Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Penumpang Ditegur karena Foto-foto di Stasiun Kroya, Ini Kata KAI

Baca di App
Lihat Foto
FACEBOOK
Tangkapan layar unggahan dari penumpang kereta api yang mengaku terkena teguran sekuriti Stasiun Kroya karena foto-foto.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengklarifikasi terkait penumpang kereta api yang mengaku mendapat teguran petugas sekuriti Stasiun Kroya disebut karena foto-foto.

Manager Humas KAI Daop 5 Purwokerto Krisbiyantoro mengatakan, petugas sekuriti telah mengetahui bahwa tidak ada larangan mengambil gambar menggunakan ponsel atau kamera.

Menurutnya, yang terjadi hanya kesalahpahaman.

Baca juga: Ramai soal Penumpang Ditegur Petugas Sekuriti Stasiun Kroya karena Foto-foto, Ini Kata KAI

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krisbiyantoro mengatakan, petugas sekuriti mengkhawatirkan penumpang tersebut tertinggal kereta. Hal itu dikarenakan penumpang hendak mengambil gambar dari depan lokomotif.

Sementara kereta hanya berhenti sebentar di Stasiun Kroya.

"Sebenarnya salah paham, maksud sekuriti adalah karena KA berhenti hanya sebentar, si penumpang hendak memfoto dari arah depan lokomotif, sama sekuriti ditanya 'bapak mau ke mana, sudah izin belum?' Sekuriti khawatir si penumpang ketinggalan KA," tuturnya, kepada Kompas.com, Minggu (9/10/2022).

"Sekuriti sudah tahu kalau foto menggunakan HP atau kamera pun tidak dilarang. Mungkin bahasa si sekuriti yang kurang pas," imbuh Krisbiyantoro.

Imbas kejadian itu, pihak KAI melakukan pembinaan terhadap petugas sekuriti tersebut.

Baca juga: Viral, Video Keributan antara Penumpang Belum Vaksin Booster dengan Petugas di Stasiun Pasar Senen, Ini Kata KAI


Ramai soal penumpang ditegur sekuriti Stasiun Kroya karena foto-foto

Sebelumnya, unggahan penumpang kereta api yang mengaku terkena teguran petugas sekuriti Stasiun Kroya karena foto-foto, ramai di media sosial.

Akun Facebook Heri Nii Sama yang membagikan unggahan tersebut pada Jumat (7/10/2022).

Dituliskan pengunggah, petugas sekuriti tersebut bilang apabila hendak mengambil gambar harus dengan izin terlebih dahulu.

Padahal, menurut pengakuan pengunggah, dia tidak melewati garis batas aman peron.

"Kena tegur security #StasiunKroya. Padahal nggak ngelewatin safety line. "Mas kalo mau foto2 harus ijin dulu ya". Masih musim nggak boleh foto2 sekejap saja sebagai penumpang yaa," tulis pengunggah.

Hingga Minggu pagi, unggahan tersebut telah disukai lebih dari 100 kali, dikomentari lebih dari 160 kali, dan dibagikan 50 kali pengguna Facebook.

Baca juga: Keamanan Data Face Recognition untuk Boarding Penumpang Kereta Diragukan, Ini Tanggapan KAI

Penjelasan pengunggah

Saat dikonfirmasi, penumpang sekaligus pengunggah yang bernama Heri ini mengatakan bahwa kejadian itu terjadi pada Jumat (7/10/2022) siang.

Heri bercerita, saat itu, kereta api Kutojaya Selatan yang ia tumpangi sedang berhenti di Stasiun Kroya untuk pengisian air toilet selama kurang lebih 15 menit.

"Sekira pukul 11.30-11.35 WIB, saya berjalan ke arah lokomotif di peron untuk foto-foto, yang kemudian dihampiri oleh salah satu sekuriti yang bertugas saat itu," ujarnya, kepada Kompas.com melalui pesan Facebook, Sabtu (8/10/2022).

"Saya tidak melihat plat name-nya, menegur saya untuk tidak foto-foto," imbuh dia.

Lantaran mendapatkan teguran, Heri memutuskan untuk masuk kembali ke dalam kereta, meski baru satu kali mengambil gambar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi