Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan
Bergabung sejak: 24 Mar 2020

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Teka-teki "Angkamologis" Agak Mudah

Baca di App
Lihat Foto
Thinkstock
Ilustrasi angka
Editor: Egidius Patnistik

SADAR bahwa Anda mungkin sudah cukup jengkel menghadapi gejala rupiah terus-menerus merosot terhadap dolar Amerika Serikat (AS), atau nominal kenaikan harga barang-barang jauh melebihi kenaikan gaji, atau perilaku para buzzer maju tak gentar membela yang bayar untuk menghujat yang tidak bayar, maka kali ini saya tidak ingin bikin Anda lebih jengkel.

Kali ini saya hanya ingin sajikan beberapa teka-teki angkamologis yang agak mudah. Bahkan sedemikian agak mudah sehingga jawaban-jawabannya tidak saya berikan. Pasti anda tahu jawaban-jawabannya.

Baca juga: Lanjut Menelusuri Keajaiban Angka 1089

Jika saya beri jawaban-jawabannya, pasti Anda merasa terhina karena saya anggap Anda sedemikian bodoh sehingga tidak tahu jawaban-jawaban atas teka-teki angkamologis agak mudah ini.

Teka-teki sangat agak mudah pertama adalah tentang apa lanjutan dari sekuens deret angka: 12,1,1,1,2,1,....

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teka-teki ke dua lebih agak mudah dari sangat mudah karena hanya tentang arloji Anda rusak, maka setiap jam terlambat 36 menit. Tepat sejam yang lalu arloji Anda mati dan jarum arloji menunjuk waktu jam delapan lewat 24 menit.

Kebetulan Anda tahu bahwa arloji Anda menunjuk waktu yang tepat pada jam dua siang hari. Jam berapa sekarang?

Teka-teki ke tiga sangat mudah sebab terkait dengan World Cup 2022 di Qatar, di mana ternyata dalam 31 pertandingan sistem knock-out, yang kalah langsung tidak boleh bertanding lagi. Dengan demikian, World Cup sudah selesai. Berapa peserta World Cup 2022 tersebut?

Teka-teki ke empat sulit-sulit agak mudah atau mudah-mudah agak sulit, sebab terkait dengan satwa sekaligus aljabar.  Diketahui bahwa di sebuah kebun binatang hanya punya koleksi dua jenis satwa, yaitu gajah dan burung unta.

Ketika dihitung ternyata ada 58 mata dan 84 kaki. Berapa ekor gajah dan berapa ekor burung unta berada di kebon binatang tersebut?

Teka-teki ke lima agak mengerikan sebab terkait dengan virus corona. Rumusan soalnya begini: yang tampak pada mikroskop nuklir adalah kemampuan memecah-belah diri virus corona di dalam sebuah bejana.

Virus itu menjadi dua dalam waktu setiap menit dan terus berkembang dua kali lipat yang sama setiap menit selanjutnya, sehingga bejana tersebut menjadi penuh pada pukul 12.00 tengah hari.

Pertanyaanya, pada pukul berapa jumlah virus corona memenuhi separuh bejana tersebut?

Teka-teki terakhir berikut ini agak sulit sebab terkait genetika, yaitu dua anak lelaki dilahirkan oleh seorang ibu yang sama, pada jam yang sama, pada hari yang sama, pada tahun yang sama. Namun kedua anak itu bukan kembar dua. Kok bisa begitu?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi