Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4,39 Juta Orang Mudik Menggunakan Kereta Api pada Masa Lebaran 2022

Baca di App
Lihat Foto
dokumentasi Daop 1 Jakarta
Aturan naik kereta api jarak jauh terbaru Mei 2022
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Selama 22 hari masa Angkutan Lebaran 2022, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero telah melayani 4,39 juta pelanggan.

Angka total tersebut terdiri dari 2.557.130 juta pelanggan KA Jarak Jauh dan 1.830.904 pelanggan KA Lokal.

Jumlah tersebut mencapai 64 persen jika dibandingkan dengan total pelanggan pada Angkutan Lebaran sebelum pandemi, yakni pada 2019 dengan 6,84 juta pelanggan.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan jika 4,39 pelanggan pada masa Angkutan Lebaran 2022 tersebut sudah melebihi prediksi KAI.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Jumlah ini mencapai 139 persen jika dibandingkan dengan program yang telah ditetapkan sebanyak 3,15 juta pelanggan," ucapnya kepada Kompas.com, (15/5/2022).

Pihak KAI juga menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat atas kepercayaannya menggunakan kereta api sebagai moda transportasi pilihan di masa mudik Lebaran 2022.

"Tak lupa kepada pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Pemerintah Daerah, TNI, Polri, serta anggota komunitas pecinta KA, dan seluruh pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu-persatu yang telah mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan angkutan Lebaran 2022," pungkasnya.

Baca juga: Jelang Long Weekend Hari Raya Waisak, Ini Syarat Lengkap Naik Kereta Api

Akan berinovasi

Berkaca dari pelayanan di masa Angkutan Lebaran 2022 ini, PT KAI akan berkomitmen untuk melakukan berbagai adaptasi dan inovasi.

Sehingga, di masa Angkutan Lebaran tahun mendatang PT KAI dapat memenuhi keinginan pelanggan dan meningkatkan pelayanannya.

Dengan adanya invonasi yang dihasilkan dari evaluasi yang terjadi di tahun 2022, nantinya diharapkan pelanggan yang menggunakan kereta api untuk perjalanan mudik semakin bertambah.

"KAI berharap masyarakat semakin banyak lagi yang menggunakan moda angkutan kereta api di Lebaran tahun depan," pungkas Joni.

Baca juga: Video Viral Detik-detik Penumpang Gelap Ketahuan Naik di Lokomotif Kereta Api, Ini Kronologinya

Rute favorit

Pada masa Angkutan Lebaran sejak 22 April sampai dengan 13 Mei 2022, PT KAI telah mengoperasikan total 4.714 KA Jarak Jauh atau rata-rata 214 KA per hari.

Puncak arus mudik terjadi pada H-2 atau Sabtu (30/4/2022) sebanyak 208.092 pelanggan, dan puncak arus balik terjadi pada H+1 atau Rabu (4/5/2022) sebanyak 283.736 pelanggan.

Dikutip dari laman KAI, terdapat beberapa rute yang menjadi favorit pada masa Angkutan Lebaran 2022, berikut ini adalah daftarnya:

“Banyaknya pelanggan pada Angkutan Lebaran 2022 ini merupakan capaian yang luar biasa. Angka tersebut juga sudah mendekati pencapaian volume pelanggan di tahun 2019, sehingga kita mempunyai optimisme untuk mengoptimalkan pelayanan di tahun 2022,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, Sabtu (14/5/2022).

Baca juga: Mengintip Pembangunan Kawasan Strategis IKN, Mulai dari Jalan Tol, Jalur Kereta Api, hingga Pelabuhan Penyeberangan

Pelanggan ditolak

Perlu diketahui jika pada masa Angkutan Lebaran 2022 pihak PT KAI tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Sehingga untuk melakukan perjalanan terutama menggunakan KA Jarak Jauh, pelanggan harus melengkapi beberapa persyaratan seperti sertifikat vaksin, tes antigen, dan PCR.

Pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan ditolak untuk berangkat dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya.

Selama periode Angkutan Lebaran tersebut, sebanyak 840 pelanggan ditolak keberangkatannya karena belum divaksin, sakit, reaktif, dan tidak melengkapi persyaratan.

Untuk membantu pelanggan dalam melengkapi persyaratan naik KA Jarak Jauh, KAI melayani 11.372 peserta untuk mendapat vaksin dan 171.036 peserta melakukan rapid test antigen.

Program vaksinasi tersebut tak hanya diperuntukkan bagi pelanggan saja namun juga bagi masyarakat luas sebagai wujud bakti KAI kepada negeri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi