Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Siniar KG Media
Bergabung sejak: 15 Okt 2021

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Pengaruh Fandom K-Pop terhadap Popularitas Brand

Baca di App
Lihat Foto
Allkpop
Besarnya fandom K-Pop memberikan pengaruh besar terhadap suatu brand.
Editor: Yohanes Enggar Harususilo

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Brigitta Valencia Bellion

KOMPAS.com - Siapa tak kenal dengan BTS, NCT, Blackpink, dan TWICE? Besarnya penggemar (fandom) ketiga grup musik tersebut merupakan representasi dari demam Korea atau Korean Wave yang kian menjalar ke berbagai belahan dunia.

Mengutip Kompascom, Indonesia merupakan rumah bagi jutaan K-Popers dari berbagai penggemar loyal. Pada 2019, Twitter mengumumkan Indonesia berada di peringkat ketiga setelah Thailand dan Korea Selatan sebagai negara paling banyak mengunggah twit seputar artis K-Pop.

Besarnya minat masyarakat Indonesia terhadap para idolanya membuat banyak brand kini menggaet artis Korea untuk berkolaborasi sebagai brand ambassador-nya. Sebut saja Lemonilo dan NCT Dream, BTS dan Tokopedia, serta Scarlett Whitening dan TWICE.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat fenomena ini, Tomoka Takada, Direktur Perencanaan Strategis Hakuhodo Inc., dalam siniar Obsesif bertajuk “The Influence of K-Pop Fandom on Brand Marketing” yang dapat diakses melalui dik.si/ObsesifTomoka, mengungkapkan kalau fandom K-Pop dapat memberi pengaruh signifikan dalam perkembangan suatu brand.

Awal Mula Meluasnya K-Pop

Dilansir The Influence Agency, budaya K-Pop mulai dikenal luas sejak 1992 ketika Seo Taiji & Boys, grup K-Pop generasi pertama, pertama kali memasukkan lirik bahasa Inggris, tarian, dan elemen hip hop ke dalam repertoar mereka.

Baca juga: Transformasi Dunia Digital dalam Media Konvensional

Setelah beberapa tahun kemudian, agensi pun terus memproduksi grup-grup baru disertai genre musik yang disesuaikan dengan citra grupnya. Tak hanya itu, para anggota dari grup idola K-Pop pun juga dituntut memiliki pesona, mulai dari bakat hingga visualnya.

Pada tahun 2010, demam K-Pop pun mulai mendunia karena teknologi, seperti ponsel pintar, internet, dan platform media sosial, semakin berkembang. Bahkan, saat itu, musik asal Korea Selatan tumbuh hingga 168 persen karena didengarkan oleh penggemar global.

Memasuki generasi ketiga, jalan K-Pop untuk dikenal dunia pun semakin terbuka. Grup pertama yang mendapat pengakuan internasional besar-besaran adalah BTS yang mulai melejit pada 2015 ketika mereka memulai tur stadion internasional pertama mereka.

Dari situ, penggemar loyal mereka pun semakin bertambah hingga berhasil memecahkan rekor di iTunes dan YouTube. Bahkan, kini BTS pun kembali masuk ke dalam nominasi GRAMMY Awards 2023.

Kehadiran Media Sosial dan Meluasnya Fandom K-Pop

Tak bisa dimungkiri kalau media sosial kini menjadi salah satu platform untuk memasarkan suatu bisnis. Hal inilah yang juga dilakukan oleh agensi grup idola Korea untuk menggaet penggemar dari berbagai belahan dunia.

Itu sebabnya, industri K-Pop selalu berkembang untuk menemukan teknik efektif mereka sendiri dalam membangun fandom online. Alhasil, kini bermunculan pula platform yang digunakan para idola agar bisa lebih dekat dengan penggemarnya, seperti Bubble, Lyn, dan Weverse.

Baca juga: Kisah Korupsi dalam Secangkir Kopi Multatuli

Tak hanya itu, sebagian besar grup K-Pop juga memiliki media sosial bersama untuk berkomunikasi dengan penggemar. Acara-acara daring dan luring yang memungkinkan penggemar berinteraksi secara langsung dengan mereka pun membuat ikatan keduanya semakin solid.

Bagaimana Pengaruh K-Pop terhadap Suatu Brand?

Melihat potensi penggemar K-Pop yang semakin bertambah, brand-brand di Indonesia pun memanfaatkan kesempatan ini. Hasilnya pun bisa dibilang sangat positif.

Penelitian Kumala, dkk. (2022) dengan responden siswa kelas 10–11 jurusan IPS SMA Negeri 4 Probolinggo menunjukkan adanya pengaruh signifikan grup idola Korea sebagai brand ambassador terhadap keputusan pembelian suatu produk.

Sebesar 44,34 persen responden mengatakan bahwa grup idola K-Pop sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk. Sementara itu, 35,9 persen menganggap citra suatu brand-lah yang berpengaruh besar.

Baca juga: Baik untuk Kesehatan Mental, Ini 3 Manfaat Memiliki Koleksi

Hal ini menunjukkan bahwa grup idola Korea sebagai brand ambassador mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap keputusan pembelian dibandingkan dengan brand image perusahaan.

Tak hanya itu, kolaborasi antara Lemonilo dan NCT Dream juga menunjukkan hasil yang signifikan. Pasalnya, kolaborasi ini berhasil meningkatkan brand image sebesar 39,8 persen terhadap generasi muda.

Bahkan, pada Februari 2022, pendapatan penjualan mi instan Lemonilo meningkat 154,9 persen setelah mereka menerapkan promosi pembelian produk berhadiah photocard NCT Dream.

Lantas, bagaimana pandangan Tomoka Takada terhadap fenomena ini? Jawaban lengkapnya bisa kalian dengarkan melalui siniar Obsesif edisi spesial narasumber APMF 2022 bertajuk “The Influence of K-Pop Fandom on Brand Marketing” di Spotify.

Di sana, ada pula beragam informasi menarik seputar dunia kerja untuk para fresh graduate dan job seeker, loh!

Ikuti juga siniarnya agar kalian tak tertinggal tiap ada episode terbarunya. Akses sekarang juga episode ini melalui tautan dik.si/ObsesifTomoka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi