Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Yandex, Mesin Pencarian Asal Rusia yang Menyaingi Google

Baca di App
Lihat Foto
screenshoot
Yandex
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Yandex adalah mesin pencari atau browser berasal dari Rusia yang disebut-sebut menyaingi Google. 

Yandex adalah mesin pencari yang awalnya dimulai dalam bahasa Rusia di yandex.ru, tetapi sekarang memiliki versi bahasa Inggris global di yandex.com .

Yandex adalah mesin pencari terbesar di Rusia. Menurut Statcounter, mereka memiliki 48,79 persen pangsa pasar di Rusia pada Juli 2019, mengalahkan Google dengan 47,88 persen.

Namun tak hanya sebagai mesin pencarian, Yandex juga perusahaan teknologi terbesar di Rusia dan menawarkan berbagai jenis produk dan layanan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mereka terkenal karena memiliki mesin pencari terbesar di Rusia, tetapi mereka juga terlibat dalam banyak hal lain yang berkaitan dengan teknologi dan internet, termasuk di antaranya:

Baca juga: Sejarah Vespa, dari Produsen Pesawat Tempur hingga Bikin Skuter

Apa itu Yandex, dan bagaimana sejarahnya? 

Dikutip dari searchfacts, Yandex didirikan pada tahun 1997 oleh Arkady Volozh (CEO saat ini), Arkady Borkovsky dan Ilya Segalovich. Nama Yandex berasal dari frasa “Yet Another iNDEXer.”

Perusahaan melakukan IPO pada tahun 2011 dan sekarang diperdagangkan secara publik di NASDAQ di AS, dengan simbol ticker YNDX .

Saat ini mereka memiliki kapitalisasi pasar sebesar 12 miliar Dollar AS. 

Pada tahun 2018, Yandex memiliki pendapatan global sebesar 1,85 miliar Dollar AS, meningkat 13,52 persen dibandingkan tahun 2017.

Saat ini, Yandex adalah perusahaan internet dan teknologi Rusia yang mengoperasikan mesin pencari paling populer di Rusia. Ini juga menawarkan berbagai produk dan layanan terkait internet lainnya.

Mesin pencari Yandex

Fungsi Yandex sebagian besar seperti mesin pencari populer lainnya.

Saat Anda mengetik frasa pencarian, tekan enter dan kemudian Anda melihat halaman hasil pencarian dengan banyak tautan biru, URL, dan deskripsi.

Bergantung pada kueri penelusuran, Anda juga dapat melihat gambar, video, dan jenis hasil penelusuran lainnya.

Dalam sebuah wawancara dengan tim pencari Yandex di Search Engine Journal, mereka mengatakan bahwa pencarian suara saat ini menyumbang sekitar 20 persen dari pencarian.

Baca juga: Jadi Google Doodle Hari Ini, Siapa Raja Ali Haji bin Raja Haji Ahmad?

Pangsa pasar pencarian Yandex

Seperti disebutkan di atas, Yandex adalah mesin pencari paling populer di Rusia dengan pangsa pasar 48,79 persen, dibandingkan dengan 47,88 persen Google.

Perlu diingat bahwa angka ini bervariasi berdasarkan sumbernya. Beberapa sumber memiliki pangsa pasar Yandex lebih dari 50 persen, dan kebanyakan dari mereka setuju bahwa Yandex lebih populer daripada Google di Rusia.

Menurut Similarweb, Yandex.ru juga merupakan satu-satunya situs web yang paling banyak dikunjungi di Rusia.

Namun, Yandex juga sangat populer di banyak negara lain selain Rusia.

Ini mencakup banyak negara di Persemakmuran Negara-Negara Merdeka , sebuah organisasi dari banyak negara yang dulunya merupakan bagian dari Uni Soviet.

Berikut pangsa pasar Yandex di beberapa negara ( Statcounter , Juli 2019):

Baca juga: Sejarah Kutang di Indonesia Berawal dari Proyek Jalan Anyer-Panarukan

Di semua negara di atas selain Rusia, Yandex adalah mesin pencari terpopuler kedua setelah Google.

Pangsa pasar yang tinggi mungkin hanya mencerminkan sejumlah besar orang berbahasa Rusia yang tinggal atau bepergian di negara-negara ini.

Menariknya, Yandex telah dilarang di Ukraina sejak 2017, tetapi banyak orang menggunakan VPN untuk melewati batasan agar dapat menggunakannya.

Yandex masih merupakan mesin pencari yang relatif kecil dalam skala global dengan pangsa pasar 0,55 persen .

Itu menjadikannya mesin pencari terbesar ke-5 di dunia setelah Google, Bing, Yahoo, dan Baidu. Pangsa pasar global Yandex mirip dengan DuckDuckGo yang berada di peringkat ke-6 dengan pangsa pasar 0,54 persen.

Bagaimana Yandex lebih populer daripada Google di Rusia

Rusia adalah salah satu dari sedikit negara di mana Google bukan mesin pencari paling populer.

Berikut beberapa keunggulan yang bisa menjelaskan mengapa Yandex lebih populer daripada Google di Rusia.

1. Dirancang untuk bahasa Rusia

Bahasa Rusia sangat berbeda dengan bahasa Inggris. Bahkan alfabetnya pun berbeda.

Dalam bahasa Rusia, setiap kata dapat memiliki hingga 20 infleksi yang berbeda dan kata benda memiliki hingga 3 jenis kelamin yang berbeda, yang juga mempengaruhi kata lain dalam sebuah kalimat. Hal ini membuat tata bahasa Rusia menjadi sangat rumit.

Karena Yandex dirancang khusus untuk bahasa Rusia, Yandex memberikan keuntungan yang signifikan dalam menafsirkan arti dan konteks yang berbeda dari kueri penelusuran dalam bahasa Rusia.

2. Portal dan ekosistem

Halaman beranda Yandex.ru lebih dari sekadar kotak pencarian.

Ini juga merupakan portal web yang menyediakan berita, prakiraan cuaca, dan akses cepat ke layanan Yandex lainnya seperti surat dan peta. Ini berarti bahwa orang pergi ke situs untuk tujuan yang lebih daripada untuk mencari web.

Selain itu, semua produk dan layanan Yandex digabungkan untuk membuat ekosistem yang terintegrasi dengan baik. Tidak ada banyak alasan untuk menggunakan layanan Google jika Anda memiliki layanan efektif yang dioptimalkan untuk bahasa Rusia.

3. Android memberi pengguna opsi untuk memilih Yandex

Dalam penyelesaian pada tahun 2017, Google setuju untuk berhenti menjadikan pencarian Google sebagai mesin pencari default di Android di Rusia.

Sebagai gantinya, mereka sekarang memberi pengguna opsi untuk memilih mesin telusur default mereka saat menyiapkan perangkat Android mereka.

Perubahan ini menyebabkan pertumbuhan pesat dalam pangsa pasar Yandex karena banyak pengguna Rusia mulai memilihnya daripada Google.

4. Banyak orang Rusia tidak mempercayai perusahaan Amerika

Beberapa orang Rusia mungkin lebih memilih Yandex karena mereka sama sekali tidak mempercayai perusahaan Amerika. Orang lain mungkin memilihnya untuk mendukung perusahaan Rusia daripada perusahaan asing.

Intinya: Yandex mungkin lebih baik dalam memahami permintaan pencarian Rusia, dan menawarkan ekosistem layanan yang lengkap. Pengguna Android juga memiliki opsi untuk memilihnya daripada Google saat menyiapkan perangkat mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi