Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Rebusan Daun yang Berkhasiat Menurunkan Kadar Gula Darah, Apa Saja?

Baca di App
Lihat Foto
PIXABAY/SVIBHANDIK
Air rebusan daun kelor untuk gula darah.
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Cara menurunkan kadar gula darah dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti diet, berolahraga, hingga mengonsumsi ramuan dari tanaman herbal.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa tanaman yang berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Bagian tanaman yang biasanya diambil untuk menurunkan kadar gula darah adalah daunnya. Daun itu kemudian direbus dengan air sebelum akhirnya dikonsumsi.

Akan tetapi, konsumsi air rebusan daun yang berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah ini perlu didampingi dengan pengobatan lainnya.

Baca juga: 8 Macam Buah yang Bisa Menurunkan Lemak Perut, Apa Saja?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantas, air rebusan daun apa saja yang bisa membantu menurunkan dan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh?

Air rebusan daun untuk turunkan gula darah

Menurut Medical News Today, tanaman herbal hingga suplemen tidak dapat menyembuhkan diabetes dan tidak bisa dijadikan satu-satunya obat diabetes.

Namun, di beberapa kasus, mengonsumsi tanaman herbal, seperti air rebusan daun, bisa meredakan gejala diabetes dan mengurangi risiko komplikasi.

Berikut sederet air rebusan daun yang bisa menurunkan gula darah dalam tubuh:

1. Air rebusan daun mangga

Salah satu daun yang bisa mengontrol dan menurunkan kadar gula darah adalah daun mangga.

Dilansir dari Kontan, konsultan endokrinologi Rumahsakit Aster CMI, India Dr Mahesh mengatakan bahwa kandungan daun mangga dapat mengurangi metabolisme karbohidrat dan membantu menurunkan gula darah.

"Ekstrak daun mangga (mangiferin) memiliki kemampuan untuk menghambat enzim alfa glukosidase, yang membantu mengurangi metabolisme karbohidrat di usus, dan karenanya menurunkan kadar glukosa darah," kata dia.

Selain itu, daun mangga juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi insulin dan distribusi glukosa. Bahkan, daun ini sarat dengan pektin, vitamin C, dan serat.

Anda bisa merebus daun mangga selama 15 menit, kemudian menyaringnya sebelum dikonsumsi.

Baca juga: 5 Manfaat Daun Kumis Kucing, Atasi Masalah Ginjal hingga Gula Darah


2. Air rebusan daun kersen

Dikutip dari KompasTV, minum air rebusan daun kersen juga bermanfaat bagi penderita diabetes, terutama untuk mencegah kenaikan gula darah dalam tubuh.

Daun satu ini mengandung nutrisi yang berguna bagi tubuh, seperti air, karbohidrat, lemak, protein, serat, zat besi, karoten, niacin, hingga fosfor.

Senyawa seperti flavonoid dan saponin berfungsi sebagai antioksidan yang mendorong sekresi hormon insulin. Selain itu, kandungan nitric oxide juga berguna untuk melancarkan peredaran darah.

Anda bisa merebus 100 gram daun kresen dengan 1 liter air hingga menyisakan 500 ml air. Air rebusan ini dapat dikonsumsi dua kali dalam sehari setiap pagi dan malam hari.

Baca juga: 10 Cara Alami Menurunkan Gula Darah Tinggi

3. Air rebusan daun salam

Penelitian yang dilakukan oleh Rizki Pratama, Ni Suliani, dan Diah Prasetia (2020) menunjukkan bahwa air rebusan daun salam dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes mellitus.

Dalam studi tersebut, dijelaskan bahwa penderita diabetes tipe 2 menunjukkan adanya penurunan kadar glukosa darah setelah diberikan air rebusan daun salam.

Pengukuran kadar gula darah dilakukan dengan menggunakan alat Easy Touch.

Konsumsi air rebusan daun salam bermanfaat untuk peluruh kencing (dieuretik) sehingga mampu memperbanyak produksi urin dan dapat menurunkan kadar gula darah.

Baca juga: Tak Perlu Obat, Ini Kebiasaan yang Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah di Pagi Hari

4. Air rebusan daun kelor

Dilansir dari Kompas.com, Jumat (11/11/2022), daun kelor bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kelor bisa menurunkan gula darah agar tetap berada dalam batas sehat.

Tanaman ini juga meningkatkan efektivitas kerja hormon insulin sehingga membantu mencegah terjadinya resistensi insulin dan diabetes.

Anda bisa merebus 300 mg daun kelor ke dalam 3 gelas air. Kemudian, minum air rebusan tersebut selagi hangat secara sekaligus (dihabiskan langsung dalam 1 gelas).

Anda bisa meminum air rebusan daun kelor sebanyak 1 kali per hari.

Baca juga: 10 Manfaat Jalan Kaki, Bisa Turunkan Kalori hingga Gula Darah

5. Air rebusan daun kumis kucing

Tanaman kumis kucing yang dikombinasikan dengan daun sambiloto berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah.

Dilansir dari Kompas.com, Sabtu (12/11/2022), penelitian menunjukkan bahwa ramuan daun kumis kucing secara signifikan menurunkan gula darah serta meningkatkan leptin dan HDL atau kolesterol baik.

Anda bisa mengolah ramuan herbal ini dengan cara merebusnya. Caranya, siapkan daun daun kumis kucing, daun sambiloto, brotowali, dan air.

Kemudian, cuci hingga bersih dan rebus sampai mendidih. Anda bisa mengonsumsinya sebanyak dua kali sehari dengan takaran satu gelas.

Baca juga: 5 Manfaat Daun Kumis Kucing, Atasi Masalah Ginjal hingga Gula Darah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi