Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TREN] Muncul Narasi Brigadir J Diduga Perkosa Putri Candrawathi | Viral, Video Polisi Disebut Pungli Rp 500.000 di Tol Gresik

Baca di App
Lihat Foto
screenshoot
Berita Populer Tren: Narasi Brigadir J diduga memperkosa Putri Candrawathi kembali dimunculkan Komnas HAM dan Komnas Perempuan

KOMPAS.com - Narasi soal dugaan pelecehan seksual yang dilakukan Brigadir J terhadap istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi kembali dimunculkan.

Komnas HAM dan Komnas Perempuan yang memunculkan narasi itu menyebut, dugaan pelecehan seksual yang dilakukan Brigadir J terjadi di Magelang, Jawa Tengah.

Padahal sebelumnya polisi sudah menghentikan laporan soal dugaan pelecehan di Jakarta tersebut serta memastikan hal tersebut tidak ada.

Berita soal munculnya narasi pelecehan seksual dalam kasus pembunuhan Brigadir J yang didalangi Ferdy Sambo banyak mendapat perhatian pembaca laman Tren.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Populer Tren 5 September 2022

Selengkapnya, berikut ini sejumlah berita Populer Tren sepanjang Minggu (4/9/2022) hingga Senin (5/9/2022).

1. Narasi Brigadir J diduga perkosa Putri Candrawathi

Brigadir J diduga memperkosa Putri Candrawathi di Magelang.

Hal itu diungkapkan Komisi Nasional (Komnas) Perempuan berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap Putri.

"Yang disampaikan kepada kami yang terjadi di Magelang adalah perkosaan," kata Komisioner Komnas Perempuan, Siti Aminah Tardi dalam program acara News Update Live Kompas.com, Jumat (2/9/2022).

Berita selengkapnya bisa disimak di sini: 

Brigadir J Diduga Perkosa Putri Candrawathi, Komnas HAM: Keterangan Pacar Perkuat Kesaksian Pelecehan Seksual Istri Ferdy Sambo

 

2. Video viral polisi di Jatim disebut lakukan pungli

Sebuah video yang menampilkan seorang pengendara mobil menuding polisi melakukan pungli, viral di media sosial Instagram, Minggu (4/9/2022).

Dalam video itu, seorang pria berkaos hitam bahkan sempat cekcok dengan petugas polisi yang disebut melakukan pungli sebesar Rp 500.000.

"Bapak tadi minta Rp 500.000 ya. Ayo buka (pintu mobil)," kata pria berkaos hitam tersebut.

"Ada apa sih pak, tidak ada (tilang Rp 500.000)," jawab petugas kepolisian sesaat setelah keluar dari mobil.

Dalam narasi video, disebutkan bahwa peristiwa itu terjadi di Tol Lebani Gresik, Jawa Timur.

Berita selengkapnya bisa disimak di sini: 

Viral, Video Polisi Disebut Lakukan Pungli Rp 500.000 di Tol Gresik, Ini Penjelasan Polda Jatim

3. Lebih baik mana, pemberian BLT atau subsidi BBM?

Ekonom sekaligus Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menjelaskan menurutnya, lebih baik subsidi BBM yang ditambahkan daripada dialihkan ke bantuan sosial (bansos).

“Lebih baik subsidi BBM ditambah dibanding dialihkan ke bansos,” ujar Bhima ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (4/9/2022).

Ia menilai, kenaikan harga BBM subsidi saat ini dilakukan di waktu yang tidak tepat, terutama untuk jenis Pertalite. Menurutnya masyarakat belum siap menghadapi kenaikan harga Pertalite menjadi Rp 10.000 per liter.

“Dampaknya Indonesia bisa terancam stagflasi, yakni naiknya inflasi yang signifikan yang tidak dibarengi dengan kesempatan kerja,” ungkapnya.

Berita selengkapnya bisa disimak di sini: 

Lebih Baik Mana, Pemberian BLT atau Subsidi BBM? Ini Kata Ekonom

 

4. Bikin SIM harus punya BPJS Kesehatan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menginstruksikan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk menjadikan BPJS Kesehatan sebagai syarat pengurusan SIM, STNK, dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

Hal itu sebagaimana tertulis dalam Inpres No. 1 Tahun 2022.

"Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk melakukan penyempurnaan regulasi untuk memastikan pemohon Surat Izin Mengemudi, Surat Tanda Nomor Kendaraan, dan Surat Keterangan Catatan Kepolisan adalah Peserta aktif dalam program Jaminan Kesehatan Nasional," tulis inpres tersebut.

Namun Kasi Binyan SIM Ditregident Korlantas Polri Kompol Faisal Andri menjelaskan, syarat BPJS Kesehatan untuk bikin SIM belum diterapkan.

Karena itu untuk saat ini masyarakat yang akan bikin SIM tidak akan dimintai untuk menunjukkan kepesertaan BPJS Kesehatan.

Berita selengkapnya bisa disimak di sini: 

Syarat Bikin SIM Harus Punya BPJS Kesehatan, Berlaku Mulai Kapan?

5. BBM naik Pemerintah dikritik

Pemerintah secara resmi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan Solar, serta jenis Pertamax.

Dengan kenaikan ini, maka harga Pertalite yang semula Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10.000 dan Solar Rp 6.800 dari sebelumnya Rp 5.150 per liter.

Sementara harga BBM jenis Pertamax menjadi Rp 14.500 atau naik sebesar Rp 2.000.

Kebijakan ini pun menuai beragam kritikan dari berbagai kalangan. Apa saja kritikan kepada Pemerintah terkait kenaikan BBM? Simak di sini: 

Panen Kritikan untuk Pemerintah Usai Menaikkan Harga BBM

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Editor: Rizal Setyo Nugroho
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi