Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Skincare untuk Kulit Acne Prone, Apa Saja?

Baca di App
Lihat Foto
Freepik/lookstudio
Menggunakan skincare ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan kulit.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Memiliki jerawat yang menahun dan sudah mencoba berbagai macam produk skincare tapi tak kunjung mereda, memang melelahkan.  

Tidak hanya remaja, namun orang dewasa pun bisa muncul jerawat.

Dilansir dari Huffpost, (24/2/2022), penyebab yang mendasari jerawat di usia dewasa sebenarnya mirip dengan jerawat remaja yakni produksi minyak berlebih, pori-pori tersumbat, bakteri, dan peradangan.

Akibatnya, bagi beberapa orang akan mengalami kulit acne prone atau rawan berjerawat.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter kulit kosmetik bersertifikat di Union Square Laser Dermatologi di New York City, AS, Dr. Y. Claire Chang mengatakan, penyebab lain dari timbulnya jerawat juga bisa dari fluktuasi hormonal, stres, diet tinggi gula, karbohidrat dan produk susu, konsumsi alkohol berat dan penggunaan masker.

Baca juga: Seperti Apakah Tipe Kulit Acne Prone Skin dan Cara Merawatnya

Kenali faktor pemicu jerawat Anda

Secara umum, Chang merekomendasikan untuk memperhatikan produk perawatan kulit dan makeup yang terdaftar sebagai "bebas minyak" dan "non-komedogenik", dengan penekanan pada pencegahan jerawat dalam jangka panjang.

Menurut dia, rutinitas perawatan kulit atau skincare yang ideal untuk kulit yang rentan jerawat (acne prone) tergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis kulit pasien (kering atau berminyak, sensitif atau normal) dan jenis jerawat.

Berikut rinciannya:

Chang mengatakan, untuk kulit yang memiliki lebih banyak komedo dan komedo putih dapat fokus pada pengelupasan kulit dan pergantian sel kulit.

Sementara, untuk kulit yang memiliki jerawat yang lebih meradang mungkin fokus pada bahan anti-inflamasi dan antibakteri.

Meski begitu, Chang merekomendasikan untuk menenangkan kulit dengan produk perbaikan kulit yang lembut seperti pembersih yang menghidrasi, pelembab yang kaya ceramide, dan serum yang menenangkan.

Baca juga: Kenali Jerawat Mendem dan Cara Mengatasinya

 

Tips memilih skincare yang cocok untuk kulit acne prone

Dari penjelasan di atas, ada beberapa tips atau cara memilih produk perawatan kulit atau skincare untuk kulit rawan jerawat.

1. Cleanser/pembersih

Memilih pembersih yang tepat tergantung pada kulit pribadi Anda dan jenis jerawat.

a.) Kulit sensitif dan kering

Chang mencatat, mereka yang memiliki kulit sensitif dan kering mendapat manfaat dari pembersih lembut yang menghidrasi.

Sebab, mereka ingin menghindari kulit yang meradang lebih lanjut dengan scrub yang keras atau pembersih yang mengiritasi.

b.) Kulit berkomedo

Sementara, mereka yang memiliki pori-pori tersumbat dan komedo harus mencari pembersih yang mengandung asam salisilat (asam beta-hidroksi yang larut dalam minyak yang meningkatkan pergantian sel kulit dan dapat menembus jauh ke dalam pori-pori).

Fungsi asam salisilat ini untuk membantu membersihkan pori-pori dan mencegah jerawat.

c.) Kulit berjerawat meradang

Seseorang dengan jerawat merah yang meradang harus mencoba pembersih dengan benzoil peroksida, bahan anti-inflamasi dan antibakteri yang efektif.

2. Pelembab

Chang menyampaikan, pelembab adalah langkah kunci yang sangat penting bagi orang-orang dengan kulit berjerawat.

Dia menemukan, banyak pasien yang berjerawat telah melewatkan pemakaian pelembab. Para pasien itu menduga, pelembab justru akan menyumbat pori-pori mereka.

Sebenarnya, pemakain pelembab sangat penting untuk memperbaiki penghalang kulit dan mencegah kekeringan yang berlebihan dari obat jerawat tertentu, seperti retinoid.

Chang merekomendasikan agar mereka yang berkulit rawan jerawat untuk memilih pelembab berbahan reparatif dan menghidrasi seperti ceramide, asam hialuronat, dan niacinamide.

3. Serum

Menurut Chang, Anda pasti ingin mencari serum yang mengandung bahan penenang dan reparatif kulit, termasuk vitamin C, niacinamide, minyak pohon teh, dan asam hialuronat.

Serum yang mengandung bahan pengelupasan atau retinol juga dapat membantu mengatasi jerawat.

4. Minyak wajah

Minyak pernah dianggap persona non grata di dunia perawatan kulit, tetapi Change mengatakan mereka yang memiliki kulit berjerawat sebenarnya dapat menggunakan minyak selama mereka memiliki profil komedogenik yang rendah. Pikirkan pilihan seperti minyak biji anggur, minyak biji bunga matahari, minyak biji rosehip dan minyak jojoba.

5. Tabir surya

Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya setiap hari, bahkan jika Anda takut itu akan menyebabkan Anda berjerawat.

“Tabir surya sangat penting dalam melindungi kulit, sama pentingnya, jika tidak lebih penting, pada mereka yang memiliki kulit berjerawat,” kata Chang.

“Tidak hanya akan membantu melindungi dari kanker kulit dan penuaan dini, tetapi juga membantu mencegah noda jerawat menjadi gelap.”

Pastikan untuk menemukan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi dan label non-komedogenik dan aplikasikan kembali setiap dua jam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi