu ada 800.000 Melayu-Cham yang memakai bahasa Melayu.

Di Vietnam ada sekitar 160.000 penutur Melayu yang juga keturunan Melayu-Cham. Serta ada sejumlah populasi kecil penutur Melayu di Laos.

Pihaknya mengaku akan berdiskusi dengan negara-negara yang memakai Bahasa Melayu supaya sepakat menjadikan bahasa Melayu sebagai bahasa kedua ASEAN.

“Setelah itu, kami akan berdiskusi dengan para pemimpin ASEAN lainnya yang negaranya juga memiliki penduduk yang menggunakan bahasa Melayu sebagai bahasa lisan,” katanya lagi.

Baca juga: Indonesia sudah Datangkan Vaksin Sinovac, Bagaimana dengan Malaysia?

Menggunakan Bahasa Melayu selama kunjungan luar negeri

Lebih lanjut Ismail mengatakan, saat ini hanya empat dari 10 negara ASEAN yang memakai bahasa Inggris dalam acara resmi di tingkat internasional.

Adapun enam lainnya menggunakan bahasa ibu dalam urusan resmi yang perlu diterjemahkan.

Perdana Menteri juga mengatakan, pihaknya telah memakai bahasa Melayu selama kunjungan resminya ke Indonesia, Brunei, Kamboja, dan Thailand sebelumnya.

Terbaru, ia juga menggunakannya untuk kunjungan ke Vietnam dua hari yang lalu.

“Kita tidak perlu malu atau canggung untuk menggunakan Bahasa Melayu di tingkat internasional karena upaya penegakan bahasa Melayu ini juga sejalan dengan salah satu bidang prioritas Malaysian Foreign Policy Framework yang dicanangkan pemerintah pada Desember lalu,” ujarnya.

Baca juga: Tarif Tes PCR di RI Disebut Lebih Murah, Berapa di Negara ASEAN Lain?

Menurut dia, upaya penggunaan bahasa Melayu ini akan dilanjutkan dalam setiap pertemuan pada konferensi internasional baik bilateral maupun multilateral di dalam atau di luar negeri.

Selain itu, Kementerian Luar Negeri Malaysia juga akan diminta untuk menyediakan kelas bahasa Melayu bagi staf kementerian yang telah ditempatkan di luar negeri bersama dengan anak-anaknya.

Menurutnya, kebanyakan anak pejabat diplomatik memiliki penguasaan Bahasa Melayu yang lemah lantaran mereka belajar di sekolah internasional.

Baca juga: Daftar Negara dengan Militer Terkuat di Dunia 2021, Indonesia Juara 1 di ASEAN, 20 Besar di Dunia

Wajib belajar Bahasa Melayu bagi mahasiswa asing

Pernyataan Ismail sejalan dengan pernyataan yang ia buat sebelumnya di Majelis Umum Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO).

Kala itu, pihaknya mengumumkan bahwa pembelajaran bahasa Melayu akan diwajibkan bagi mahasiswa asing yang mendaftar di universitas-universitas Malaysia.

Ismail sendiri adalah salah satu dari tiga wakil presiden UMNO.

Baca juga: Melihat Upah Minimum di Sejumlah Negara ASEAN, Mana yang Paling Tinggi?

Ia juga menyebut Menteri Pendidikan Tinggi Malaysia Noraini Ahmad juga telah setuju untuk melaksanakan usulan tersebut.

“Sudah saatnya kita berbangga dengan bahasa Melayu, karena itu tidak ada alasan bagi kita untuk merasa canggung berbicara bahasa Melayu bahkan di panggung internasional, karena bahasa adalah jiwa bangsa,” kata Ismail.

Ia juga mengatakan Undang-Undang Dewan Bahasa dan Pustaka juga akan direvisi untuk mendukung upaya ini.

Undang-Undang akan direvisi untuk memberikan kekuatan penegakan terkait penyalahgunaan bahasa, termasuk mereka yang memasang papan tanda yang mengandung kesalahan bahasa.

Baca juga: Hubungan AS-Rusia Memanas, Begini Perbandingan Militer Keduanya

KOMPAS.com/PALUPI ANNISA AULIANI Data Raihan Juara Umum SEA Games antara Indonesia dan Malaysia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi