Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penetapan Awal Puasa di Indonesia, Malaysia hingga Arab Saudi

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAH
Para petugas di balai Bukit Condrodipo yang terletak di Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, Gresik, saat melakukan rukyatul hilal, Jumat (1/4/2022).
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com – Pemerintah Indonesia mengumumkan bahwa 1 Ramadhan yang jatuh pada Minggu (3/4/2022).

Penetapan awal puasa di Indonesia berdasarkan pertimbangan hasil perhitungan (hisab) dan hasil konfirmasi di lapangan melalui pemantauan hilal (rukyat) yang dipertimbangkan oleh Pemerintah melalui sidang Isbat.

Sidang Isbat digelar pada Jumat (1/4/2022) yang melibatkan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, organisasi masyarakat (ormas) Islam, perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan sebagainya.

Baca juga: Sidang Isbat: 1 Ramadhan Jatuh pada Minggu, 3 April 2022

Awal puasa di Indonesia

Hasil sidang isbat yang digelar oleh Kementerian Agama (Kemenag) sepakat bahwa awal bulan puasa jatuh pada Minggu (3/4/2022).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keputusan tersebut sebagaimana tertulis dalam Keputusan Menteri Agama No 324 tahun 2022 tentang Tanggal 1 Ramadhan 1443 Hijriyah/2022 Masehi yang ditandatangani oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Sebelumnya Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan awal bulan puasa pada 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada Sabtu (2/3/2022).

Ketentuan tersebut berdasarkan pada hasil hisab wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah sebagaimana tertulis dalam Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 H.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib, menegaskan perbedaan awal puasa di Indonesia bisa terjadi lantaran adanya perbedaan metode penetapan yang digunakan.

Baca juga: Ada Potensi Beda Awal Ramadhan 2022, Ini Tanggapan Kemenag

Awal puasa di Malaysia

Negara tetangga Indonesia, yakni Malaysia juga menetapkan awal puasa pada Minggu (3/4/2022).

Hal tersebut diumumkan oleh Raja Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah, dikutip dari media Pemerintah Malaysia Bernama, Jumat (1/4/2022).

Penetapan ini didasarkan pada pemantauan hilal yang telah dilakukan di 29 lokasi di Malaysia. Lokasi tersebut di antranya Pontian Kecil, Johor dan Kompleks Falak Al-Khawarizmi, Kampung Balik Batu, Tanjung Bidara, dan Melaka.

Baca juga: Merunut Peran dan Keterkaitan Hilal Ahmar Society Indonesia dengan Kelompok Teroris Jemaah Islamiyah

 

Awal puasa di Singapura

Umat muslim di Singapura juga dipastikan mengawali puasa pada Minggu (3/4/2022).

Hal tersebut disampaikan oleh Majilis Ugama Islam Singapura juga mengumumkan penetapan 1 Ramadhan 1443 Hijriah.

Penetapan ini juga diumumkan oleh Mufti Singapura, Dr Nazirudin Mohd Nasir.

Nazirudin mengatakan, penetapan awal puasa di Singapura didasarkan oleh perhitungan astronomi, sebagaimana dikutip dari Channer News Asia,

Berdasarkan perhitungan astronomi, hilal yang menunjukkan awal bulan puasa tidak terlihat saat matahari terbenam di Singapura, pada Jumat (1/4/2022) petang.

Oleh karena itu, Nazirudin menegaskan bahwa 30 Syaban jatuh di Sabtu (31/3/2022). Sementara 1 Ramadhan 1443 Hijiriyah jatuh pada Minggu (3/4/2022).

Baca juga: BMKG: Kecil Potensi Hilal Terlihat 1 April 2022, Ini Awal Puasa Menurut Muhammadiyah

Awal puasa di Arab Saudi

Berbeda dengan Malaysia dan Singapura, Kementerian Agama di Arab Saudi menetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriyah jatuh pada Sabtu (2/4/2022).

Penetapan 1 Ramadhan 1443 Hijriyah tersebut berdasarkan pada kemunculan hilal yang sudah terlihat.

Dilansri dari Arab News, para astronom dari Departemen Observatorium Astronomi Universitas Majmaah memastikan bahwa mereka telah melihat hilal di Hautat Sudair, Riyadh pada Jumat (1/4/2022).

Selain arab Saudi, beberapa negara yang memulai awal puasa pada Sabtu (2/4/2022), di antaranya Bahrain, Kuwai, Qatar, UAE, dan beberapa negara lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi