Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Jurusan Farmasi dan Prospek Kerja Lulusannya

Baca di App
Lihat Foto
DOK BUMAME FARMASI
Laboratorium Bumame Farmasi Benoa Square, Bali. Cabang ini sudah mulai beroperasi sejak 1 November 2021.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com – Jurusan farmasi adalah salah satu jurusan dalam perkuliahan yang berada di bawah rumpun Saintek.

Jurusan ini berfokus mempelajari obat-obatan.

Namun jika Anda belajar farmasi di universitas, Anda juga akan mempelajari kimia, biologi dan fisiologi manusia, farmasi (bagaimana obat dibuat) dan farmakologi (bagaimana obat berinteraksi dengan tubuh).

Selain itu, mahasiswa juga akan belajar tentang masalah hukum dan etika, dan cara berinteraksi dengan pasien.

Mahasiswa juga mempelajari semua tentang resep, obat-obatan, obat-obatan dan praktik klinis, dan praktik menanggapi skenario yang berbeda seperti pengembangan obat baru atau perawatan pasien, atau dalam bidang perawatan medis tertentu (seperti penyakit menular, atau perawatan orang tua).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

 

Hal yang dipelajari di jurusan farmasi

Ada banyak hal yang dipelajari ketika masuk jurusan Farmasi di antaranya:

Spesialisasi farmasi

Dikutip dari topuniversities, beberapa spesialisasi farmasi meliputi:

Farmakologi

Bidang farmakologi adalah studi tentang bagaimana obat berinteraksi dengan tubuh.

Dalam farmakologi, topik dapat mencakup pembelajaran tentang efek terapeutik dan toksik dari berbagai obat dan racun; penyerapan obat dan bagaimana obat berinteraksi dengan makanan dan nutrisi yang berbeda; dan metode pengiriman dan penargetan obat. Dimungkinkan juga untuk mengambil seluruh program gelar yang ditujukan untuk studi farmakologi.

Praktik klinis

Fokus utama dari sebagian besar gelar farmasi, kursus praktik klinis bertujuan untuk mempersiapkan siswa untuk memberikan perawatan langsung kepada pasien, termasuk diagnosis, resep, saran, dan komunikasi serta dukungan menyeluruh yang baik.

Selain belajar bagaimana mendekati berbagai jenis masalah kesehatan yang berbeda dan mendapatkan dasar yang kuat dalam perawatan farmasi dan terapi, siswa juga dapat mempelajari kerangka kerja nasional saat ini yang mengatur penyediaan layanan farmasi, dan mungkin memiliki kesempatan untuk mendapatkan beberapa pengalaman praktis. 

Mikrobiologi & imunologi

Mikrobiologi adalah studi tentang organisme mikroskopis-penting dalam farmasi, karena mikroba ini dapat menyebabkan penyakit.

Dalam mikrobiologi, spesialisasi lebih lanjut termasuk virologi (studi tentang virus), bakteriologi (studi tentang bakteri) dan mikologi (studi tentang jamur).

Mikrobiologi sering diajarkan bersamaan dengan imunologi; ini adalah studi tentang sistem kekebalan, termasuk penyakit akibat kegagalan sistem kekebalan, penggunaan imunoterapi, dan hubungan antara sistem kekebalan dan tahap kehidupan seperti kehamilan dan perkembangan awal.

Pengembangan obat

Bidang farmasi penting lainnya adalah pengembangan obat–studi tentang proses yang terlibat dalam pembuatan obat baru dan membawanya ke pasar.

Ini mungkin termasuk belajar bagaimana melakukan penelitian pra-klinis dan berbagai tahap uji klinis, serta mempelajari proses manufaktur dan komersial yang relevan, masalah peraturan dan menilai kelayakan finansial.

Bidang ini sangat erat kaitannya dengan kimia farmasi, yang berkaitan dengan sisi kimia dari pengembangan obat baru.

Teknologi farmasi

Bidang teknologi farmasi, yang ditawarkan oleh beberapa universitas sebagai spesialisasi tingkat master, berfokus pada berbagai teknologi modern yang digunakan di sektor farmasi.

Hal ini kemungkinan mencakup peluang untuk mendapatkan pengalaman langsung dari peralatan dan proses yang digunakan dalam pengembangan obat, serta belajar tentang tuntutan dan tantangan yang berkembang yang dihadapi industri farmasi global yang sedang berkembang.

Obesitas & manajemen berat badan

Anda juga dapat berspesialisasi dalam obesitas dan manajemen berat badan, dengan beberapa universitas sekarang menawarkan ini sebagai gelar master terpisah.

Di sini Anda akan mempelajari semua aspek obesitas, dari tingkat individu hingga masalah dalam konteks sosial skala besar.

Anda akan belajar tentang berbagai strategi untuk intervensi manajemen berat badan, perumusan kebijakan dan implementasi.

Spesialisasi ini dapat mengarah pada karir di lembaga pemerintah atau otoritas lokal, badan kesehatan masyarakat, atau di sektor komersial yang mengembangkan produk dan program baru.

 

Peluang kerja lulusan jurusan farmasi

Jurusan farmasi merupakan salah satu prodi yang terkenal memiliki kesempatan kerja yang banyak dibutuhkan di masyarakat.

Bagi lulusan jurusan farmasi jenjang pendidikan D3, maka Ia berkesempatan untuk menjadi seorang asisten apoteker atau yang kini biasa dikenal dengan Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK).

Sementara, mereka yang kuliah di jurusan farmasi S1 maka jika meneruskan mengambil sekolah profesi,  Ia berkesempatan untuk menjadi seorang apoteker.

Nantinya baik apoteker maupun TTK bisa bekerja di apotek maupun instalasi farmasi rumah sakit baik negeri maupun swasta.

Peluang yang lain, jurusan farmasi berkesempatan untuk menjadi peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Peluang yang lain yakni lulusan farmasi berpeluang besar untuk menjadi seorang detailer yang berperan penting dalam pemasaran obat ethical (obat yang hanya dibeli dengan resep dokter).

Kampus-kampus jurusan farmasi

Ada banyak tempat kuliah yang membuka prodi farmasi.

Untuk universitas negeri, beberapa tempat kuliah yang membuka prodi farmasi yaitu:

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Gajah Mada
  • Universitas Hasanudin
  • Universitas Padjajaran.
  • Institut Teknologi Bandung,

Sementara itu, untuk swasta, cukup banyak sekolah dengan jurusan farmasi baik sekolah tinggi maupun universitass.

Adapun beberapa sekolah swasta yang membuka jurusan farmasi yakni:

  • Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Universitas Udayana, Bali
  • Universitas Pancasila, Jakarta
  • Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta
  • Serta masih banyak lagi lainnya.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi