Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapan XXI soal Protes Penonton pada Gangguan Anak Kecil di Dalam Bioskop

Baca di App
Lihat Foto
Unsplash/Krists Luhaers
Kehadiran anak-anak di bawah umur di gedung bioskop sering mengganggu kenyamanan menonton film.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Pengelola XXI memberikan tanggapannya mengenai protes salah seorang penonton yang terganggu akan berisiknya anak-anak di bawah umur yang ikut menonton di dalam gedung bioskop.

Diketahui sebelumnya, salah seorang penonton XXI melakukan protes dengan cara yang unik, yaitu sengaja ikut melanggar aturan bioskop dengan membawa makanan dari luar untuk dibawa masuk ke dalam gedung bioskop.

Penonton melakukan ini karena kecewa terhadap pengelola bioskop Cinema XXI yang tidak tegas kepada pengunjung yang membawa anak-anak di bawah umur saat menonton film.

Karena keberadaan anak-anak di bawah umur dan bayi yang dibawa ke bioskop itu kerap menimbulkan keramaian yang mengurangi kenyamanan menonton film.

Head of Corporate Communications & Brand Management Cinema XXI Dewinta Hutagaol mengatakan bahwa XXI telah mengingatkan setiap orang tua yang membawa anak di bawah umur saat menonton di bioskop.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Berdasarkan SOP, kami mengingatkan dan mengedukasi pengunjung terkait," tutur Dewinta kepada ketika dihubungi Kompas.com, Senin (11/7/2022).

Selain itu, XXI juga sudah selalu memberikan imbauan agar penonton menyaksikan film sesuai kategori usianya.

"Kami menyampaikannya (imbauan) melalui iklan layanan masyarakat yang tayang sebelum film dimulai ataupun saat pengunjung melakukan transaksi di loket," ujarnya.

Imbauan ini bertujuan ganda. Selain untuk memberikan kenyamanan pada penonton, juga untuk menaati rekomendasi Lembaga Sensor Film (LSF) yang menganjurkan agar film disaksikan sesuai dengan kategori usianya.

Baca juga: Unggahan Viral Protes Pengunjung Cinema XXI soal Penonton yang Bawa Anak ke Bioskop, Ini Respons Pengelola

Kronologi protes

Cara protes yang unik ini sempat diunggah akun ini melalui laman pribadi Facebooknya pada Sabtu (9/7/2022).

"Minggu lalu gue dan Mega ngeKaren ke XXI. Sebabnya simpel, gw tuh kesel hampir setiap kali nonton gw terganggu," tulis pengunggah.

"Terganggu ama bocil2 berisik yang nonton film di bawah usianya lah, terganggu ama bayi2 yg dimasukin ortunya dan nangis di dalem bioskop lah, dan gangguan2 lainnya," jelasnya.

Dalam unggahannya, pelanggan XXI tersebut mengatakan bahwa aksi protes itu dilakukan sekitar awal Juli 2022.

Berawal dari kekecewaan mengapa pengelola bioskop tidak tegas terhadap penonton yang membawa anak-anak di bawah umur, ia pun sengaja melanggar aturan bioskop, yaitu membawa makanan dan minuman dari luar. 

"Kita sama-sama tahu, nonton tuh enggak murah. Kita beli tiket udah mahal, beli makanan juga mahal," tulis Valentino Dimas, pemilik akun tersebut.

"Udah gitu ada aturan ajaib dari bioskop yang melarang kita bawa makanan dari luar. Karena kita bayar mahal, otomatis kita expect kenyamanan. Tapi sayangnya yang kita dapetin malah gangguan-gangguan," jelasnya.

Baca juga: 5 Film yang Tayang di Bioskop Juli 2022

Ketika itu, aksi protes tersebut sempat memicu keributan. Pengunggah diberhentikan oleh petugas keamanan yang tengah bertugas, dan petugas meminta minuman yang dibawa pengunggah.

Pengunggah pun melayangkan protes mengapa hanya ia yang ditegur lantaran membawa minuman dari luar, sementara orang tua yang membawa anak di bawah umur tidak ditegur atau bahkan diberhentikan.

Pengunggah juga mengaku sempat bertemu dengan manager Cinema XXI dan menyampaikan keluh kesahnya.

Dalam pertemuan itu, pihak bioskop mengatakan tidak bisa melarang anak-anak di bawah umur lantaran hal tersebut merupakan tanggung jawab orang tuanya.

Meski begitu, pihak bioskop sudah menegur para orang tua yang membawa anak di bawah umur namun mereka tetap ngotot untuk masuk ke bioskop.

Selanjutnya pihak bioskop mengatakan, jika kehadiran anak-anak di bawah umur itu menimbulkan ketidaknyamanan, maka penonton lain bisa melayangkan protes. 

Sebaliknya, bagi penonton yang masuk membawa makanan dan minuman dari luar, justru pihak keamanan lah yang akan dikenai pinalti oleh pihak manajemen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi