Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Cuci Tangan Sedunia 15 Oktober 2022: Tema, Logo, dan Sejarahnya

Baca di App
Lihat Foto
PIXABAY
Ilustrasi kebiasaan bersih dan sehat.
|
Editor: Rendika Ferri Kurniawan

KOMPAS.com - Hari ini, tanggal 15 Oktober 2022 diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia atau Global Handwashing Day 2022.

Peringatan ini bertujuan untuk mendorong masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan mencuci tangan memakai sabun. 

Mencuci tangan adalah langkah sederhana untuk menjaga kesehatan dari infeksi kuman dan penyakit.

Terlebih di saat pandemi Covid-19 menerjang, langkah tersebut menjadi salah satu langkah preventif dan efektif mencegah penularan, selain memakai masker dan menjaga jarak.

Bagaimana sejarah Hari Cuci Tangan Sedunia?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

 Baca juga: Sejarah 15 Oktober Jadi Hari Cuci Tangan Sedunia

Sejarah Hari Cuci Tangan Sedunia

Dikutip dari globalhandwashing.org, Hari Cuci Tangan Sedunia adalah hari advokasi global tahunan yang didedikasikan untuk mengadvokasi cuci tangan dengan sabun sebagai cara yang mudah, efektif, dan terjangkau untuk mencegah penyakit dan menyelamatkan nyawa.

Hari Cuci Tangan Sedunia didirikan oleh Global Handwashing Partnership untuk membuat cara-cara kreatif mendorong orang mencuci tangan dengan sabun.

Hari Cuci Tangan Sedunia diperingati setiap tanggal 15 Oktober.

Hari Cuci Tangan Sedunia pertama diadakan pada 2008, ketika lebih dari 120 juta anak di seluruh dunia mencuci tangan dengan sabun di lebih dari 70 negara.

Sejak 2008, tokoh masyarakat dan nasional telah menggunakan Hari Cuci Tangan Sedunia untuk mempromosikan mencuci tangan, membangun wastafel dan keran air, dan menunjukkan kesederhanaan dan nilai tangan bersih.

Dilansir dari Kompas.com, Hari Cuci Tangan Sedunia pertama kali dirayakan pada Oktober 2008 di Stockholm, Swedia oleh kemitraan Cuci Tangan Global.

Di tahun tersebut juga merupakan tahun sanitasi internasional. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pun kemudian mengumumkan 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia.

Sejak saat itu, Hari Cuci Tangan Sedunia terus berkembang dan didukung oleh pemerintah, sekolah, lembaga internasional, organisasi masyarakat sipil, LSM, perusahaan swasta, individu, dan banyak lagi.

Baca juga: Hari Cuci Tangan Sedunia 15 Oktober 2021, Berikut Tema dan Sejarahnya

Tema Hari Cuci Tangan Sedunia 2022

Tema Hari Cuci Tangan Sedunia 2022 adalah “Bersatu untuk Kebersihan Tangan Universal”.

Tema tahun ini menyerukan kepada pemerintah, institusi, hingga masyarakat untuk bersatu dalam tindakan untuk mencapai tujuan kebersihan tangan untuk semua.

 

 

Logo Hari Cuci Tangan Sedunia 2022 melambangkan air, sabun, dan tangan yang dimaknai sebagai mencuci tangan menggunakan sabun.

Ilustrasi ketiganya yang bergandengan tangan menyiratkan tema tahun ini yang berarti bersatu untuk kebersihan tangan universal.

Logo dapat diunduh di tautan ini.

Baca juga: Hindari Cuci Tangan dengan Air Kobokan, Berikut Alasannya

Cara mencuci tangan yang benar

Sepanjang hari tangan kita menyentuh banyak permukaan benda yang membuat kita berisiko terpapar banyak kuman dan virus, termasuk virus corona.

Begitu jari kita menyentuh kuman yang tidak terlihat, kuman itu dapat berpindah ke tubuh kita melalui hidung, mulut, dan bahkan dengan menggosok di dekat mata kita.

Beberapa kesalahan dalam mencuci tangan adalah tidak menggunakan sabun, tidak mencuci cukup lama, hingga tidak membilas tangan.

Berikut cara mencuci tangan dengan benar:

  1. Basahi tangan dengan air bersih yang mengalir (hangat atau dingin), matikan keran, dan gunakan sabun
  2. Gosok tangan dengan sabun. Gosok bagian punggung tangan, sela-sela jari, dan di ujung kuku
  3. Gosok tangan setidaknya selama 20 detik. Cara termudah mengukur waktu tanpa repot menghitung adalah dengan menyanyikan lagu "Selamat Ulang Tahun" dari awal hingga akhir dua kali.
  4. Bilas tangan dengan baik di bawah air bersih yang mengalir.
  5. Keringkan tangan menggunakan handuk bersih atau keringkan dengan udara.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi