Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link Live Streaming Upacara 17 Agustus 2022 di Istana Merdeka

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.COM/FARIDA
Napak tilas peristiwa 16 Agustus 1945 di Rengasdengklok, sejumlah komunitas lakukan kirab dan upacara, Selasa (16/8/2022).
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia digelar di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Upacara akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku inspektur upacara.

Pada upacara 17 Agustus 2022 kali ini, para tamu dan pejabat yang hadir juga diwajibkan memakai pakaian nasional atau baju adat daerah.

Mengacu tentang Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2022, upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI akan dilaksanakan pada 17 Agustus 2022 pukul 10.00 WIB di Istana Merdeka, Jakarta.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Link Download Twibbon 17 Agustus 2022 dan Cara Membuatnya

Adapun pengibaran bendera merah putih di Istana Merdeka akan dilakukan pada pukul 10.17 WIB.

Bendera merah putih yang dikibarkan adalah bendera duplikat. Sementara Bendera Merah Putih Pusaka tidak dikibarkan lantaran kondisinya yang tidak memungkinkan.

Pada saat pengibaran bendera merah putih itu, seluruh masyarakat di pelosok Indonesia diminta untuk ikut mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

"Pada tanggal 17 Agustus 2022 pukul 10.17 WIB (11/17 WITA atau 1217 WIT), segenap masyarakat diimbau untuk menghentikan aktivitasnya sejenak, untuk: berdiri tegap saat Lagu Kebangsaan Indonesia Raya berkumandang secara serentak di berbagai lokasi hingga pelosok daerah," bunyi surat edaran Kemendikbudristek Nomor 52610/A/TU.02.03/2022 poin ketiga.

Baca juga: Sederet Promo Kemerdekaan 17 Agustus 2022, dari KAI, Pizza Hut, sampai Dufan

Susunan acara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka

Masih dari sumber yang sama, berikut susunan acara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2022:

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut juga akan digelar secara daring sehingga dapat diikuti oleh masyarakat yang berada di berbagai wilayah Indonesia.

Untuk menyaksikan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 2022 dapat disimak di sini.

Jadwal penurunan bendera merah putih

 

Usai menjalani serangkaian upacara pengibaran bendera merah putih, pasukan Paskibraka yang sudah dikukuhkan oleh Presiden Jokowi juga akan melaksanakan upacara penurunan bendera merah putih.

Mengacu pada surat edaran Menteri Sekretaris Negara nomor B-737/M/S/TU.00.04/8/2022 tanggal 6 Agustus 2022 tentang Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2022, upacara penurunan bendera akan digelar sore harinya.

Upacara penurunan bendera merah putih itu dilaksanakan pada 17 Agustus 2022 pukul 17.00 WIB di halaman Istana Mereka, Jakarta.

Baca juga: Jadwal Pelaksanaan Upacara Pengibaran dan Penurunan Bendera Merah Putih 17 Agustus 2022

Imbauan menghentikan aktivitas

Sementara itu berikut imbauan menghentikan aktivitas dikutip dari surat resmi Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ristek Nomor 52610/A/TU.02.03/2022 yang terbit pada 9 Agustus 2022.

Pada 17 Agustus 2022 pukul 10.17 WIB (11.17 WITA atau 12.17 WIT), segenap
masyarakat diimbau untuk menghentikan aktivitasnya sejenak, untuk:

  • Berdiri tegap saat Lagu Kebangsaan Indonesia Raya berkumandang secara serentak di berbagai lokasi hingga pelosok daerah;
  • Pengecualian menghentikan aktivitas sejenak berlaku bagi warga dengan aktivitas yang berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain apabila dihentikan; dan
  • Para pimpinan satuan kerja di daerah agar membantu keberhasilan pelaksanaan hal tersebut di daerahnya masing-masing, antara lain dengan memperdengarkan sirine atau suara penanda lain sesaat sebelum Lagu Kebangsaan Indonesia Raya berkumandang dan tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19

Baca juga: Daftar Promo Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2022, dari Alfamart, Indomaret, hingga Super Indo

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Logo HUT kemerdekaan di Era Joko Widodo

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi