Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Mandiri PTN yang Buka Pendaftaran dengan KIP Kuliah

Baca di App
Lihat Foto
Dok. Undip
Universitas Diponegoro
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Jalur mandiri merupakan salah satu jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang digelar oleh masing-masing PTN.

Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia (MRPTNI), Prof Dr Jamal Wiwoho mengatakan bahwa jalur ini bisa menjadi alternatif bagi peserta didik yang tidak lolos SNMPTN dan SBMPTN 2022.

"Bagi adik-adik yang belum sukses, belum lolos di dalam jalur SBMPTN ini jangan merasa kecil dan putus asa karena kalau kalian ingin terus melanjutkan studi di PTN masih ada satu jalur lagi, yakni jalur mandiri," terang Prof. Jamal dalam konferensi pers Pengumuman Hasil SBMPTN 2022, Kamis (23/6/2022).

Sejumlah PTN akan membuka kesempatan sesuai ketentuan kampus masing-masing.

Baca juga: Syarat Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag 2022, Khusus untuk UIN, IAIN, dan STAIN

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran jalur mandiri dengan KIP Kuliah

Pendaftaran jalur mandiri di sejumlah PTN di Indonesia bisa dilakukan menggunakan KIP Kuliah.

Bahkan tim Teknis KIP Kuliah Sony H. Wijaya mengatakan bahwa KIP Kuliah juga bisa digunakan untuk mendaftar Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

"KIP Kuliah bisa digunakan untuk mendaftar di jalur mandiri semua PTN/PTS," ungkapnya, saat dihubungi oleh Kompas.com, Jumat (24/6/2022).

Kendati demikian, Sony menegaskan bahwa setiap Perguruan Tinggi memiliki kebijakan untuk membuka atau menutup Program Studi (Prodi) yang menerima mahasiswa KIP Kuliah melalui jalur mandiri.

KIP Kuliah merupakan program dari pemerintah yang ditujukan bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Program KIP Kuliah akan memberikan bantuan biaya selama masa studi di Perguruan Tinggi yang diterima.

Baca juga: Daftar Jalur Mandiri tapi Tak Lolos KIP Kuliah, Bagaimana Biayanya?

Jalur mandiri PTN dengan KIP Kuliah

Sejumlah PTN dari 125 PTN di Indonesia membuka kesempatan bagi peserta didik untuk mendaftar jalur mandiri menggunakan KIP Kuliah.

Berikut PTN yang membuka jalur mandiri dengan KIP Kuliah:

1. Simak UI

Universitas Indonesia (UI) membuka seleksi mandiri melalui Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK) UI yang bisa didaftar dengan menggunakan KIP Kuliah.

Dilansir dari penerimaan.ui.ac.id, peserta dapat melengkapi menu KIP Kuliah hingga 24 Juni 2022. Setelah itu, peserta bisa melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir dan memilih prodi yang dituju.

Peserta SIMAK UI yang menggunakan KIP Kuliah bisa memilih jalur S1 Reguler dengan maksimal pilihan 3 program studi.

Informasi selengkapnya bisa diakses di sini.

Baca juga: Seleksi Mandiri UGM, UI, dan Unpad 2022

2. SM ITB

Dikutip dari laman admission.itb.ac.id, ITB membuka jalur mandiri melalui Seleksi Mandiri (SM) ITB yang akan dibuka mulai 6-29 Juni 2022. SM ITB membuka kesempatan bagi pendaftar untuk mahasiswa kurang mampu yang memiliki KIP Kuliah.

"Jalur penerimaan SM-ITB juga dapat menerima mahasiswa kurang mampu yang memiliki KIP-K atau kemampuan ekonomi setara dengan kriteria syarat KIP-K," tulis ITB dalam laman resminya.

"Hal ini merupakan kebijakan ITB untuk tetap memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu, tetapi memiliki kemampuan akademik yang tinggi," imbuhnya.

Mahasiswa jalur mandiri ITB dengan KIP Kuliah akan dibebaskan dari biaya kuliah atau menerima UKT1 senilai Rp 0.

Rincian informasi dapat diakses di laman ini.

Baca juga: Daftar KIP Kuliah

3. SMUP Unpad

Universitas Padjajaran yang berlokasi di Bandung juga membuka jalur mandiri Seleksi Masuk Universitas Padjajaran (SMUP) yang dibuka hingga 27 Juni 2022.

SMUP Unpad juga membuka pendaftaran calon mahasiswa yang menggunakan KIP Kuliah.

Bagi calon mahasiswa KIP Kuliah yang dinyatakan lolos prodi S1 atau D4 melalui SMUP Unpad wajib mengumpulkan berkas kelengkapan tambahan sebagi proses seleksi penerima KIP-K ke Direktorat Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad.

Untuk mengetahui informasi SMUP Unpad bisa dilihat di sini.

4. UM Undip

Selanjutnya, universitas yang membuka jalur mandiri untuk KIP Kuliah adalah Universitas Diponegoro (Undip) melalui UM Undip.

Dilansir dari undip.ac.id, UM Undip membuka 3 jalur yang salah satunya adalah jalur KUP Kuliah untuk mahasiswa kurang mampu yang dibuktikan dengan Kepemilikan KIP.

Peserta yang lolos UM Undip melalui jalur KIP ini akan ditetapkan UKT Golongan 1-3 tanpa SPI.

Informasi mengenai UM Unidp bisa diakses di sini.

Baca juga: 10 PTN yang Membuka Jalur Mandiri Pakai Nilai UTBK-SBMPTN 2022

5. SM UNS

Universitas Sebelas Maret (UNS) membuka jalur mandiri melalui SMJU Ujian Tulis (UTUL) dan SMJU UTBK UNS. Keduanya membuka pendaftaran bagi pelamar KIP Kuliah.

Adapun pendaftarannya akan dibuka hingga 26 Juni 2022.

SMJU UTUL merupakan seleksi mandiri UNS yang menggunakan hasil ujian tulis. Sementara SMJU UTBK menggunakan skor UTBK untuk seleksi mahasiswa.

Peserta pemegang KIP Kuliah yang dinyatakan lolos SM UNS akan mendapatkan biaya pendidikan sesuai yang ditentukan oleh pihak universitas. Informasi selengkapnya dapat dilihat di laman SPMB UNS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi