Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Negara Terindah di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock/Cocos.Bounty
Pantai Diamond di Nusa Penida, Bali
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Banyak negara yang memiliki pemandangan alam dan kota yang indah serta menakjubkan.

Dan setiap orang, pasti memiliki spesifikasi tentang negara yang indah dan menarik untuk dikunjungi menurut versi masing-masing.

Sebagian orang mengangap keindahan itu seperti saat melihat Aurora Borealis di Islandia, sebagian lagi melabelkan keindahan hanya dengan menikmati secangkir kopi di megahnya  Paris.

Situs Worldpopulationreview merupakan situs yang membuat data melalui grafik, bagan, analisis, dan visualisasi tentang daftar negara terindah di dunia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara-negara mana sajakah yang termasuk ke dalam daftar negara terindah di dunia tersebut?

Baca juga: 10 Negara Terkecil di Dunia Berdasarkan Luas Wilayah dan Populasinya

10 negara terindah di dunia

Berikut adalah 10 negara terindah di dunia di antara total 14 negara terindah yang dilansir dari Worldpopulationreview:

1. Kanada

Kanada merupakan salah satu negara terbesar di dunia yang terletak di Benua Amerika bagian utara.

Dikenal dengan keramahan penduduknya, Kanada memiliki hutan belantara yang sangat indah.

Kanada juga memiliki pegunungan yang menjulang tinggi, danau yang tenang, dan hutan yang sangat menakjubkan. Semuanya itu menjadikan Kanada masuk ke dalam daftar negara terindah di dunia.

2. Kroasia

Negara yang terletak di sekitar Laut Mediterania ini mendapatkan popularitasnya ketika kota Dubrovnik digunakan sebagai lokasi King's Landing untuk syuting serial TV "Game of Thrones".

Selain karena digunakan sebagai lokasi syuting film, kota Rovinj sendiri juga memiliki pemandangan yang indah dengan pantai yang dikelilingi oleh hutan hijau dan Danau Plitvice yang berwarna indah.

Inilah sebabnya Kroasia juga dilabeli sebagai satu dari negara terindah di dunia.

Baca juga: 10 Negara Terbersih di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

3. Indonesia

Sebuah negara pulau tropis yang terletak di selatan Filipina dan utara Australia, Indonesia menawarkan beberapa pantai terindah di planet ini.

Selain itu Indonesia juga memiliki Candi Borobudur, Gunung Krakatau dan Gunung Bromo, yang semuanya menyimpan sejarah dan pemandangan yang menakjubkan.

Indonesia juga merupakan tujuan wisata untuk melihat satwa liar. Pelancong manca negara dapat melihat komodo (kadal terbesar di dunia) di habitat aslinya.

Dari tahun ke tahun, Indonesia selalu sukses masuk dalam daftar negara terindah di dunia.

4. Italia

Italia memiliki paling banyak situs warisan dunia UNESCO daripada negara mana pun, karenanya Italia juga masuk dalam daftar negara terindah.

Setiap kota di negara ini tampaknya memiliki sesuatu yang unik dan indah mulai dari Coliseum dan situs arkeologi lainnya di Roma seperti menara miring Pisa, katedral di kota Florence, kanal-kanal Venesia yang dipenuhi Gondola, dan masih banyak lagi.

Italia juga menawarkan pemandangan indah dari tebing tepi laut di pantai Amalfi hingga perbukitan hijau dan puncak gunung bersalju.

5. Jepang

Jepang adalah negara yang dapat memenuhi definisi keindahan bagi sebagian orang, sehingga Jepang juga selalu masuk dalam daftar negara terindah di dunia.

Memiliki banyak termpat dengan pemandangan yang menginspirasi seperti rerimbunan pohon sakura, Gunung Fuji, Kuil Paviliun Emas yang dikelilingi oleh danau yang tenang dan hutan yang subur.

Jepang juga memiliki banyak hal yang dapat ditawakan kepada orang-orang yang menyukai keindahan dengan nuansa urban seperti distrik Dotonburi yang bermandikan neon di Osaka atau budaya pop yang sangat semarak di Tokyo.

Baca juga: Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia, Luksemburg Urutan Pertama

6. Selandia Baru

Selandia Baru memiliki begitu banyak pemandangan dan lingkungan yang menakjubkan, sehingga menjadi pilihan favorit untuk lokasi syuting film fantasi seperti "Lord of the Rings".

Bagi para penggemar keindahan alam, pelancong dapat mengunjungi tempat-tempat wisata seperti pegunungan yang indah, hutan hujan yang rimbun, pantai yang menakjubkan dan mengamati bintang kelas dunia.

Selain itu orang-orang dapat melihat cahaya Southern Lights (Aurora Australis) atau melakukan arung jeram melewati gua yang diterangi oleh cacing yang bercahaya (bioluminescent glowworms).

Aurora Australis, adalah kekayaan Selandia Baru yang bisa membuat negara ini masuk dalam daftar negara terindah.

7. Portugal

Portugal menawarkan banyak hal bagi orang-orang yang ingin menemukan keindahan dalam aspek sejarah.

Selain itu, para percinta keindahan alam juga bisa mengunjungi Portugal karena di sana ada padang rumput bergulir di wilayah Alentejo, pegunungan Gers yang indah, dan oseanarium Oceanário de Lisboa di Lisbon.

Portugal juga dikenal memiliki banyak pantai yang Indah.

8. Islandia

Hanya sedikit negara yang dapat menawarkan keindahan alam yang murni melebihi negara kecil ini.

Terletak di Atlantik Utara, Islandia menjadi salah satu tempat terbaik di bumi untuk melihat Cahaya Utara atau Aurora Borealis.

Pemandangan seperti gua es Skaftafell, air terjun Dettifoss, laguna gletser Jökulsárlón, dan pantai pasir hitam Reynisfjara adalah salah satu yang paling unik dan indah di planet ini.

Baca juga: 5 Negara Tersantai dan Terdamai di Dunia, Adakah Indonesia?

9. Perancis

Sebagai salah satu negara terbesar di Eropa, Perancis juga masuk dalam daftar negara terindah karena memiliki keindahan alam dan keindahan objek buatannya.

Seperti halnya kota Paris yang menawarkan keindahan perkotaan di bidang arsitektur seperti menara Eiffel, seni Louvre, dan berbagai racikan makanan dan modenya yang unik.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati pemandangan indah dari pegunungan yang tertutup salju hingga ladang anggur dan lavender.

10. Swiss

Negara pegunungan di Eropa ini dikenal dengan desa-desa kunonya yang memiliki kemiripan dengan buku cerita.

Beberapa destinasi yang dapat dikunjungi di Swiss antara lain Gunung Matterhorn, lembah Lauterbrunnen dan St. Moritz sebagai kota resor musim dingin dengan lapangan ski dan mata air mineralnya yang menyegarkan

Baca juga: Daftar Negara yang Paling Banyak Impor Minyak Rusia, Adakah Indonesia?

Indonesia diklaim sebagai negara terindah peringkat 1 dunia

Selain penilaian dari situs Worldpopulationreview, baru-baru ini media asal Inggris Money.co.uk juga melakukan survei dan membuat daftar tentang negara terindah di dunia.

Money.co.uk menempatkan Indonesia di posisi pertama dengan skor 7,77 dan mengalahkan Selandia Baru yang ada di peringkat kedua dengan skor 7,27.

Penulis yang sekaligus Personal Finance Editor Sal Haqqi menuliskan keajaiban alam yang indah membuat daya tarik besar bagi para pelancong manca negara untuk berkunjung ke Indonesia.

Sejumlah destinasi wisata populer yang menyajikan keindahan alam di antaranya adalah Pulau Bali, hutan tropis di Sumatera dan Kalimantan yang termasuk cagar alam orang utan, dan sejumlah situs warisan dunia UNESCO seperti Taman Nasional Komodo.

Dengan keindahan yang dimiliki, Indonesia meraih skor atau poin 7,77 dari 10.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi