Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Bahasa Korea yang Masuk di KBBI, Salah Satunya "Oppa"

Baca di App
Lihat Foto
Twitter/@bts_bighit
BTS umumkan tanggal comeback.
|
Editor: Rendika Ferri Kurniawan

KOMPAS.com - Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa memasukkan kosakata Bahasa Korea ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Terbaru adalah kata "oppa" yang berarti panggilan dari perempuan kepada laki-laki lebih tua.

Kumpulan kosakata tersebut merupakan hasil serapan dari bahasa asing (bahasa Korea) yang telah disesuaikan dengan kaidah-kaidah bahasa Indonesia.

Terdaftarnya kosakata bahasa Korea di KBBI ini tidak lepas dari tingginya konsumsi masyarakat Indonesia terhadap hasil budaya Korea.

Hasil budaya Korea mulai dari bahasa, drama, hingga musiknya. Bahkan, penggunaan istilah dalam bahasa Korea kerap didengar oleh masyarakat lewat drama korea (drakor).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum lagi, cara makan masyarakat Korea, hidangan khas Korea yang menjamur di Indonesia, serta penggunaan kosakata Korea di kehidupan sehari-hari, seperti mukbang dan sebutan oppa.

Berikut Kompas.com merangkum 11 kosakata bahasa Korea yang terdaftar di KBBI:

Baca juga: Saat NCT Dream dan Idol-idol Kpop Jadi Viral karena Joget Dangdut...

1. Oppa

Dalam KBBI, "oppa" merupakan kata benda di Korea yang berarti panggilan dari perempuan kepada laki-laki lebih tua.

Panggilan ini biasanya digunakan bagi mereka yang memiliki hubungan dekat atau sudah saling mengenal cukup lama (seperti kakak kandung, teman, atau kekasih).

2. Bingsu

Menurut KBBI, "bingsu" adalah minuman berupa es yang diserut menyerupai salju dan diberikan tambahan gula, kacang tanah, buah, dan berbagai pugasan lain.

3. Bibimbap

Kata "bibimbap" semakin kerap terdengar sejak kemunculan drakor di Indonesia. Bibimbap merupakan makanan khas Korea yang identik dengan cara makannya yang dicampur menjadi satu.

Di KBBI, bibimbap bermakna makanan khas Korea berupa nasi, daging, sayuran, dan sebagainya serta bumbu yang dimakan dengan mencampurkan semua bahan tersebut, dapat dilengkapi telur mentah atau matang.

4. Kimci

Makanan tradisional Korea, kimci hampir tidak pernah ketinggalan di meja makan masyarakat Korea. Hidangan ini juga semakin menjamur di Indonesia. Sejumlah tempat makan menyajikan menu kimci yang bisa dinikmati pencinta masakan Korea.

Menurut KBBI, "kimci" termasuk kata benda yang berarti makanan khas Korea berupa acar pedas yang dibuat dari sayuran seperti kubis dan lobak yang digarami, dibumbui (dengan bawang putih, cabai merah, jahe, pasta ikan teri, dan sebagainya), kemudian difermentasikan.

Baca juga: Jennie Blackpink Diisukan Berpacaran dengan V BTS, Ini Kata Agensi

5. Bulgogi

Makanan khas Korea berikutnya yang masuk ke dalam KBBI adalah bulgogi. Kata "bulgogi" dalam KBBI memiliki arti makanan khas Korea berbahan dasar daging yang dibumbui kecap asin, gula, dan rempah lain, diolah dengan cara dipanggang atau digoreng.

Sejumlah tempat kuliner mulai menyediakan rasa bulgogi ke dalam menu olahannya, misalnya saus bulgogi.

6. Mandu

Sekilas, mandu menyerupai makanan pangsit di Indonesia. Mandu kerap muncul di drakor.

Dalam KBBI, kata "mandu" bermakna pangsit khas Korea, biasanya menggunakan tofu.

7. Mokbang

Kata "mokbang" semakin sering ditemui sejak sejumlah kreator konten menggunakannya di media sosial. Kata ini digunakan untuk salah satu konten yang berkaitan dengan makanan.

Di KBBI, mokbang bermakna siaran langsung atau video yang mempertontonkan orang memakan banyak makanan untuk hiburan, biasanya disiarkan secara daring.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Pesawat Korea Dipaksa Mendarat Jet Uni Soviet hingga Tewaskan 2 Penumpang, Apa Penyebabnya?

8. Hanbok

Kata "hanbok" resmi terdaftar di KBBI. Kata ini memiliki arti baju tradisional Korea berupa atasan berlengan panjang menyerupai jaket berkerah V yang diikat pita dan dipadukan dengan rok panjang berpinggang tinggi dan berpotongan lebar di bagian bawah bagi perempuan atau celana longgar panjang bagi pria, biasa digunakan pada acara formal seperti pernikahan dan upacara kematian atau hari peringatan nasional.

9. Gocujang

Gocujang merupakan saus yang selalu ditambahkan ke dalam hidangan khas korea. Saus ini memiliki rasa pedas dan sudah dapat dibeli di sejumlah minimarket di Indonesia.

Dalam KBBI, "gocujang" berarti pasta cabai yang terbuat dari bubuk cabai, tepung beras ketan, tepung kedelai yang difermentasi, dan garam yang biasa digunakan sebagai bumbu dalam masakan Korea.

10. Manhwa

Kata "manhwa" dalam bahasa Korea bermakna komik.

KBBI juga mengartikan kata ini sebagai komik khas Korea. Salah satu contoh manhwa adalah Omniscient Reader.

Manhwa satu ini merupakan hasil adaptasi novel daring berjudul sama yang sangat populer di Korea Selatan.

11. Bancan

Kata "bancan" juga terdaftar di KBBI. Bancan dalam bahasa Indonesia berarti makanan pendamping nasi khas Korea, dapat terbuat dari daging, ikan, sayur, dan lainnya, biasa disajikan dalam piring-piring kecil dengan porsi terbatas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi