Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa iPhone Mahal?

Baca di App
Lihat Foto
TomsGuide
Ilustrasi kamera iPhone 13 Pro Max.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - iPhone adalah merek ponsel yang dirancang dan dipasarkan oleh Apple Inc. dan menggunakan sistem operasi telepon genggam iOS

Setelah peluncurannya, iPhone menjadi salah satu ponsel yang paling trendi di pasaran.

Dari desainnya yang ramping hingga antarmuka yang ramah pengguna, ada banyak alasan mengapa iPhone paling populer.

Baca juga: Ke Mana iPhone 9 dan Mengapa iPhone X, Bukan iPhone 10?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa iPhone mahal?

Merek Apple diciptakan pada tahun 1976 oleh Steve Jobs di garasi rumahnya.

Merek tersebut hampir gagal pada tahun 1997, tetapi kecakapan teknologi inovatif dan keterampilan pemasaran Jobs menyelamatkan perusahaan dan menjadikannya salah satu perusahaan paling populer dan diperdagangkan di dunia.

Apple memulai dengan memproduksi komputer tetapi sejak itu memperluas produknya hingga mencakup tablet, ponsel, pemutar musik, perangkat streaming, pensil teknologi, headphone, dan banyak lagi.

Namun iPhone adalah salah satu produk yang paling sukses di antara produk-produk Apple.

Alasan iPhone mahal

Dikutip dari thecoldwire, berikut ini 9 alasan teratas mengapa iPhone begitu mahal. 

1. Antarmuka yang ramah pengguna

Salah satu fitur merek dagang perangkat Apple adalah antarmuka yang mudah digunakan yang dapat dipelajari siapa saja dengan cepat.

Sementara perangkat PC yang dibuat oleh Dell, IBM, dan Sony sulit untuk diketahui dan seringkali penuh dengan bug dan virus, Apple memiliki perangkat lunak intuitif yang mudah dipelajari.

Sejak awal merek Apple telah berusaha untuk menghapus kebutuhan akan instruksi manual dengan membuat semua produk menjadi intuitif. 

"Produk apa pun yang membutuhkan manual pasti rusak," kata Steve Jobs. 

Salah satu alasan iPhone begitu mahal adalah karena Anda dapat membeli sendiri banyak waktu yang seharusnya Anda habiskan untuk mempelajari cara menggunakan perangkat.

iPhone sangat mudah digunakan sehingga tidak diperlukan instruksi manual.

Baca juga: 3 Jenis iPhone yang Tidak Bisa Lagi Support iOS 16

 

2. Perangkat keras berkualitas tinggi

Perbedaan utama antara ponsel Android dan Apple adalah penggunaan ponsel seumur hidup.

Setelah membeli ponsel Android, ponsel dapat berfungsi dengan cepat dan efisien dengan kinerja yang sebanding dengan iPhone.

Namun, kinerjanya dengan cepat mulai menurun, biasanya dalam enam hingga tujuh bulan.

Pengguna dapat mengatur ulang telepon untuk mengembalikan beberapa kemampuan kinerjanya, tetapi tidak akan pernah dapat berfungsi seperti saat pertama kali dibeli.

Namun iPhone diklaim mempertahankan kemampuan kinerjanya selama bertahun-tahun.
Mereka masih dapat berfungsi secepat saat pertama kali dibeli.

Alasan utama untuk ini adalah bahwa Apple menggunakan bahan berkualitas sangat tinggi untuk membuat ponsel mereka, yang memastikan kapasitas penggunaan seumur hidup lebih lama daripada iPhone Android.

Untuk membeli bahan-bahan hebat ini, Apple perlu membebankan harga yang lumayan.

Meskipun iPhone memiliki titik harga yang lumayan, itu terbayar pada akhirnya karena ponsel bertahan lebih lama daripada beberapa Android yang harus Anda beli dalam periode yang sama dengan memiliki satu iPhone yang bisa bertahan bertahun-tahun.

Baca juga: Daftar Harga iPhone 5G Terbaru 2022

3. Kamera

Kamera iPhone adalah kamera smartphone dengan kualitas tertinggi di pasar.

Faktanya, kamera iPhone sebagian besar telah menggantikan kamera digital untuk mengambil foto.

Manfaat lainnya adalah kamera berkualitas tinggi ini hadir dalam kemasan kecil.

Mereka juga menyediakan teknologi perekaman video HD yang berarti Anda tidak perlu membawa camcorder ke acara khusus.

Anda sekarang dapat merekam dengan cepat dan mudah dengan satu sentuhan tombol di iPhone Anda, dan kemudian Anda dapat dengan cepat mengunggahnya ke media sosial atau mengirimkannya ke teman-teman dalam waktu beberapa detik.

 

4. Penyimpanan cloud

Cara lain Apple membuka jalan dalam teknologi smartphone adalah melalui penggunaan iCloud, yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan foto, video, dokumen, dan lainnya di hard drive eksternal yang ada di metaverse.

Ini berarti penyimpanan iPhone dapat digunakan lebih efisien.

Anda masih dapat mengakses semua yang Anda butuhkan selama Anda terhubung ke Internet.

Hanya perlu beberapa detik bagi ponsel untuk mengakses cloud dan mengambil versi foto, dokumen, atau aplikasi berkualitas tinggi yang Anda cari.

Teknologi ini menghilangkan kebutuhan untuk membeli hard drive ekstra atau telepon dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Anda dapat mengakses iCloud dari teknologi apa pun jika Anda memiliki nama pengguna dan kata sandi, bahkan dari PC.

5. Kemampuan multitasking

Manfaat lain dari iPhone adalah kecepatan pemrosesan yang cepat .

Akibatnya, iPhone dapat dengan mudah beralih di antara aplikasi yang berbeda tanpa memperlambat kinerja.

Misalnya, Anda dapat menyetor cek seluler melalui aplikasi perbankan Anda dan kemudian dengan cepat kembali mengambil foto, bermain Sims , atau mengunggah foto ke Instagram.

iPhone membuat semua aplikasi ini berjalan di latar belakang, sehingga selalu siap saat Anda ingin kembali ke aplikasi tersebut.

iPhone sangat cocok untuk pelajar dan profesional yang mengandalkan ponsel mereka untuk berkomunikasi dan menyelesaikan tugas.

Android tidak dapat menangani tuntutan padat karya ini.

iPhone sangat mahal karena memungkinkan pengguna untuk mencapai begitu banyak dalam waktu singkat, tanpa melelahkan atau merusak ponsel mereka.

Baca juga: Apa Itu iPhone Bypass dan Amankah untuk Digunakan?

 

6. Kompatibilitas dengan perangkat Apple lainnya

Manfaat lain dari teknologi iCloud adalah sinkronisasi otomatis dengan semua produk Apple Anda .

Ini berarti bahwa segera setelah Anda mengetik dokumen di MacBook, Anda dapat mengaksesnya di iPhone.

Demikian pula, ketika Anda mengambil foto di iPhone Anda, itu akan diunggah secara otomatis ke komputer Anda melalui photostream.

Ini sangat berguna karena menghilangkan kebutuhan Anda untuk mengirim email kepada diri sendiri hal-hal penting atau mengunggahnya ke Google Drive atau hard drive.

Semua file penting Anda akan mandiri dalam akun iCloud Anda.

Manfaat lain dari ini adalah ketika Anda salah menaruh produk Apple, Anda dapat menggunakan produk Apple lain untuk melihat di mana letaknya.

Jika iPhone Anda dicuri atau hilang, Anda dapat melihat di komputer Anda untuk melihat di mana letaknya.

Dari program ini, Anda dapat memberi tahu ponsel untuk mengeluarkan suara alarm yang akan diputar dengan keras sehingga Anda dapat menemukannya, atau setidaknya menemukan orang yang mungkin memilikinya.

Anda juga dapat mengunci telepon sehingga siapa pun yang menemukannya tidak dapat menggunakannya tanpa kata sandi khusus Anda.

Jika Anda memiliki akun keluarga iCloud, Anda juga dapat menggunakan ini untuk melacak produk Apple anggota keluarga Anda termasuk Airpods, iPads, iPhones, dan Macbooks.

Saat Anda membeli iPhone, Anda membeli teknologi tanpa batas yang memungkinkan Anda menghubungkan ponsel ke produk Apple Anda dan orang lain.

Baca juga: Cara Factory Reset iPhone dengan iOS 14 dan iOS 15

7. Keamanan

Apple telah mengembangkan langkah-langkah keamanan yang kuat yang mencegah peretas membobol perangkat mereka.

Hal ini memungkinkan pelanggan untuk mengembangkan kepercayaan pada Apple, yang pada gilirannya memungkinkan Apple untuk menjual produknya dengan harga premium.

Dalam beberapa tahun terakhir, ada beberapa pelanggaran data dari situs web yang diduga memiliki keamanan tinggi, termasuk Google dan Wells Fargo.

Apple, di sisi lain, tetap berada di luar sorotan karena banyaknya upaya yang dilakukan untuk melindungi data penggunanya.

Selain itu, alih-alih secara otomatis mengambil data pengguna tanpa izin mereka untuk digunakan untuk penelitian perusahaan, Apple memberikan peringatan di aplikasi pengguna mereka seperti kesehatan, saham, internet, dan lainnya, menanyakan apakah pengguna akan mengizinkan izin ini.

Apple sangat transparan dalam hal data pengguna, sehingga orang tidak perlu khawatir jika informasi mereka digunakan secara diam-diam atau tanpa izin eksplisit.

Selebriti sering menjadi sasaran pelanggaran data karena foto dan informasi pribadi mereka bernilai ribuan atau bahkan jutaan dolar.

Kebanyakan selebriti menggunakan iPhone karena mereka tahu bahwa teknologi Apple akan melindungi mereka dari masalah ini .

Apple tahu bahwa penggunanya bersedia membayar harga tinggi untuk privasi dan keamanan.

8. Teknologi baru

Apple adalah trendsetter dalam hal teknologi baru. Banyak perusahaan lain mengikuti jejak Apple.

Misalnya, Apple menciptakan Airpods, dan merek lain dengan cepat mengikutinya dengan membuat headphone nirkabel bentuk lain.

iPod memecahkan rekor dalam hal pemutar media portabel.

Produk Apple baru menggunakan adaptor USB-C, dan sekarang perusahaan mengadaptasi ponsel mereka untuk menggunakan USB-C juga.

IPad mendorong orang di seluruh dunia untuk berinvestasi di tablet sebagai alternatif atau pilihan yang lebih portabel untuk komputer.

iPhone adalah ponsel besar pertama yang mengandalkan teknologi layar sentuh.
Sekarang, semua smartphone menggunakan layar sentuh.

Pengguna Apple tahu bahwa ketika mereka berinvestasi di iPhone, mereka berinvestasi dalam teknologi tertinggi yang ditawarkan pasar smartphone.

 

Cara menjaga iPhone anda lebih lama

Sekarang setelah Anda tahu mengapa iPhone begitu mahal, dan mengapa harganya sepadan, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana menjaga ponsel cerdas Anda tetap berjalan selama mungkin untuk memaksimalkan investasi Anda.

Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kinerja iPhone Anda pada kapasitas puncak.

1. Perbarui perangkat lunak Anda

Pembaruan perangkat lunak memperbaiki bug di produk Anda dan menambahkan fitur baru yang akan meningkatkan kinerja ponsel Anda.

Dengan memperbarui perangkat lunak Anda segera setelah pembaruan tersedia, Anda akan menjaga ponsel Anda berfungsi sebaik mungkin.

Aplikasi dan program lain sering memperbarui sendiri agar sesuai dengan perangkat lunak iPhone baru, jadi Anda pasti ingin memastikan ponsel Anda terus diperbarui.

Anda sering dapat memprogram telepon Anda untuk melakukan pembaruan ini di malam hari, sehingga Anda tidak melewatkan waktu telepon yang berharga.

2. Lindungi dari kerusakan fisik

Ini mungkin salah satu cara paling jelas untuk menjaga ponsel Anda tetap berjalan untuk jangka panjang.

Anda dapat membeli pelindung layar kaca dan casing ponsel yang kuat yang akan menjaganya dari kerusakan fisik.

Bahkan jika Anda memecahkan ponsel Anda dan tampaknya berfungsi dengan baik, masih ada kemungkinan kotoran dapat merembes melalui celah-celah dan merusak bagian-bagian kecil perangkat keras di telepon, yang dapat merusak fungsinya dalam jangka panjang.

3. Jangan mengisi baterai secara berlebihan

Ini berlaku untuk teknologi apa pun.

Baterai diprogram untuk hanya bertahan selama sejumlah pengisian daya tertentu.

Jika Anda membiarkan perangkat Anda terhubung dalam semalam, telepon akan berpikir bahwa itu sedang diisi berulang kali, sehingga memperpendek masa pakai baterai dalam jangka panjang.

Akibatnya, Anda harus mencoba yang terbaik untuk mengisi daya ponsel Anda di siang hari sehingga Anda dapat mencabutnya segera setelah penuh.

Apple telah menambahkan fitur agar produk berhenti mengisi daya secara otomatis jika terdeteksi akan dicolokkan untuk waktu yang lama.

Namun, yang terbaik adalah tidak menjual terlalu mahal untuk berjaga-jaga.

Kesimpulan

Sekarang Anda tahu sepuluh alasan iPhone begitu mahal dan tiga cara untuk menjaga ponsel Anda berfungsi dengan baik untuk waktu yang lama.

Jika Anda merawat iPhone dengan baik, Anda dapat tetap menjalankannya selama lebih dari lima tahun.

Apple telah memantapkan dirinya sebagai merek tepercaya dengan layanan pelanggan yang hebat, teknologi inovatif, keamanan terbaik, dan banyak lagi.

Anda juga membuatnya lebih mudah untuk diri sendiri dengan membeli produk yang kompatibel dengan produk Apple lainnya.

Meskipun iPhone termasuk label harga tinggi, Anda berinvestasi dalam kamera, pemutar musik dan telepon semua dalam satu.

Selain itu, Anda berinvestasi dalam kenyamanan Anda sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi