Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Mencuci Handuk Putih Bebas Dekil Tanpa Pemutih

Baca di App
Lihat Foto
PIXABAY/TESAPHOTOGRAPHY
Ilustrasi handuk.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Handuk merupakan benda yang ada di rumah dan sering digunakan setiap harinya. Sebab Anda bisa menggunakan handuk setiap mandi dua kali sehari. 

Handuk bisa terdiri dari beberapa warna. Seseorang kadang menghindari membeli handuk warna putih sebab apabila sering digunakan kerap menjadi kusam seiring waktu.

Apabila Anda memiliki handuk putih, mungkin akan menggunakan pemutih untuk mencucinya agar tetap tampak putih dan kinclong. 

Namun pemutih adalah bahan kimia kuat yang dapat merusak pakaian Anda dan meningkatkan risiko masalah medis.

Lalu, bagaimana mencuci handuk putih agar tetap tampak kinclong tanpa pemutih? 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak berikut ini cara mencuci handuk putih dengan bahan-bahan alami agar handuk tidak kelihatan dekil.  

Baca juga: 6 Cara Mencuci Handuk agar Tetap Lembut

Cara mencuci handuk putih

Mengutip Enchante Home, berikut ini sejumlah cara dan bahan yang digunakan untuk mencuci handuk putih tanpa pemutih. 

1. Tambahkan sedikit lemon

Buah lemon secara alami bersifat asam dan bertindak sebagai penghilang noda yang sangat baik. Menurut Martha Stewart, sedikit jus lemon sangat membantu untuk pakaian yang tampak lebih cerah dan lebih segar.

Alih-alih menambahkan pemutih ke cucian Anda, cukup gunakan 1/4 hingga 1/2 cangkir lemon. Jika pakaian Anda terlihat sedikit kusam, rendam dalam air panas dengan perasan lemon selama satu jam sebelum mencucinya.

Baca juga: 4 Penyebab Handuk Berubah Warna

2. Cuka putih

Cuka putih adalah produk rumah tangga lain yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan handuk kembali putih. Ini tidak beracun dan bertindak sebagai pemutih alami untuk pakaian.

Cuka putih memiliki jumlah tingkat keasaman yang sempurna. Ini tidak cukup kuat untuk merusak atau merusak pakaian Anda, tetapi asam asetat dalam cuka putih suling melarutkan residu dan menciptakan pakaian yang lebih cerah.

Untuk kulit putih yang lebih putih, tambahkan setengah cangkir cuka putih ke dalam dispenser pelembut kain mesin cuci Anda. Anda juga dapat menambahkan cuka di awal siklus bilas cucian Anda. Kedua opsi menghasilkan kain putih yang terlihat baru.

Sebagai bonus, cuka putih juga merupakan metode yang aman untuk mencerahkan pakaian katun abu-abu. Untuk artikel pakaian ini, rebus satu cangkir cuka putih suling dengan pakaian abu-abu Anda. Biarkan mereka berendam semalaman lalu buang ke cucian seperti biasa.

3. Sinar Matahari

Alih-alih mengeringkan pakaian putih Anda dengan panas tinggi, biarkan matahari secara alami mengeringkan dan mencerahkan pakaian Anda.

Sinar matahari bertindak sebagai pemutih alami untuk pakaian. Saat pakaian Anda menyerap sinar matahari, pakaian akan mengering dan menjadi cerah.

Plus, matahari memastikan pakaian Anda berbau segar dan cepat kering.

Saat menjemur handuk putih, taruhlah di posisi yang memungkinkannya mendapat sinar matahari langsung selama beberapa jam.

Jika sudah kering, segera ambil handuk tersebut. Sebab, handuk yang terlalu lama terkena sinar matahari dapat rusak.

Baca juga: Penyebab Handuk Bau dan Cara Mengatasinya

 

4. Baking soda

Soda kue adalah bahan rumah tangga lain yang bekerja sangat baik pada pakaian putih. Ini menghilangkan noda yang sulit, dan scrub soda kue membuat kulit putih tampak cerah.

Ambil satu galon air dan campurkan satu cangkir soda kue ke dalamnya. Tambahkan pakaian putih Anda dan biarkan meresap. Jalankan pakaian putih Anda di binatu seperti biasa.

Setelah menggunakan soda kue, Anda akan melihat cucian yang lebih putih, lebih cerah, dan berbau segar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi