Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Clickworker, Situs Kerja Sampingan dengan Upah Euro

Baca di App
Lihat Foto
https://www.clickworker.com/
ilustrasi clickworker.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Clickworker adalah sebuah platform resmi yang akan memberikan bayaran untuk meyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan tertentu.

Situs Clickworker memungkinkan seseorang bekerja sampingan atau freelance dan dibayar dalam mata uang Euro yang ditransfer ke rekening.

Clickworker digadang-gadang menjadi alternatif pekerjaan sambilan atau freelance karena pengerjaan tugasnya yang fleksibel.

Lalu, apa itu clickworker dan apa saja hal yang perlu diketahui dari platform ini?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Clickworker?

Dilansir dari situs clickworker, Clickworker adalah platform penyedia pekerjaan sampingan yang berfokus pada dunia menulis, menerjemahkan, meneliti, dan memproses data.

Platform ini juga memberi tugas digital kepada pekerja yang tertarik atau pekerja lepas yang memanfaatkan platformnya.

Sebelum memulai tugas, pekerja atau clickworkers diharuskan untuk mendaftarkan diri. Semua data yang dituliskan bersifat rahasia dan hanya digunakan untuk komunikasi, penilaian, dan pembayaran.

Clickworker menawarkan peluang ideal untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Perlu diingat, layanan ini bukan diposisikan sebagai pengganti pekerjaan tetap (full time) Anda.

Jika pekerja sudah menyelesaikan tugas sepenuhnya secara mandiri dan sesuai jadwal, maka ia akan mendapatkan uang atau upah.

Cara daftar Clickworker untuk hasilkan uang tambahan.

1. Akses https://www.clickworker.com/ di Laptop/PC atau ponsel Anda,

2. Klik Sign Up, untuk mendaftar atau Login apabila sudah punya akun,

3. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke kolom pendaftaran sebagai berikut:

4. Setelah itu kunjungi alamat email untuk melakukan verifikasi akun.

5. Proses pendaftaran selesai Anda bisa langsung login Clickworker.

Baca juga: Cara Cek dan Bayar Pajak Kendaraan secara Online di Jawa Timur 2022

 

Pembagian tugas

Setiap Clickworker memilih dari kumpulan proyek yang tersedia, tugas mana yang ingin dia lakukan.

Tugas yang tersedia dapat bervariasi dari Clickworker ke Clickworker berdasarkan penilaian kualifikasi, penilaian pekerjaan sebelumnya, pendidikan, kemampuan bahasa, dan minat.

Tergantung pada profil total dan kualifikasi Anda, Anda mungkin ditawari beberapa proyek atau mungkin dikecualikan dari yang lain.

Pembayaran dilakukan untuk setiap tugas yang diterima dan diselesaikan. Jumlahnya tetap dan dipublikasikan sebelumnya.

Keuntungan Clickworker

Sementara itu, keuntungan bergabung di pekerjaan sambilan di Clickworker yakni tugas yang diberikan dapat dilakukan secara terpisah atau pekerjaan mikro.

Platform ini juga menawarkan fleksibilitas untuk pekerjanya.

Setiap pekerja bisa memilih, kapan, di mana, dan berapa banyak tugas yang diambil atau yang akan dia kerjakan.

Syarat menjadi pekerja di Clickworker

Siapa pun bisa mendaftar menjadi pekerja Clickworker secara gratis dengan usia minimal 18 tahun.

Selain itu, pelamar harus diizinkan untuk bekerja di yuridiksi tempat tinggal Anda.

Jenis pekerjaan yang dibuka

Dalam situs dijelaskan juga mengenai berbagai jenis pekerjaan di Clickworker.

1. Text Creation

Tugas membuat teks informatif, deskripsi produk, atau artikel tentang topik tertentu.

Penulis teks yang dapat membuat teks berdasarkan template atau tentang topik yang telah ditentukan. Ini dapat mencakup deskripsi kota, hotel, dan perangkat lunak atau item mode. Variasi topik tidak terbatas dan selalu tergantung pada situasi pekerjaan saat ini.

2. Categorization

Mengkategorikan data situs web, dan lainnya. Pekerja dapat mengevaluasi, menganalisis, atau mengkategorikan konten situs web, hasil pencarian, gambar, atau dokumen kapan pun Anda mau.

3. Copy Editing

Copy editor bertugas mengedit teks pendek untuk topik yang diberikan. Ini dapat mencakup deskripsi kota atau produk, serta banyak topik lainnya. Ini selalu tergantung pada situasi pekerjaan saat ini.

4. Proofreading

Proofreading bertugas untuk memeriksa dan mengoreksi teks. Ini dapat mencakup deskripsi kota, hotel, produk, atau perangkat lunak.

Karena jangkauan topik selalu tergantung pada situasi pekerjaan saat ini, tugas ini menjanjikan untuk menarik.

5. Research

Posisi ini bertugas mencari data di Internet, misalnya alamat perusahaan, restoran, dan lainnya. Tugas pencarian kami juga mencakup pembaruan data yang ada atau tugas kecil lainnya.

6. Surveys

Survey pada clickworker selalu diarahkan pada kelompok peserta yang telah ditentukan sebelumnya oleh klien kami berdasarkan kriteria tertentu.

Topiknya beragam seperti tujuannya. Survei sepenuhnya anonim dan data pribadi Anda tidak akan dikirimkan ke pihak ketiga pada waktu tertentu

7. Mystery Visit

Pada posisi Mystery Visit, Anda ditugaskan untuk memeriksa tampilan penjualan dan penempatan produk di supermarket, atau verifikasi apakah restoran dalam tertentu yang populer 2 tahun lalu masih berlokasi di alamat tertentu.

Itu hanya dua kemungkinan tugas yang dapat Anda temukan sebagai fotografer misteri terdaftar bersama kami.

Dari daftar pekerjaan, pilih pekerjaan yang ada di area Anda, pesan, dan Anda pergi. Anda menyelesaikan tugas di lokasi yang ditentukan, sesuai petunjuk, dan mendokumentasikannya dengan foto yang diunggah.

8. App Testing

Pekerjaan penguji aplikasi dengan clickworker bisa menjadi apa yang Anda cari. Tidak masalah jika Anda hanya bermodalkan dengan perangkat Android atau iPhone, aplikasi biasanya diuji hanya dalam beberapa menit dan Anda dengan cepat bisa mengantongi penghasilan Anda.

9. Photo Capturing

Anda hanya diminta untuk membuat snapshot dari objek atau situasi sehari-hari. Tidak peduli apakah Anda memakai perangkat Android atau iPhone, pekerjaan kecil ini dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

10. Audio Recordings

Anda bakal ditugaskan untuk merekam satu kata atau kalimat pendek pada iklan. Konten yang berbeda akan diminta, tergantung pada proyeknya.

Perintah smartphone seperti “stop the music” mungkin terdengar familiar bagi Anda, dan Anda pasti akan menemukannya di sini juga.

11. Video Recordings

Jenis pekerjaan ini cukup sederhana, Anda tinggal mengambil ponsel cerdas Anda dan merekam klip video tentang berbagai topik.

Biasanya, Anda akan diminta merekam video pendek yang hanya berlangsung beberapa detik, atau hingga satu menit.

Anda dapat memilih aktivitas pilihan Anda dari daftar tugas. Ada cukup banyak pilihan, seperti membuat wajah hingga melakukan aktivitas sederhana.

Nah itulah penjelasan mengenai Clickworker dan cara daftarnya. Bisa jadi alternatif pekerjaan sampingan bagi kamu yang ingin jadi freelancer. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi