Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Tanaman Herbal untuk Menurunkan Berat Badan, dari Rosemary hingga Kunyit

Baca di App
Lihat Foto
Freepik/jigsawstocker
Ilustrasi kunyit
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan melakukan perubahan gaya hidup, mulai dari pemilihan asupan makanan hingga kebiasaan olahraga.

Dilansir dari National Library of Medicine, penelitian berjudul "Using Herbal Remedies to Maintain Optimal Weight" menunjukkan bahwa tanaman herbal dapat membantu menurunkan berat badan.

Ramuan hasil kombinasi tanaman herbal dapat menghilangkan lemak berlebih dan melengkapi program diet serta olah raga dalam rangka menurunkan berat badan.

Ramuan herbal ini akan membantu menurunkan berat badan melalui modifikasi stres, meningkatkan fungsi lambung, dan eliminasi yang sehat, serta meningkatkan metabolisme normal.

Lantas, apa saja tanaman herbal yang mampu menurunkan berat badan?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Waktu Makan Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan secara Cepat


Tanaman penurun berat badan

Berikut beberapa jenis rempah herbal yang bisa digunakan sebagai bahan ramuan menurunkan berat badan:

1. Kunyit

Rempah herbal berwarna kuning cerah ini dapat membantu membakar lemak dalam tubuh. Hal itu sebagaimana temuan studi dari Universitas Tufts pada 2009.

Dalam temuan itu disebutkan bahwa tikus yang diberi kurkumin, bahan aktif dalam kunyit, kehilangan lebih banyak lemak daripada mereka yang menjalani diet tanpa kurkumin.

Dilansir dari Prevention, kunyit mampu meningkatkan panas tubuh dan melancarkan metabolisme.

2. Kayu manis

Bumbu dapur yang bisa menjadi bahan untuk menurunkan berat badan adalah kayu manis. Rempah satu ini terbukti menyeimbangkan gula darah sehingga membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Anda bisa menambahkan tanaman rempah ini ke dalam menu makanan Anda, misalnya ke dalam oatmeal, atau yogurt tawar.

Bahkan, Anda juga bisa membuat ramuan dari kayu manis yang dipadukan dengan teh.

Baca juga: Jenis Olahraga yang Efektif Menurunkan Berat Badan Menurut Sains

3. Jahe

Sama seperti kayu manis, jahe membantu mengontrol gula darah yang artinya dapat membantu mencegah lonjakan kadar glukosa setelah mengonsumsi makanan kaya gula atau karbohidrat.

Tanaman rempah satu ini memiliki sifat membakar lemak.

Ahli nutrisi Barbara Mendez di New York City menyarankan untuk menambahkan jahe ke dalam masakan, seperti tumisan atau ke dalam ramuan berupa teh.

4. Cabai rawit

Banyak orang percaya bahwa makan makanan pedas mampu menurunkan berat badan.

Faktanya, menambahkan cabai rawit dalam makanan memang bisa membantu membakar hingga 100 kalori per porsi.

5. Jinten

Jinten merupakan biji tanaman yang bermanfaat sebagai bumbu masakan.

Penelitian menunjukkan bahwa hanya dengan menambahkan satu sendok teh jinten ke dalam makanan Anda setiap harinya, dapat membantu membakar lemak tubuh hingga tiga kali lebih banyak.

Baca juga: 4 Kebiasaan Makan yang Dapat Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

6. Bawang putih

Tanaman herbal lainnya yang mampu menurunkan berat badan adalah bawang putih.

Sebuah penelitian menemukan bahwa tikus yang diet dengan bawang putih kehilangan lebih banyak berat badan dalam 7 minggu dibandingkan tikus yang diet tanpa mengonsumsi bawang putih.

Namun, masih diperlukan studi lebih lanjut untuk memastikan manfaat bawang putih bagi manusia terutama untuk menurunkan berat badan.

7. Lada hitam

Tanaman lada hitam menawarkan banyak khasiat untuk membakar lemak. Rempah satu ini juga telah terbukti memblokir pembentukan sel lemak baru yang dapat mencegah penambahan berat badan.

8. Kapulaga

Kapulaga adalah salah satu dari rempah-rempah termogenik, artinya dapat membantu meningkatkan suhu tubuh dan metabolisme.

Rempah satu ini kerap ditemukan dalam masakan India. Anda dapat mencoba menambahkan bumbu ini ke makanan yang dipanggang, seperti daging.

Baca juga: Cara Mengatasi Perut Buncit dan Menurunkan Berat Badan

9. Dandelion

Tanaman dandelion kerap disangka sebagai gulma. Padahal, tanaman ini populer di kalangan koki dan juru masak sebagai cara bergizi untuk menambah rasa pada makanan dan minuman.

Ternyata, dandelion juga memiliki beberapa manfaat untuk menurunkan berat badan, membantu mengurangi kembung, dan meningkatkan asupan vitamin seperti A, C, dan E.

10. Pepermin

Dikutip dari Times of Indian, pepermin memiliki khasiat untuk menekan nafsu makan.

Akibatnya, Anda akan merasa kenyang lebih lama sehingga lebih sedikit kalori yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini tentu saja dapat membantu menurunkan berat badan.

11. Oregano

Studi menemukan bahwa oregano Meksiko sangat bagus untuk mengelola diabetes, khususnya dalam mengatur gula yang berpengaruh terhadap penurunan berat badan.

Baca juga: 9 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Menurut Rekomendasi Ahli

12. Rosemary

Tanaman satu ini kerap digunakan sebagai ramuan teh. Ternyata, rosemary kaya akan antioksidan yang mampu menurunkan kadar gula darah.

Jika digabungkan, semua khasiat ramuan rosemary bisa membantu menurunkan berat badan.

Ini juga dapat membantu melindungi tubuh dari beberapa gangguan metabolisme. Bahkan, asam carnosic dalam rosemary berpotensi sebagai anti-obesitas.

13. Peterseli

Kandungan serat dalam peterseli (parsley) sangat tinggi sehingga mampu membuat tanaman ini menjadi salah satu ramuan terbaik untuk menurunkan berat badan.

Minyak di dalam peterseli juga bisa menurunkan kadar gula darah dan berpotensi mengobati hiperglikemia.

Peterseli ini sangat bagus untuk mengatur berat badan, terutama bagi penderita diabetes.

Itulah beberapa tanaman herbal yang mampu membantu menurunkan berat badan. Sederet tanaman herbal itu sebagian besar dapat ditemukan di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: Prevention
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi