Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NASA Klaim Temukan “Bumi Super”, 2 Planet Layak Huni

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/Jurik Peter
Ilustrasi exoplanet mirip planet Bumi yang dapat dihuni.
|
Editor: Rendika Ferri Kurniawan

KOMPAS.com - Para astronom secara rutin mencari planet eksoplanet atau planet-planet yang mengorbit bintang di luar tata surya.

Menurut para astronom, terdapat planet yang disebut "Bumi Super" yang diklaim lebih layak huni daripada Bumi. Mereka menemukan lebih dari miliaran di luar sana.

Dilansir Space, 3 Oktober 2022, tim yang bekerja di Transiting Exoplanet Survey Satellite NASA menemukan beberapa planet yang sangat menarik yang mengorbit di zona layak huni bintang induknya.

Terdapat dua planet yang diklaim layak huni oleh NASA. Planet pertama 30 persen lebih besar dari bumi dan mengorbit bintangnya dalam waktu kurang dari tiga hari.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Planet kedua lebih besar 70 persen daripada bumi dan mungkin menjadi tuan rumah laut dalam.

Kedua eksoplanet ini adalah Bumi Super yang lebih besar dari bumi, tapi lebih kecil dari planet es raksasa seperti Uranus dan Neptunus.

Penelitian menunjukkan, peluang terbaik yang dimiliki para astronom untuk menemukan kehidupan di planet lain kemungkinan besar berada di Bumi Super seperti yang ditemukan baru-baru ini.

Baca juga: 2 Planet Bumi Super Ditemukan Astronom Mengorbit Bintangnya, Berpotensi Layak Huni?

Lokasi "Bumi Super"

Dilansir dari NASA, 4 Oktober 2022, kedua planet ditemukan mengorbit bintang kerdil merah yang relatif dingin, yakni LP 890-9, sekitar 98 tahun cahaya.

Planet bagian dalam yang besarnya 30 persen lebih besar daripada bumi ditemukan menggunakan Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS). Perkiraan suhunya 253 derajat Fahrenheit (123 Celcius).

Planet kedua memiliki suhu sekitar 30 Fahrenheit (minus 1,1 Celcius). Planet ini terdeteksi menggunakan survei teleskop berbasis darat Search for Habitable Planets Eclipsing Ultra-cool Stars (SPECULOOS).

Pengamatan tidak hanya untuk mengkonfirmasi keberadaan planet terdalam, tetapi secara tak terduga menemukan planet kedua dalam sistem.

Tim peneliti mengatakan planet baru ini sangat menjanjikan untuk studi atmosfer yang potensial.

Masih dari Space, kebanyakan Bumi Super mengorbit bintang kerdil dingin yang massanya lebih rendah dan hidup lebih lama daripada matahari.

Ada ratusan bintang katai dingin untuk setiap bintang seperti Matahari. Para ilmuwan telah menemukan Bumi Super mengorbit 40 persen dari bintang katai dingin.

Dengan menggunakan angka itu, para astronom memperkirakan ada puluhan miliar Bumi Super di zona layak huni di mana air cair bisa eksis.

Baca juga: Pesawat Ruang Angkasa NASA Tabrak Asteroid, Apa Tujuannya?

Pencarian akan Bumi Super

Berdasarkan proyeksi saat ini, sekitar sepertiga dari semua planet ekstrasurya/exoplanet adalah Bumi Super.

Adapun yang terdekat hanya berjarak 6 tahun cahaya dari bumi.

Alasan lain mengapa Bumi super adalah target ideal dalam pencarian kehidupan adalah karena mereka lebih mudah dideteksi dan dipelajari daripada planet seukuran Bumi.

Ada dua metode yang digunakan para astronom untuk mendeteksi eksoplanet.

Pertama, mencari efek gravitasi sebuah planet pada bintang induknya dan yang kedua mencari peredupan singkat cahaya bintang saat planet lewat di depannya.

Kedua metode deteksi ini lebih mudah dengan planet yang lebih besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi