Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Sistem Pembayaran COD Sering Bermasalah?

Baca di App
Lihat Foto
Dok. Freepik
Ilustrasi belanja online
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Belanja online dengan sistem pembayaran Cash On Delivery (COD) berulang kali menimbulkan permasalahan.

Permasalahan ini terutama banyak menimpa kurir atau petugas ekspedisi yang mengantar barang sekaligus menagih biaya pembelian kepada konsumen.

Tak hanya diprotes karena barang yang diantar tak sesuai dengan katalog online yang dilihat di e-commerce, kurir juga kerap tidak menerima uang pembayaran yang seharusnya diserahkan oleh konsumen saat barang datang.

Bahkan, beberapa waktu yang lalu, seorang kurir dari salah satu perusahaan ekspedisi mendapatkan pemukulan dari rekan konsumen saat mengantarkan barang COD.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Kurir Shopee Dipukuli Saat COD, Polisi: Pelaku Tersinggung Ucapan Korban

Atas banyaknya kejadian seperti ini, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyarankan agar sistem pembayaran COD dihapuskan saja.

"Tingkat literasi masyarakat terhadap proses bisnis dan product knowledge masih rendah. Plus di sisi lain, sering terjadi barang yang dipesan tidak sesuai dengan yang diterima konsumen. Hapuskan saja (sistem COD)," ujar Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi, dikutip dari Kompas.com, Selasa (21/6/2022).

Masalah mendasar COD

Terlepas dari hal itu, Pengurus Harian YLKI, Agus Suyanto, menjelaskan sesungguhnya selama ini masih terdapat beragam permasalahan mendasar yang menyebabkan sistem COD tidak berjalan lancar.

Pertama, adalah kurangnya literasi di pihak konsumen. Hal ini menyebabkan konsumen kerap tidak menaati aturan COD dan tidak tepat dalam bertindak ketika mereka mengalami kekecewaan terhadap produk yang dikirim.

"Sistim COD sebetulnya memudahkan konsumen. Jadi letak kesalahan bukan pada sistem COD, tetapi pada tingkat literasi konsumen terhadap product knowledge dan business process yg menyebabkan ketimpangan sistem," kata Agus saat dihubungi Kompas.com, Rabu (22/6/2022).

Artinya, tidak jarang ketika barang yang diterima konsumen tidak sesuai dengan yang ia pesan, kurir justru menjadi pihak yang disalahkan, padahal protes seharusnya disampaikan langsung kepada penjual.

Baca juga: Simak, Ini Arti Pengiriman Paket DFOD dan Bedanya dengan COD

Masalah kedua, terletak pada masih banyaknya penjual yang tidak bertanggung jawab untuk menjual dan mengirim produk yang sesuai dengan yang ditampilkan di katalog dan dipilih oleh konsumen.

"Di sisi lain, etiket baik penjual juga perlu soroti sehingga tidak muncul pengiriman barang yang tidak sesuai di marketplace," jelas Agus.

Bukan hal baru, konsumen kerap mengajukan komplain karena barang yang dikirimkan penjual tidak sesuai dengan gambar yang ada di katalog.

Atau barang yang dikirim tidak sesuai dengan yang dipesan, baik dari segi warna, ukuran, model, bahan, dan sebagainya.

Baca juga: Kurir Shopee Dipukuli Saat Kirim Barang, YLKI Sarankan Sistem COD Dihapus

Seperti disampaikan sebelumnya, sistem COD muncul sesungguhnya untuk memudahkan para konsumen dalam bertransaksi di platform digital tanpa harus menggunakan sistem pembayaran digital.

COD juga muncul sebagai jalan tengah menyiasati rasa ketidakpercayaan terhadap penjual.

Namun, dengan banyaknya kejadian tidak diinginkan di sistem COD, selaras dengan Tulus Abadi, Agus menyarankan agar pembayaran dilakukan sesuai dengan platform yang digunakan.

"Idealnya, sistem jual beli ini konsisten dengan sitem digital. Transaksinya digital, pembayarannya dilakukan secara digital," ujar Agus.

"Sistem COD menggabungkan keduanya (digital dan fisik). Sistem ini muncul untuk memfasilitasi sikap distrust pada pasar e-commerce yang masih banyak ditemukan penipuan," pungkas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi