Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinyatakan Menjadi Darurat Kesehatan Global, Ini Daftar Negara yang Melaporkan Kasus Cacar Monyet

Baca di App
Lihat Foto
GAVI
Mutasi virus cacar monyet diduga lebih cepat dari perkiraan para ahli.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan wabah cacar monyet sebagai keadaan darurat kesehatan global pada Sabtu (23/7/2022).

Penetapan status tersebut menjadi peringatan tertinggi yang dikeluarkan WHO akibat peningkatan kasus cacar monyet di seluruh dunia.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebutkan, lebih dari 70 negara telah terinfeksi wabah ini. Bahkan kasus cacar monyet di dunia mencapai lebih dari 16.000 kasus.

"Sejauh ini ada lima kematian akibat wabah tersebut," ujar Tedros, dikutip dari BBC, Minggu (24/7/2022).

Menurutnya, penetapkan status itu akan membantu mempercepat pengembangan vaksin dan penerapan langkah-langkah untuk membatasi penyebaran virus.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga saat ini, WHO telah menyatakan keadaan darurat untuk krisis kesehatan masyarakat, seperti pandemi Covid-19, wabah Ebola Afrika Barat 2014, virus Zika di Amerika Latin pada 2016, dan upaya berkelanjutan untuk memberantas polio.

Baca juga: Kasus Cacar Monyet Global Telah Lebih dari 5.000 kasus, Apakah Indonesia Masih Aman?

Ditemukan di Afrika

Masih dilansir dari laman yang sama, virus cacar monyet pertama kali ditemukan di Afrika tengah pada 1950-an.

Meskipun telah ditemukan beberapa dekade lalu, penyakit ini tidak pernah menyebar keluar dan memicu wabah di luar benua tersebut.

Namun, pada Mei 2022 lalu, pihak berwenang mendeteksi lusinan epidemi di Eropa, Amerika Utara, dan beberapa tempat lainnya.

Vaksin bagi kelompok rentan

Dilansir dari gov.uk (22/7/2022), vaksin cacar monyet masih ditawarkan untuk menutup kontak dengan paparan risiko yang lebih tinggi berdasarkan kasus per kasus.

Sebagai informasi, Inggris juga mengonfirmasi adanya wabah cacar monyet. Otoritas setempat  mengonfirmasi adanya 2.208 kasus cacar monyet pada Juli 2022.

Dr Meera Chand, Direktur Clinical and Emerging Infections di UKHSA mengatakan, sebagian besar kasus cacar monyet di Inggris terjadi pada pria gay, biseksual, dan pria lain yang berhubungan seks dengan pria (LSL).

Selain itu, penyakit ini bisa ditularkan melalui kontak dekat antara orang yang terinfeksi dengan orang-orang dalam jaringan seksual yang saling berhubungan.

Oleh karena itu, para pejabat kesehatan telah merekomendasikan orang-orang yang berisiko tinggi terkena cacar monyet itu untuk mendapatkan vaksinasi sesegera mungkin.

Baca juga: Gejala Cacar Monyet

Daftar negara yang melaporkas kasus cacar monyet

Menurut WHO, kawasan paling terdampak wabah cacar monyet adalah benua Eropa dan Amerika dengan kasus paling tinggi terjadi di 5 negara, yakni Inggris, Spanyol, Jerman, Portugal, dan Kanada.

Dikutip dari Reuters (23/7/2022), berikut daftar negara yang melaporkan kasus cacar monyet:

1. Asia Pasifik 2. Eropa

Baca juga: Gejala Cacar Monyet dari Hari ke Hari Menurut Kemenkes

3. Timur Tengah 4. Amerika

Itulah daftar negara yang telah mengonfirmasi adanya kasus cacar monyet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: Reuters
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi