Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Corona 4 Juli 2022: Positivity Rate Tembus 5 Persen, Kemenkes Imbau Warga Segera Booster

Baca di App
Lihat Foto
Ilustrasi Covid-19
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Hingga saat ini, Covid-19 masih merebak di berbagai penjuru dunia. Sejumah negara mencatat penambahan kasus harian Covid-19 yang bervariasi mulai dari ratusan hingga ribuan kasus.

Dilansir dari Worldometer, Senin (4/7/2022) pagi, total kasus konfirmasi Covid-19 di dunia mencapai 554.336.495 dan 6.361.356 di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

Dari total kasus tersebut, Amerika Serikat menjadi negara nomor satu yang mencatat kasus Covid-19 terbanyak. Disusul dengan India dan Brasil yang masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga sebagai negara dengan kasus Covid-19 terbanyak di dunia.

Berikut 5 negara di dunia dengan kasus Covid-19 paling tinggi:

Baca juga: UPDATE Corona Global 3 Juli: Peringatan WHO untuk Eropa pada Musim Panas Ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Covid-19 di Indonesia

Kasus harian Covid-19 di Indonesia masih mencapai ribuan kasus. Dikutip dari laman Satgas Covid-19, Senin (4/7/2022) pagi, kasus harian Covid-19 bertambah 1.614 kasus dengan positivity rate tembus 5,14 persen untuk pertama kalinya sejak 24 Maret lalu.

Dengan adanya penambahan tersebut, kasus konfirmasi Covid-19 di Indonesia saat ini mencapai 6.093.917.

Berikut rincian kasus Covid-19 di indonesia per Minggu (27/6/2022):

Kemenkes imbau segera booster

Lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia terjadi sejak varian baru Omicron BA4 dan BA5 terkonfirmasi di Bali.

Hingga saat ini, lonjakan kasus tersebut masih saja terjadi. Oleh karena itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Jakarta mengingatkan agar masyarakat segera melakukan vaksinasi booster.

"Booster secepet-cepetnya. Karena sudah terbukti dengan adanya booster daya tahan kita lebih baik," terangnya, dilansir dari Antara, Minggu (3/7/2022).

"Tidak akan menghalangi kita kena, enggak. Tapi kalau kena ya pilek-pilek sedikit enggak usah ke rumah sakit sembuh sendiri," tambahnya.

Selain itu, Budi juga menyarankan agar masyarakat tetap menggunakan masker ketika berada di dalam ruangan meskipun sudah mendapatkan vaksinasi lengkap.

Sebaliknya, masyarakat boleh tidak memakai masker saat berada di ruangan terbuka dengan catatan tidak ada kerumunan.

Baca juga: 4 Kebijakan yang Masih Berlaku Terkait Covid-19 di Indonesia

Italia perketat penggunaan masker

Kasus Covid-19 di Italia dilaporkan mengalami peningkatan sebanyak lebih dari 83.000 kasus pada Kamis (30/6/2022). Sehari sebelumnya, kenaikan kasus Covid-19 di Italia mencapai 94.000 kasus pada Rabu (29/6/2022).

Dilansir dari Wionews, Kementerian Tenaga Kerja dan Kebijakan Sosial dan Kementerian Kesehatan Italia memperketat aturan protokol kesehatan (prokes).

Penggunaan masker akan diwajibkan bagi orang-orang yang sedang kurang sehat atau berada di tempat-tempat di mana infeksi dapat meningkat.

Selain itu, Pemerintah Italia juga kembali mendorong karyawan untuk bekerja dari rumah dan pencatatan waktu masuk serta waktu keluar karyawan di tempat kerja dan tempat umum seperti ruang ganti serta apotek dilaporkan oleh ANI.

Karyawan dengan suhu tubuh di atas 37,5 derajat celcius dilarang mengakses tempat kerja. Setiap karyawan yang menunjukkan gejala seperti flu wajib memberi tahu atasannya.

Baca juga: Update Corona 2 Juli 2022: Kasus Covid-19 Naik, Wapres Tarik Kelonggaran Buka Masker di Tempat Terbuka

WHO soroti kenaikan kasus di Eropa

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyoroti tren kenaikan kasus di sejumlah negara di Eropa. Bahkan, Direktur regional WHO Eropa Hans Kluge memperingatkan lonjakan tingkat kasus Covid-19 di Eropa akan terjadi pada musim panas ini.

"Ketika negara-negara di kawasan Eropa telah mencabut langkah-langkah sosial yang sebelumnya ada, virus akan menular pada tingkat tinggi selama musim panas," ujar Kluge, dilansir dari AFP.

Sebelumnya, Eropa tercatat mengalami kasus kematian per hari sebanyak 4.000 hingga 5.000 orang di sebagian besar musim dingin. Bahkan, Eropa saat ini mengalami sekitar 500 kematian per hari, hampir sama dengan tingkat selama musim panas 2020.

Tren kenaikan kasus ini juga dipicu oleh adanya subvarian Omicron BA.5 yang lebih menular dan menyebar di 53 negara di wilayah Eropa.

Austria, Siprus, Perancis, Jerman, Yunani, Luksemburg, dan Portugal adalah negara dengan peningkatan kasus tertinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi