Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Makanan Pembakar Lemak untuk Menurunkan Berat Badan

Baca di App
Lihat Foto
PIXABAY
Ilustrasi diet sehat
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan beragam cara, mulai dari menjaga olah raga, diet, hingga mengubah gaya hidup.

Menguruskan tubuh tak hanya bisa dilakukan dengan berpantang makan ini dan itu.

Beberapa makanan justru dapat membantu membakar lemak dengan meningkatkan metabolisme atau mengurangi rasa lapar. Makanan itu sering disebut dengan makanan pembakar lemak.

Dilansir dari Medical News Today, seseorang yang menambahkan makanan pembakar lemak ke dalam menu diet mereka, dapat membakar lemak dan menurunkan berat badan dari waktu ke waktu.

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan untuk Anda yang Hobi Makan di Luar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut 15 makanan makanan sehat yang dapat membantu menurunkan berat badan dan membakar lemak.

1. Yogurt

Penelitian dalam Jurnal Nutrisi menunjukkan bahwa mengonsumsi yogurt berprotein tinggi dapat bermanfaat untuk mengendalikan nafsu makan, mengimbangi rasa lapar, dan menurunkan asupan makanan secara keseluruhan.

2. Telur

Studi dalam jurnal Nutrition Research menemukan, makan telur saat sarapan memiliki dampak positif dalam mengendalikan rasa lapar dan asupan makanan.

Telur kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi yang penting bagi kesehatan.

3. Cabai

Cabai mengandung capsaicin kimia yang bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Appetite menunjukkan, capsaicin dapat meningkatkan pembakaran lemak dan mengurangi nafsu makan.

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

4. Minyak kelapa

Analisis yang muncul di Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, menemukan bahwa trigliserida rantai menengah dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Banyak ilmuwan percaya bahwa trigliserida yang ada dalam minyak kelapa tersebut bisa meningkatkan konsumsi energi dan mengurangi simpanan lemak.

5. Ikan berlemak

Dilansir dari Healthline, sebuah penelitian yang dilakukan pada 44 orang dewasa yang mengonsumsi suplemen minyak ikan rata-rata mengalami penurunan lemak sebanyak 1,1 pon atau sekitar 0,5 kilogram.

6. Kopi

Penelitian kecil menunjukkan bahwa mengonsumsi kafein satu jam sebelum berolahraga dapat membakar lemak hampir dua kali lebih banyak dan mampu berolahraga 17 persen lebih lama daripada mereka yang tidak minum kopi.

Sebuah studi lain juga mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi 100 mg kafein setiap dua jam selama 12 jam rata-rata 150 kalori ekstra pada orang kurus dan 79 kalori ekstra pada orang gemuk.

7. Teh hijau

Untuk sebagian orang, mengonsumsi teh hijau dapat menurunkan berat badan karena minuman ini merupakan pembakar lemak.

Minum hingga empat cangkir teh hijau setiap hari dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk berpotensi meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar.

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan Usia 40 Tahun ke Atas secara Cepat

8. Cuka apel

Penelitian yang dilakukan kepada 144 pria gemuk yang menambahkan 2 sendok makan cuka apel ke makanan setiap hari selama 12 minggu menunjukkan bahwa mereka mengalami penurunan berat badan hingga 1,7 kilogram dan penurunan 0,9 persen lemak tubuh.

9. Paprika

Selain cabai, paprika juga mengandung capsaicin yang dapat membantu menurunkan barat badan dan mempertahankannya.

10. Makanan berprobiotik

Makanan yang mengandung probiotik, seperti kimchi, sauerkraut, dan tempe dapat membantu meningkatkan keseimbangan alami di dalam pencernaan.

Beberapa praktisi kesehatan juga mengklaim bahwa bakteri tersebut akan berperan dalam metabolisme dan penurunan berat badan.

Baca juga: Penjelasan Dokter soal Unggahan Viral Tabel Standar Tinggi dan Berat Badan Ideal

11. Jeruk bali

Jeruk bali dapat membantu Anda merasa kenyang dengan mengandung lebih sedikit kalori.

Dikutip dari WebMD, mengkonsumsi setengah jeruk bali atau segelas jus jeruk bali sebelum makan membuat Anda kenyang, sehingga Anda makan lebih sedikit kalori selama makan.

12. Oatmeal

Menurut Eat This, seseorang yang mengonsumsi oatmeal memiliki 10 persen lebih sedikit lemak perut daripada mereka yang mengonsumsi sumber karbohidrat lain, seperti nasi, roti, dan mi.

Hal ini karena oatmeal merupakan makanan berserat tinggi yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

13. Lemon

Perasan buah lemon dapat membantu mengurangi kalori yang tidak perlu. Hal ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Baca juga: Viral, Unggahan Tabel Standar Tinggi dan Berat Badan Ideal, Ini Kata Dokter

14. Cokelat

Peneliti Louisiana State University menemukan bahwa mikroba usus di perut dapat memfermentasi cokelat dan meningkatkan produksi senyawa polifenol yang menyehatkan usus.

Hal ini dapat mendorong tubuh untuk membakar lemak sebagai bahan bakar dan mematikan gen yang terkait dengan peradangan.

15. Kacang almond

Mengonsumsi segenggam kacang almond dapat memberikan efek pembakaran lemak yang serius.

Studi International Journal Of Obesity and Related Metabolic Disorders menunjukkan seseorang yang mengonsumsi sekitar seperempat cangkir almond selama 6 bulan akan mengalami penurunan berat badan dan membatasi lemak yang diserap tubuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi