Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Koordinator Program Biodiversitas dan Iklim
Bergabung sejak: 7 Jul 2022

Koordinator Program Biodiversitas dan Iklim di Aksi Ekologi dan Emansipasi Rakyat (AEER)

Tinggalkan Batu Bara demi Mencapai Target Penyelamatan Keanekaragaman Hayati Global

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK / ETHAN DANIELS
Kepulauan Wayag di Raja Ampat, Papua Barat, tempat terumbu karang dan aneka macam ikan. Surga keanekaragaman hayati di Indonesia.
Editor: Egidius Patnistik

Oleh: Ilham Setiawan Noer dan Pius Ginting*

SEKITAR 1.000 negosiator dari 150 negara berkumpul dan melaksanakan pertemuan ke-4 untuk membahas The Post-2020 Global Biodiversity Framework di Nairobi, Kenya pada 21-26 Juni 2022. Pertemuan tersebut dilaksanakan untuk mempersiapkan teks final kerangka kerja penyelamatan keanekaragaman hayati global yang baru yang rencananya akan dilaksanakan di Montreal, Kanada akhir 2022 ini.

Setelah pertemuan di Nairobi itu dikonklusikan, Konvensi Keanekaragaman Hayati (CBD) PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) mempublikasikan draf rekomendasi The Post-2020 Global Biodiversity Framework yang baru (belum difinalisasi) yang melaporkan bahwa saat ini keadaan keanekaragaman hayati merupakan masalah yang serius. Sejumlah 70 persen daratan di bumi telah mengalami perubahan, lebih dari 60 persem lautan telah terdampak, dan lebih dari 80 persem lahan basah telah hilang. Satu juta spesies sedang menghadapi kepunahan.

Terancamnya keanekaragaman hayati juga tercermin dari tidak terpenuhinya 14 dari 20 target Aichi Biodiversity Target, target-target yang ditetapkan CBD sebelumnya untuk penyelamatan keanekaragaman hayati oleh dunia global selama 2011-2020. Padahal hilangnya keanekaragaman hayati juga saling terhubung dan terkait erat dengan fenomena kerusakan alam yang lain, yaitu perubahan iklim, degradasi lahan, penggurunan, dan sebagainya.

Hal ini menyebabkan perubahan iklim menjadi salah satu isu yang juga diperbincangkan dalam pertemuan global tersebut. Perubahan iklim perlu disikapi dengan menjaga ekosistem yang memiliki kemampuan menyerap karbon dan menghentikan subsidi bahan bakar fosil.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia seharusnya berperan lebih dan menjadi teladan di kancah internasional dalam melakukan mitigasi perubahan iklim tersebut. Hal ini karena keanekaragaman di Indonesia sungguh kaya. Indonesia telah ditetapkan dunia sebagai negara mega-biodiversitas.

Indonesia telah meratifikasi Konvensi Keanekaragaman Hayati PBB melalui UU Nomor 5 Tahun 1994 tentang Pengesahan United Nations Convention on Biological Diversity. Namun di sisi lain, Indonesia pada waktu yang sama berstatus sebagai negara penghasil batu bara terbesar ketiga di dunia. Indonesia masih sangat bergantung pada pertambangan batu bara dan pembangkit energi listrik berbasis batu bara yang mengancam keanekaragaman hayati dan memperparah perubahan iklim.

Draf rekomendasi The Post-2020 Global Biodiversity Framework yang baru memaparkan target-target kerangka kerja penyelamatan keanekaragaman hayati tingkat global yang baru.

Indonesia harus segera tinggalkan batu bara

Indonesia harus segera meninggalkan penggunaan pertambangan batu bara jika ingin berperan dan menjadi teladan di kancah internasional dalam mencapai target-target penyelamatan kenakeragaman hayati tingkat global tersebut. Ada empat target yang mesti dipenuhi yaitu target nomor 7, 8, 14, dan 18. 

Target nomor 7 tentang mengurangi emisi dan polusi dari semua sumber ke tingkat yang tidak berbahaya bagi keanekaragaman hayati, fungsi ekosistem, dan kesehatan manusia dengan mempertimbangkan efek kumulatif.

Pertambangan batu bara berkontribusi dalam melepaskan karbon dioksida dan metana. Gas metana tercatat lebih kuat 20 kali lipat dibandingkan CO2 perihal emisi gas rumah kaca.

Selain itu, polusi yang dihasilkan dari aktivitas pertambangan berpotensi menimbulkan polusi air, tanah, dan udara sehingga berdampak buruk terhadap keanekaragaman hayati, ekosistem, dan kesehatan manusia.

Sebagai contoh, laporan “Membunuh Sungai” (2020) oleh Jaringan Advokasi Tambang (JATAM) menyatakan bahwa hasil uji sampel air di sekitar area pertambangan batu bara PT Indominco Mandiri menunjukkan rata-rata tingkat keasaman air atau pH sangat asam, tingkat kandungan logam berat besi (Fe) dan mangan (Mn) jauh di atas ambang baku mutu. Selain itu, masyarakat di sekitar area pertambangan juga mengalami penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), TBC, dan gejala kanker nesofaring.

Target 8 tentang meminimalkan dampak perubahan iklim dan pengasaman laut pada keanekaragaman hayati dan ekosistem melalui mitigasi, adaptasi dan meningkatkan ketahanan ekosistem. Salah satu contoh ekosistem yang rentan terhadap dampak perubahan iklim adalah terumbu karang.

Fenomena coral bleaching di Kalimantan Timur contohnya, yang disebabkan oleh peningkatan suhu. Berdasarkan penelitian analisis geospasial terkait penggunaan lahan pada pertambangan batu bara oleh El-Hamid dkk (2019), aktivitas pertambangan akan mengubah faktor iklim seperti temperatur dan curah hujan di sekitar area pertambangan.

Peningkatan temperatur tersebut berakibat pada peningkatan evapotranspirasi di sekitar kawasan pertambangan secara signifikan. Hal ini merusak siklus hidrologi di sekitar kawasan pertambangan dan merusak daur materi di sekitar kawasan pertambangan. Penelitian terkait efek deforestisasi dan perubahan iklim terhadap Kalimantan oleh Wolff dkk (2021) memaparkan bahwa deforestasi dan pemanasan global di Kalimantan Timur menyebabkan suhu di kawasan tersebut naik hampir 1 derajat Celcius dalam 16 tahun terakhir.

Hal itu berbahaya bagi keberlanjutan terumbu karang yang sangat sensitif dengan kenaikan suhu.

Target 14 adalah memastikan integrasi penuh keanekaragaman hayati dan berbagai nilainya ke dalam kebijakan, peraturan, perencanaan dan proses pembangunan, di dalam dan di semua tingkat pemerintahan dan di semua sektor, salah satunya pertambangan. Pertambangan merupakan salah satu sektor industri yang dicantumkan dalam target 14 oleh CBD.

Hal itu menunjukkan bahwa sektor tersebut menjadi perlu diwaspadai karena rentan berkontribusi negatif terhadap keanekaragaman hayati.

Penelitian yang mendalami dampak pertambangan batu bara terhadap keanekaragaman hayati di Amerika Serikat oleh Giam dkk (2018) menyatakan bahwa tambang batu bara berkontribusi terhadap penurunan kekayaan dan kelimpahan biodiversitas.

Kebijakan penerapan mitigation hierarchy pada level avoidance perlu diterapkan pada perusahaan pertambangan batu bara sebagai bentuk langkah preventif. Level avoidance merupakan upaya menghindari dampak negatif sejak dini.

Target 18 yaitu pada tahun 2025 hapuskan subsidi dan insentif yang berbahaya bagi keanekaragaman hayati, dengan mempertimbangkan kondisi sosial ekonomi nasional. Saat ini, pemerintah Indonesia masih memberikan subsidi dan insentif kepada sektor pertambangan batu bara. Pemerintah Indonesia menerapkan insentif royalti 0 persen terhadap perusahaan yang menjalankan hilirisasi batu bara.

Hilirisasi yang direncanakan pemerintah salah satunya adalah pembuatan Dimethyl Ether (DME) sebagai bahan bakar substitusi bagi LPG. Padahal berdasarkan kajian tim Perkumpulan AEER, emisi yang dihasilkan proyek pembuatan DME ini lima kali lebih besar dibandingkan produksi elpiji dengan jumlah yang sama.

Kebijakan untuk hilirisasi batu bara yang menghasilkan DME melalui gasifikasi ini merupakan kebijakan yang tidak tepat karena menghasilkan emisi yang besar dengan perolehan energi yang lebih sedikit. Kondisi ini berpotensi menimbulkan bahaya bagi keanekaragaman hayati.

Karena itu, Indonesia harus menunjukkan komitmen yang lebih ambisius untuk mencapai target-target penyelamatan hayati The Post-2020 Global Biodiversity Framework. Indonesia harus berkomitmen untuk menghentikan upaya perluasan area pertambangan batu bara dan mencabut izin pertambangan batu bara demi penyelamatan keanekaragaman hayati dari ancaman kerusakan energi kotor.

* Pius Ginting adalah Koordinator Perkumpulan Aksi Ekologi dan Emansipasi Rakyat (AEER).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi