Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan
Bergabung sejak: 24 Mar 2020

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Kenyataan Lebih Dramatis Dibanding Khayalan

Baca di App
Lihat Foto
ANTARA FOTO/WAHDI SEPTIAWAN
Kerabat memegang foto almarhum Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J saat pemakaman kembali jenazah setelah autopsi ulang di Sungai Bahar, Muarojambi, Jambi, Rabu (27/7/2022). Autopsi ulang yang berlangsung selama enam jam itu dilakukan atas permintaan keluarga dalam mencari keadilan dan pengungkapan kasus. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/nym.
Editor: Sandro Gatra

LUBUK sanubari saya terenyuh oleh prahara angkara murka pembunuhan yang dilakukan terhadap Brigadir Joshua.

Saya berbela sungkawa ikut merasakan betapa berat beban rasa duka sanak-keluarga dan handai-taulan yang ditinggalkan oleh Brigadir Joshua.

Tragedi pembunuhan terhadap Brigadir Joshua secara deja vu mengingatkan samar-samar pada kasus pembunuhan Desdemona di dalam kisah Othello mahakarya William Shakespeare.

Tragedi Othello versi Shakespeare berakar- serabut sekaligus tunggal pada apa yang disebut sebagai kecemburuan.

Gejolak perasaan kecemburuan bertumpu pada kecurigaan menguasai segenap gerak dan alur kisah tragedi Othello sebagai perasaan utama yang memengaruhi sikap, perilaku dan sepak-terjang para pemeran.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedua tokoh utama tragedi Othello khayalan Shakespeare, yaitu Othello dan Iago secara lambat namun pasti terbakar oleh kobaran api kecemburuan masing-masing.

lago terungkap sifat buruk aslinya dan Othello berubah dari manusia bijaksana menjadi monster mengerikan.

Tampak betapa kecemburuan mampu mengubah perangai manusia secara sangat destruktif. Makin lebih parah lagi bahwa kecemburuan bisa timbul dari dugaan terhadap kenyataan yang sebenarnya tidak terjadi.

Othello cemburu terhadap istrinya Desdemona yang diduga selingkuh, padahal tidak. Bianca cemburu terhadap Cassio, sementara lago semula cemburu terhadap Emilia.

Terasa ada semacam kemenyelinapan suasana berbelit Much Ado About Nothing tetapi secara tragis pada Othello.

Akibat terbius oleh rasa cemburu akhirnya Othello tega membunuh Desdemona yang an sich sama sekali tidak melakukan kesalahan apa pun sehingga layak dibunuh. Dan puncak tragedi khayalan Shakespeare adalah akhirnya Othello membunuh dirinya sendiri.

Pada hakikatnya tragedi Othello merupakan bukti tak terbantahkan bahwa cemburu merupakan jenis perasaan yang apabila tidak terkendali bisa berdampak luar biasa berbahaya.

Tragedi Othello juga membuktikan bahwa William Shakespeare memang memiliki kesaktian untuk berkhayal kemudian menuangkan khayalan dirinya ke dalam mahakarya abadi seni sastra tergolong paling dramatis di planet bumi ini.

Namun sesakti-sakti Shakesperare dalam menulis sedramatis-dramatis mahakarya tragedi Othello tetap tidak mampu mengungguli kedramatisan drama terkandung pada kenyataan yang terjadi secara nyata pada kenyataan kehidupan manusia.

Tragedi pembunuhan terhadap Brigadir Joshua kembali menggugah kesadaran peradaban yang beradab bahwa sedramatis-dramatisnya kisah khayalan manusia yang paling dramatis tetap mustahil mampu menggunguli kedramatisan kisah nyata yang terjadi pada kenyataan kehidupan umat manusia di marcapada ini.

Khayalan manusia memang mustahil mampu menyetarakan diri dengan kenyataan yang terjadi secara nyata pada kenyataan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi