Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Siniar KG Media
Bergabung sejak: 15 Okt 2021

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Tips Memilih Kos yang Nyaman agar Lebih Betah

Baca di App
Lihat Foto
Freepik/gpointstudio
Sebelum memilih kos, kita harus mempertimbangkan beberapa hal.
Editor: Yohanes Enggar Harususilo

Oleh: Inge Shafa Sekarningrum dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Memilih kos yang tepat terkadang menjadi tantangan tersendiri untuk sebagian orang. Wajar jika seseorang menjadi sangat selektif karena kos akan menjadi rumah kedua bagi mereka yang memutuskan untuk merantau atau tinggal jauh dari rumah.

Kos harus benar-benar dipilih dengan tepat agar kita juga merasa aman dan nyaman tinggal di sana. Kos yang tidak nyaman akan membuat penghuninya sering pindah dan hal itu akan sangat merepotkan.

Suka duka tentang anak kos juga diceritakan oleh Banni dan Anya dalam siniar Kosan HAI episode “Derita Anak Kos-Kosan” yang dapat diakses melalui dik.si/KosanHAIE7.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak hanya tentang kenyaman pada bangunan dan lokasi, tetapi juga pemilik dan tetangga sebelah kamar dapat mempengaruhi kenyamanan.

Untuk itu, merangkum dari Kompas.com, kamu dapat memperhatikan tips-tips berikut agar kamu betah tinggal di kos.

1. Memperhatikan Dana

Hal paling pertama yang harus kamu pertimbangkan sebelum memilih kos adalah memperhatikan dana. Kamu harus tahu biaya kos tersebut dengan dana yang kamu punya.

Kamu juga harus menentukan sewa yang dipilih. Harian, bulanan, hingga tahunan. Tak hanya itu, kos tersedia dari harga sewa bulanan ratusan ribu hingga jutaan.

Baca juga: Pentingkah Edukasi Seks pada Remaja?

Menentukan dan atau anggaran akan membantu kamu terhindar dari masalah yang tidak diinginkan, seperti tiba-tiba memutuskan untuk pindah, pengaturan keuangan bulanan, dan lain sebagainya.

Jika belum yakin, kamu bisa memilih sewa bulanan agar sewaktu-waktu dapat pindah setelah masa sewa habis jika dirasa kurang aman dan nyaman.

2. Pertimbangkan Jarak Kos

Hal selanjutnya yang harus dipertimbangkan adalah jarak kos dengan lokasi kerja dan kampus. Seringnya, jarak yang jauh akan menambah biaya baru untuk transportasi.

Maka dari itu, pilihlah tempat kos yang dekat dengan kantor atau kampus. Terlebih jika kamu bisa menempuhnya dengan jalan kaki saja, tentu uang yang dikeluarkan untuk tiap bulannya tidak terlalu banyak.

Apabila kamu memilih kos yang jauh dari tempat kerja dan kampus dikarenakan kos tersebut lebih murah, kamu bisa mencari informasi transportasi yang mudah dan terjangkau. Karena kamu akan memerlukannya untuk berangkat kerja atau kuliah setiap harinya.

3. Pertimbangkan Keadaan Kos

Sebagian besar aktivitas kamu akan berlangsung di kamar kos, jadi sebaiknya kamu melihat kondisi kamar kos terlebih dahulu. Periksa apakah pencahayaan sudah memadai dan jaga agar ruangan tetap lembab.

Ventilasi di kamar juga harus diperhatikan. Jika ada jendela di dalam ruangan, ruangan akan cukup terang, dan kamu juga bisa menghemat listrik karena ada pencahayaan alami.

4. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Selain ruangan yang nyaman, kamu juga dapat memperhatikan kebutuhan apa yang akan kamu perlukan saat tinggal di kos.

Tak hanya dari kamar, tetapi juga fasilitas lainnya seperti AC, kipas angin, internet, dan internet WiFi. Ada juga kos yang menyediakan kamar mandi dalam untuk memudahkan agar tidak berebut kamar mandi dengan penghuni lainnya.

Tentu saja, semakin lengkap fasilitas, semakin besar pula biaya sewanya. Untuk itu, sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

5. Melihat Kondisi Lingkungan Sekitar Kos

Untuk melihat lingkungan kos yang aman dan nyaman, kamu dapat melakukan survey terlebih dahulu.

Baca juga: Baik untuk Kesehatan Mental, Ini 3 Manfaat Memiliki Koleksi

Lihat lingkungannya, apakah dekat dengan warung, minimarket, apotek, jalan raya, dan apakah lokasinya strategis. Kamu juga bisa mencari tahu tentang ketua RT dan RW jika sewaktu-waktu kamu memerlukannya.

6. Bertanya Tentang Aturan di Kos

Setiap kos memiliki aturan yang wajib dipatuhi setiap penghuninya. Untuk itu, penting tahu aturan apa yang ditetapkan oleh pemilik agar kamu terhindar dari denda atau hal yang tidak diinginkan. Selain itu, kamu juga harus tahu tentang pembayaran listrik dan airnya.

Dengarkan obrolan seru Banni dan Anya dalam siniar Kosan HAI episode “Derita Anak Kos-Kosan” di Spotify. Jangan lupa ikuti siniarnya juga agar kamu tidak teringgal episode terbarunya dengan mengakses tautan berikut ini dik.si/KosanHAIE7.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi