Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan
Bergabung sejak: 24 Mar 2020

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Pertempuran 26 November 2022

Baca di App
Lihat Foto
AFP/ GLYN KIRK
Lionel Messi merayakan kemenangan 2-0 timnas Argentina atas Meksiko di depan para fans pada laga Grup C Piala Dunia 2022 yang dihelat di Lusail Stadium, Minggu (27/11/2022) dini hari WIB.
Editor: Sandro Gatra

SEMENTARA awan mendung isu pelanggaran hak asasi manusia dan LGBT masih merundung suasana penyelenggaraan Piala Dunia 2022, delapan negara dari lima benua pada Sabtu, 26 November 2022 (waktu Qatar), saling sengit bertempur di Qatar.

Dua negara Eropa, Perancis dan Denmark saling berhadapan, sementara satu negara Afrika, Tunisia berhadapan dengan Australia.

Satu negara Amerika Tengah, Meksiko berhadapan dengan satu negara Amerika Selatan, Argentina sebagai sesama negara berbahasa nasional Spanyol.

Ada negara Eropa, Polandia berhadapan dengan negara Asia Barat Daya Kawasan Timur-Tengah: Saudia Arabia yang telah menghebohkan Piala Dunia 2022 dengan kejutan mengalahkan Argentina yang sempat dicurigai sengaja mengalah agar tidak harus berhadapan dengan Brasil sebelum babak final.

Pada saat naskah ini ditulis telah diketahui siapa yang menang dan siapa yang kalah dari delapan negara yang berlaga pada babak awal Piala Dunia 26 November 2022 di Qatar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skor yang telah nyata terabadikan sebagai sejarah adalah:

1. Tunisia melawan Australia di Stadion Al Janoub, Al Wakrah yang diselenggarakan sejak pukul 10.00 waktu Qatar berakhir dengan skor 1-0 untuk Australia.

2. Polandia melawan Saudi Arabia di Stadion Education City Al Rayyan, kick-off mulai pk 13.00 waktu Qatar selesai dengan skor 2-0 untuk Polandia.

3. Perancis melawan Denmark di Stadion 974, Doha yang berawal pada pukul 16.00 waktu Qatar dengan skor 2 – 1 untuk sang juara Piala Dunia 2018.

4. Yang paling dramatis sebab menentukan nasib Argentina adalah pertempuran Argentina melawan Meksiko di Stadion Lusail Iconic dimulai pukul 19.00 waktu Qatar diakhiri dengan skor 2-0 untuk Argentina.

Dari hasil empat pertempuran delapan negara lima benua 26 November 2022, secara subyektif saya menyimpulkan empat kesimpulan, yaitu :

Pertama, bola memang bundar maka terbukti apapun bisa terjadi pada Piala Dunia yang memang bisa diramal, namun kenyataan memang tidak selalu sesuai dengan ramalan.

Kedua, pada hari ke 7 dari delapan grup, posisi pertama diduduki tujuh negara Eropa serta satu negara Amerika Selatan. (Sayang, negara Asia Barat Daya, Saudi Arabia yang sempat bertahta di posisi teratas pada Group C terpaksa merosot ke posisi ke tiga akibat digusur oleh Polandia serta Meksiko digunduli Argentina)

Ketiga, jangan lupa bahwa satu-satunya yang tidak berubah pada ranking grup Piala Dunia adalah perubahan itu sendiri.

Ke empat, terpaksa kembali ke kesimpulan pertama, yaitu bola memang bundar maka apapun bisa terjadi pada Piala Dunia yang memang bisa diramal namun kenyataan tidak selalu sesuai dengan ramalan.

Sebaiknya 27 November 2022, Anda jangan ke mana-mana sebab giliran Jerman akan ditentukan nasibnya pada Piala Dunia 2022 di pertempuran Clash of The Titans melawan Spanyol di stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi