Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LTMPT Bukan Lagi Pelaksana Seleksi Masuk PTN Mulai 2023, Ini Gantinya

Baca di App
Lihat Foto
Tangkapan layar laman LTMPT
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi tidak lagi menjadi penyelenggara seleksi penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) mulai tahun 2023. 

Hal itu seiring kebijakan baru yang diumumkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim. 

Pihak LTMPT juga memberikan pengumuman terkait hal tersebut pada Minggu (11/9/2022) malam melalui Pengumuman resmi LTMPT Nomor: 04/Peng.LTMPT/2022.

"Sehubungan dengan terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri bertanggal 1 September 2022, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tidak lagi melaksanakan proses seleksi penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri," tulis LTMPT.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: LTMPT: Kami Tak Lagi Jadi Pelaksana Seleksi Masuk PTN

Setelah LTMPT tidak lagi menjadi penyelenggara seleksi masuk PTN, lalu apa gantinya? 

Diselenggarakan Kemendikbud Ristek dan PTN

Berdasarkan Pasal 20 Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022, seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bekerja sama dengan PTN.

Dengan demikian, segala urusan terkait seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru telah beralih menjadi wewenang Kementerian.

Sehubungan dengan itu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah menerbitkan Keputusan Nomor 346/P/2022 tentang Tim Persiapan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru pada Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2023 yang diberi tugas untuk melakukan persiapan dan penyusunan bahan pelaksanaan seleksi tahun 2023.

Segala urusan terkait persiapan pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa 2023 berada di bawah koordinasi Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) pada Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.


Baca juga: LTMPT Tak Lagi Jadi Pelaksana Seleksi Masuk PTN, Apa Gantinya?

 

Perubahan seleksi PTN 2023

Sebelumnya pada acara Merdeka Belajar Episode 22 Nadiem Makarim mengungkapkan ada perubahan besar dalam jalur penerimaan mahasiswa baru di PTN.

Pada jalur SNMPTN 2023, pemeringkatan minimal 50 persen rata-rata nilai rapor seluruh mata pelajaran. Maksimal 50 persen komponen penggali minat dan bakat.

Sementara itu pada jalur SBMPTN 2023 tidak akan ada tes mata pelajaran atau yang selama ini disebut Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Oleh karena itu SBMPTN 2023 hanya akan menggunakan Tes Potensi Skolastik (TPS).

Tes skolastik yang mengukur beberapa hal, seperti:

1. Potensi kognitif
2. Penalaran matematika
3. Literasi dalam bahasa Indonesia
4. Literasi dalam bahasa Inggris.

Selain itu terkait jalur mandiri 2023, ditekankan pada regulasi terkait transformasi dan akuntabilitas dijabarkan secara spesifik.

Masyarakat juga didorong untuk ikut mengawasi proses pelaksanaan seleksi mandiri oleh PTN.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi