Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Amirul Hajj dan Tugasnya

Baca di App
Lihat Foto
ANTARA FOTO/REUTERS/MOHAMMED SALEM
Jemaah haji 2022 pada Jumat (1/7/2022) melakukan tawaf mengitari Kabah dan beribadah di Masjidil Haram, dalam haji pertama setelah Pemerintah Kerajaan Arab Saudi membuka kembali kuota haji untuk warga negara asing yang sebelumnya ditutup akibat pandemi Covid-19 selama dua tahun.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Amirul Hajj adalah pemimpin misi haji Indonesia di Arab Saudi.

Tugas Amirul Hajj antara lain melakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam penyelenggaraan ibadah haji di Arab Saudi.

Dalam setiap pelaksanaan ibadah Haji, pemerintah Indonesia menugaskan atau memberangkatkan sebuah tim yang disebut sebagai Amirul Hajj.

Berdasarkan informasi resmi dari Kementerian Agama (Kemenag), delegasi Amirul Hajj 1443H/2022 bertolak ke Arab Saudi dari Bandara Soekarno-Hatta pada 1 Juli 2022. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Jemaah Haji Furoda Bisa Berangkat Tanpa Antre, Berapa Biayanya?

Delegasi Amirul Hajj 2022

Untuk tahun ini, delegasi Amirul Hajj diketuai oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas dan Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid selaku salah satu wakil atau Naib Amirul Hajj 2022.

Naib yang lain adalah Muhammad Hilal Al Aidid dari Nahdlatul Ulama (NU) dan Agus Taufiqurrahman dari Muhammadiyah.

Selanjutnya, Ali Hasan Bahar dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta ditunjuk sebagai sekretarisnya.

Adapun untuk tim ini terdiri dari sejumlah anggota yang berasal dari berbagai lembaga juga organisasi masyarakatnya (ormas) Islam di Indonesia, yakni:

Baca juga: 3 Perbedaan Haji Furoda dan Haji Plus

 

Tugas Amirul Hajj

Wamenag sekaligus Naib Amirul Hajj 2022, Zainut Tahud Sa'adi menjelaskan tugas utama dari Amirul Hajj tahun ini adalah membantu pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama, untuk memastikan penyelenggaraan Haji tahun 2022 berjalan dengan lancar.

Namun, secara lebih rinci tugas delegasi Amirul Hajj terdiri dari dua hal. Pertama adalah memastikan para jemaah dapat melakukan ibadah Haji dengan baik sesuai syariat Islam.

"Kami akan terus memantau dan memberikan bimbingan kepada jemaah haji Indonesia serta memberikan informasi-informasi dan pemahaman kepada jemaah agar mereka bisa melaksanakan ibadahnya dengan baik sesuai syarat serta rukun ibadah haji dan mendapatkan pahala haji yang mabrur," kata Wamenag, sebelum terbang ke Arab Saudi (30/6/2022).

Baca juga: Cuaca Panas Jelang Wukuf, Jemaah Haji Indonesia Diminta Jaga Kondisi Kulit

Memastikan pelayanan haji optimal

Tugas Amirul Hajj selanjutnya yakni memastikan pelayanan teknis penyelenggaraan ibadah haji mulai dari urusan transportasi, akomodasi, katering, dan hal teknis lainnya dilakukan panitia secara optimal.

Sehingga para jemaah merasa nyaman selama melaksanakan rangkaian ibadah

Termasuk senantiasa mengingatkan para jemaah untuk terus menjaga kesehatan di tengah kondisi terik Saudi, agar proses ibadah bisa dilaksanakan dengan baik dalam kondisi fisik yang sehat.

"Jemaah harus selalu menjaga kesehatan jangan sampai ada jemaah yang dehidrasi saat menjalani ibadah haji," ujar Zainut.

Pengawasan dan evaluasi

Tak hanya itu, delegasi Amirul Hajj juga akan melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap kondisi yang ada di lapangan.

Evaluasi dilakukan dengan cara menyerap seluruh informasi terkait pelaksanaan haji, baik dari penyelenggara maupun jemaah.

“Kami berkoordinasi dengan lintas sektoral. Juga advokasi jamaah. Pembimbingan jemaah. Dari situlah, kami akan melakukan tugas sebagai tim Amirul Hajj,” ujarnya.

Amirul Hajj tahun ini akan bertugas sejak 28 Juni hingga 19 Juli 2022.

 
 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi