Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Wajib Diketahui agar Tidak Kena Skimming di Mesin ATM

Baca di App
Lihat Foto
pexels.com/Liliana Drew
ilustrasi mesin ATM
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Manajemen Bank Central Asia (BCA) sudah melakukan penggantian dana Rp 135 juta kepada nasabah Hebbie Agus Kurnia pada Minggu (27/3/2022).

Sebelumnya, Hebbie menceritakan bahwa uangnya raib sebanyak Rp 135 juta pada Minggu (27/3/2022) pukul 01.00 WIB.

Hilangnya uang tersebut karena adanya tindak penarikan ATM dan transfer ke rekening lain, yang dilakukan tanpa sepengetahuan pemilik kartu ATM yakni Hebbie.

Baca juga: BCA Sudah Mengganti Rp 135 Juta ke Nasabahnya, Begini Kronologinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah ditelusuri oleh BCA, ternyata penarikan dana dari rekening Hebbie terjadi di Surabaya, Jawa Timur, sementara Hebbie berdomisili di Bandung, Jawa Barat.

Dari peristiwa itu, pihak BCA menjelaskan bahwa mereka sudah melakukan penelusuran dan terdapat dugaan skimming (duplikasi kartu nasabah).

Lalu, apa saja cara yang wajib diketahui agar kita terhindari dari modus skimming?

Cara kerja skimming

Dikutip dari Kompas.com, Senin (28/3/2022), skimming adalah metode pencurian data yang harus menggunakan alat khusus yaitu skimmer.

Bentuk dari alat skimmer ini berbentuk mulut slot kartu ATM. Saat kartu ATM sudah masuk, skimmer akan membaca dan merekam setiap data yang terdapat pada kartu ATM.

Pada alat skimmer itu pun terdapat spy camera untuk merekam tangan korban yang sedang memasukkan kode PIN.

Jika setiap langkah sudah terekam, pelaku sukses mendapat semua data yang diperlukan. Oleh karena itulah, skimming adalah metode yang agak sulit dideteksi.

Dengan mengetahui cara kerja skimming, masyarakat dapat lebih berhati-hati ketika melakukan transaksi menggunakan kartu ATM.

Baca juga: Cara Beli Tiket Konser Justin Bieber di Jakarta dan Rincian Harganya

 

Cara menghindari agar tidak kena skimming

Sementara itu, BCA memastikan akan mengganti 100 persen uang nasabah yang hilang, jika bukan karena kesalahan atau kelalaian nasabah.

Meski begitu, penting juga agar nasabah selalu mawas diri dan mengetahui apa saja modus skimming yang ada pada mesin ATM.

Berikut 4 hal yang wajib diketahu agar kita terhindar dari tindak skimming.

1. Memeriksa alat transaksi

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, skimming adalah kejahatan dengan menggunakan alat yang sukar dideteksi oleh mata.

Namun, jika menemukan alat yang mencurigakan di ATM dan area pindad ATM saat melakukan transaksi, kamu dapat langsung menghubungi dan melapor ke Halo BCA 1500-888.

2. Tutupi tangan ketika memasukkan PIN

Meskipun skimming adalah metode yang cukup sulit dideteksi dan dihindari, langkah ini cukup sederhana untuk dilakukan setiap hendak bertransaksi dengan mesin ATM atau EDC.

Dengan menerapkan langkah ini, mesin skimmer akan kesulitan untuk merekam gerakan tangan saat sedang menekan PIN ATM. Langkah ini juga bisa meminimalisasi kemungkinan orang lain/spy cam melihat PIN kamu.

3. Ganti PIN secara berkala

Metode skimming juga memerlukan rekaman kode PIN ATM. Karena itulah, sebaiknya kamu mengganti kode PIN ATM secara berkala. Penggantian PIN bisa dalam seminggu sekali, tiga hari sekali, ataupun setiap hari.

Hal ini akan mencegah kejahatan skimming meskipun kode PIN ATM sudah pernah terekam oleh pelaku skimming.

Baca juga: Besok Pengumuman SNMPTN 2022, Ini Cara Mengeceknya di LTMPT

4. Menggunakan kartu chip-based

Antisipasi metode skimming tidak hanya menjadi tanggung jawab nasabah. Seperti halnya yang dilakukan oleh BCA, nasabah diharuskan untuk mengganti kartu dengan jenis kartu chip-based Hal ini sudah dilakukan secara efektif bagi seluruh nasabah BCA sejak 31 Desember 2021.

Dengan kartu chip-based, data kartu Debit atau kartu Kredit kamu lebih aman karena chip yang digunakan sudah mengaplikasikan teknologi enkripsi data.

Sekalipun terdeteksi oleh alat skimming, data yang terekam hanya berupa kode-kode dan simbol abstrak yang tidak bisa diartikan.

Nah itulah cara menghindari pembobolan rekening tabungan dengan cara skimming ATM. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi