Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan-hewan Terjelek di Dunia, Ada yang seperti Bola Lendir

Baca di App
Lihat Foto
Photoshot/BBC indonesia
Blobfish sering dijadikan meme karena bentuknya. Namun tidak banyak yang diketahui soal ikan ini.
|
Editor: Rendika Ferri Kurniawan

KOMPAS.com - Tak hanya hewan yang imut atau lucu, ada juga hewan dengan penampilan yang dianggap jelek, aneh, hingga menyeramkan.

Walaupun memiliki tampilan atau bentuk tubuh begitu, ternyata bentuk tersebut memiliki fungsi bagi beberapa hewan untuk bertahan hidup di habitatnya.

Dilansir dari Treehugger, situs yang berfokus pada pelestarian keanekaragaman hayati telah merilis daftar hewan-hewan dengan bentuk teraneh.

Di urutan pertama, terdapat burung kondor california yang berkepala botak dan ada juga ikan blobfish yang berbentuk seperti bola lendir.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut daftar hewan terjelek di dunia:

Baca juga: Hewan-hewan Paling Lambat di Dunia, Apa Saja?

1. Burung Condor California

Burung Condor California merupakan salah satu burung paling langka di dunia dan burung darat terbesar di kawasan Amerika Utara.

Burung berkepala botak ini dapat berada dalam daftar hewan terjelek karena memiliki penampilan yang tidak begitu fotogenik.

Namun, memiliki kepala botak bagi burung kondor california merupakan sebuah kelebihan.

Hal itu disebabkan karena kepala yang berbulu akan menggumpal dengan darah saat burung kondor california memakan bangkai besar.

Baca juga: Hewan-hewan Tercepat di Dunia, Ada Cheetah yang Capai 97 Km Per Jam

2. Blobfish

Blobfish merupakan ikan yang tinggal di laut dalam dengan memiliki tekanan tinggi dan bentuknya terlihat seperti bola lendir daripada makhluk hidup.

Penampilan jelek tersebut memungkinkan ikan ini untuk tetap mengapung di kedalaman di mana kandung kemih gas tidak dapat berfungsi.

Jejak pendapat online yang dilakukan oleh Ugly Animal Preservation Society dari di Inggris, menempatkan blobfish sebagai hewan terjelek di dunia.

Baca juga: 10 Hewan Darat Tercepat di Dunia, Apa Saja?

3. Tikus mol telanjang

Tikus mol telanjang atau naked mole rat adalah hewan pengerat yang memiliki tampilan botak dan kulit yang keriput.

Tubuh mereka yang hampir tidak memiliki bulu tersebut berguna untuk bertahan hidup di bawah tanah.

Hewan ini memiliki penglihatan yang hampir buta, namun karena tinggal di bawah tanah maka hal tersebut tidak menjadi persoalan.

Meskipun terlihat botak, akan tetapi ada sekitar 100 rambut halus di tubuh mereka yang bertindak seperti kumis untuk membantu merasakan apa yang ada di sekitar mereka.

Uniknya, tikus mol telanjang termasuk hewan pengerat yang memiliki umur paling lama, mereka bisa hidup selama hampir 30 tahun.

Baca juga: 10 Rekomendasi Tanaman Hias Indoor Beserta Manfaatnya

4. Monyet bekantan

Monyet bekantan mempunyai penampilan unik yang membuatnya dianggap jelek dengan memiliki bentuk hidung yang besar dan bulat.

Walaupun terlihat aneh, para ilmuan percaya jika bentuk hidung monyet bekantan jantan menjadi daya tarik bagi betina dan dapat mengintimidasi pejantan lain.

Semakin besar hidung monyet bekantan jantan maka akan semakin menarik bagi monyet bekantan betina.

Selain itu, monyet ini diketahui sebagai perenang yang handal, berkat kaki dan tangan mereka yang berselaput.

5. Babi hutan

Sebagai anggota liar dari keluarga spesies babi, babi hutan memiliki ciri khas berupa taring menonjol dari mulut, lekukan seperti kutil di wajah, dan rambut yang menyerupai popok di bagian belakang.

Tubuh babi hutan ditutupi oleh bulu dan mempunyai bentuk kepala besar yang tidak proporsional dengan adanya kutil.

Meskipun penampilannya terkesan jauh dari kata indah, namun karakteristik fisik tersebut membuanya dapat beradaptasi dengan baik di habitat sabana dan padang rumput.

6. Tikus mondok berhidung bintang

Tikus mondok ini merupakan hewan yang memiliki bentuk hidung paling aneh di dunia binatang.

Dengan menggunakan hidung yang aneh tersebut, dapat membantu tikut mondok untuk menentukan arah ketika bergerak di bawah tanah.

Hidung tersebut memiliki lebih dari 25.000 reseptor sensorik, sehingga menjadikannya sebagai hidung paling senditif di seluruh dunia hewan.

7. Aye-aye

Aye-aye adalah primata yang aktif di malam hari dan hanya dapat ditemukan di Madagasar.

Hewan ini memiliki bentuk yang tidak biasa, seperti memiliki telinga yang besar, bertubuh kurus, memiliki jari tengah yang panjang.

Aye-aye akan terlihat seperti penyihir jika dilihat ketika sedang mencabut serangga dan belatung dari batang pohon penggunakan jari tengahnya yang panjang.

Namun, hewan ini terancam punah karena hilangnya habitat serta adanya perburuan. Pada 2016, aye-aye termasuk ke dalam daftar primata paling terancam punah.

8. Monkfish

Meskipun berpenampilan jelek dan tidak menggugah selera, siapa sangka jika monkfish merupakan makanan yang lezat.

Dahulu orang-orang tidak mau memakannya karena bentuknya yang jelek, akan tetapi para koki menyadari jika penampilannya menipu dan kini olahan monkfish muncul di menu semua jenis restoran mewah.

Ikan monkfish memiliki kulit berbintik denan gigi dengan kepala yang dipenuhi gigi berbentuk silet, tidak hanya terlihat jelek, mereka juga terlihat sangat jahat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi