Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Pesawat "Siluman" F-35 Australia Mendarat di Bali, Ada Apa?

Baca di App
Lihat Foto
INSTAGRAM.com/@infokomando.official
Tangkapan layar unggahan video viral bernarasi pesawat siluman F-35 Australia mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Unggahan video bernarasi pesawat siluman F-35 Australia mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali viral di media sosial.

Video mendaratnya pesawat siluman F-35 Australia di Bali dibagikan akun Instagram @infokomando.official dan @mo.spotting_ pada Kamis (24/11/2022).

"Penampakan pesawat siluman F-35 saat memasuki Bandara Ngurah Rai Bali," demikian keterangan yang dituliskan akun Instagram @infokomando.official.

Dalam video, tampak sejumlah pesawat F-35 terparkir di Landasan Udara (Lanud) I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi Jet Tempur Sukhoi Su-27 dan Su-30

Baca juga: Seperti Ini Spesifikasi Jet Tempur Eurofighter Typhoon Incaran Menhan Prabowo...

Lantas, seperti apa penjelasan TNI Angkatan Udara (AU)?

Pesawat F-35 mendarat di Bali, ada apa?

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan, kedatangan pesawat F-35 Royal Australian Air Force atau RAAF di Lanud I Gusti Ngurah Rai, Bali dalam rangka transit untuk refueling atau pengisian bahan bakar.

Ada empat pesawat tempur F-35 dan satu C-130 Hercules RAAF yang transit di Lanud I Gusti Ngurah Rai pada Kamis (24/11/2022).

Pada momen tersebut, penerbang AU Australia berbagi pengalaman operasional dan pemeliharaan pesawat F-35 kepada penerbang TNI AU.

"Interaksi dan sharing informasi tersebut, merupakan bagian dari kegiatan transit empat pesawat tempur F-35 dan satu C-130 Hercules RAAF di Lanud Rai," ujarnya, dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Jumat (25/11/2022).

"Kedatangan rombongan RAAF yang dipimpin WGCDR Martin Parker, untuk refueling seusai mereka melaksanakan latihan Elangroo '22 di Malaysia," imbuh Indan.

Ia melanjutkan, kedatangan RAFF disambut Danlanud Rai Kolonel Pnb Putu Sucahyadi dan Letkol Pnb IGN Adi Brata selaku ketua tim TNI AU.

Selain sharing informasi, interaksi TNI AU-RAAF juga untuk berbagi pengalaman operasional dan pemeliharaan pesawat tempur F-35.

Pesawat tempur F-35, berasal dari Skadron 35 RAAF yang berhome base di Tindal AFB Northern Teritory, Australia.

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi Jet Tempur F-15EX dan Dassault Rafale, Canggih Mana?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi