Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Bahaya Memakai Baju Baru Tanpa Mencucinya Terlebih Dahulu

Baca di App
Lihat Foto
m-imagephotography
Ilustrasi baju baru
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Membeli dan mengenakan baju baru bisa mendongkrak mood dan membuat bahagia.

Itu sebabnya, banyak orang yang tak sabar untuk langsung memakai baju yang baru saja dibelinya tanpa mencucinya terlebih dahulu.

Kebiasaan ini berlangsung dari waktu ke waktu. Selain karena tak sabar segera ingin memamerkannya ke orang lain, kebiasaan ini juga dilakukan karena baju baru memiliki aroma khas yang tak dimiliki baju yang sudah terkena sabun deterjen, dan memiliki lipatan yang sangat rapi sesuai kontur tubuh. 

Amankah kebiasaan ini? Menurut penelitian, ada beberapa risiko yang akan Anda tempuh jika memiliki kebiasaan memakai baju baru tanpa mencucinya terlebih dahulu.

Berikut risikonya, seperti dilansir dari The Spruce:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Membersihkan Lempengan Setrika Menggunakan Bahan-Bahan Alami


1. Terkena zat pewarna

Pakaian baru belum tersentuh sabun deterjen sama sekali. Karenanya, pakaian baru rawan mengandung zat pewarna yang bisa menempel pada kulit dan menimbulkan iritasi.

ISelain itu, zat pewarna khusus tekstil ini ada yang luntur dan ada yang kuat melekat tanpa luntur sedikit pun ketika terkena air.

Jika zat pewarna yang digunakan mudah luntur, maka bisa berisiko mengotori kulit jika pakaian terkena basah keringat. 

Selain itu, kebanyakan pakaian pabrikan terbuat dari kain serat sintetis seperti poliester dan akrilik, dan diwarna menggunakan zat kimia bernama azo aniline.

Zat pewarna ini bisa menimbulkan reaksi alergi pada beberapa kulit yang sensitif. Reaksi alergi yang ditimbulkan sendiri bermacam-macam. Mulai kulit kering, timbul gatal, sensasi panas, hingga ruam-ruam kemerahan.

Baca juga: Jangan Mengenakan Baju Baru Tanpa Mencucinya Terlebih Dahulu, Ini Bahayanya

2. Terpapar jamur

Pakaian baru melewati berbagai proses produksi dan penyimpanan. Bukan tak mungkin, pakaian sudah dipegang oleh puluhan tangan.

Di toko, pakaian juga dicoba oleh banyak calon pembeli. Dikenakan oleh berbagai macam jenis kulit, baik yang sehat maupun yang tengah bermasalah.

Dari semua proses ini, berbagai zat berbahaya bisa menempel dan bertahan lama di serat kain. Mulai dari bakteri, jamur, hingga serangga yang bisa menimbulkan gatal dan ruam.

Ketika Anda memutuskan untuk langsung memakai baju baru tanpa mencucinya terlebih dahulu, Anda membuka kesempatan pada jamur dan bakteri untuk berpindah dari serat kain ke permukaan kulit Anda.

Baca juga: Manfaat Lemon, Mengusir Bau dan Memutihkan Pakaian

3. Terpapar bahan kimia

Di pabrik, berbagai jenis pakaian baru juga diberi campuran berbagai bahan kimia, salah satunya adalah urea formaldehid, yang digunakan untuk mempertahankan warna dan tekstur.

Di kulit yang tak sensitif, bahan kimia ini tak akan menimbulkan reaksi apapun.

Namun di kulit sensitif, berbagai bahan kimia ini bisa menimbulkan gatal dan ruam terutama di area ketiak, leher, pinggang dan punggung.

Formaldehid sendiri dilapiskan ke serat kain untuk melindungi kain selama perjalanan dari pabrik ke supplier hingga sampai ke tangan konsumen.

Dengan lapisan ini, pakaian akan jauh dari lembab meski dimasukkan ke dalam peti kemasan yag disimpan berhari-hari dalam cuaca panas ataupun dingin. 

Itulah tiga risiko dari kebiasaan memakai baju baru tanpa mencucinya terlebih dahulu.

Jadi jika tiba-tiba Anda mengalami berbagai masalah kulit tanpa tahu apa penyebabnya, bisa saja karena Anda memiliki kebiasaan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi