Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan
Bergabung sejak: 24 Mar 2020

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Kejutan Piala Dunia Masih Berlanjut

Baca di App
Lihat Foto
AFP/ JOSE BRETON
Thomas Mueller tampak kecewa pada pertengahan laga Grup E Piala Dunia 2022 yang mempertemukan Spanyol vs Jerman di Al Bayt Stadium, Senin (28/11/2022) dini hari WIB. Hasil Piala Dunia 2022 Spanyol vs Jerman imbang 1-1.
Editor: Sandro Gatra

PADA tanggal 27 November 2022, Jepang yang pada babak awal Piala Dunia 2022 di Qatar terbukti berjaya mengalahkan Jerman, berhadapan dengan Kosta Rika yang dikalahkan oleh Spanyol, maka di atas kertas berdasar logika konstelasi siapa mengalahkan siapa dikalahkan siapa, layak diramalkan bahwa Jepang akan menaklukkan Kosta Rika.

Namun apa mau dikata ramalan sepakbola memang tidak terjamin pasti senantiasa sesuai kenyataan. Alih-alih menang, Jepang malah terpaksa mengibarkan bendera putih sambil bertekuk lutut akibat skor 1-0 untuk Kosta Rika.

Di dalam semesta sepakbola memang ada semacam kutukan bahwa tim ini selalu menang melawan tim itu, tetapi selalu kalah jika melawan tim anu. Itupun tidak bisa dipastikan hukumnya pasti begitu itu.

Bisa juga terjadi kejutan dalam bentuk bahwa ternyata hari nahas bagi tim itu sekaligus hari mujur bagi tim ini. Jika tidak ada kejutan berarti bola yang disepak dan disundul para sepakbolawan bukan bundar.

Pada hari yang sama dengan kejutan Jepang kalah melawan Kosta Rika, rentetan kejutan Piala Dunia berlanjut dengan tumbangnya raksasa Belgia melawan anak bawang, Maroko.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada hari yang sama pula, Jerman yang semula dikalahkan oleh Jepang harus menghadapi Spanyol yang semula kejam menggunduli Kosta Rika.

Jika Jerman tidak ingin terdepak keluar pada babak awal Puala Duna 2022, maka tim nasional Der Panzer harus berjuang keras untuk jangan sampai dibantai secara bengis seperti Kosta Rika oleh Spanyol.

Sampai dengan menit ke 83 berarti sudah menjelang akhir laga, sebenarnya Spanyol masih unggul dengan satu gol.

Namun mendadak Jerman dalam kondisi putus-asa mencetak sebuah gol sehingga laga dua mantan juara dunia berakhir sama kuat atau sama lemah dengan skor 1 : 1.

Berarti nasib Jerman terdepak atau lanjut ke babak selanjutnya di Piala Dunia penuh kejutan ini suka tak suka apa boleh buat terpaksa masih harus menanti hasil laga Jerman melawan Kosta Rika maupun Spanyol versus Jepang.

Berdasar analisa secara Jerman-sentris, pada hakikatnya bukan hanya masih namun malah makin sulit untuk menyatakan apakah harapan sudah atau belum lenyap bagi Jerman di babak awal Piala Dunia penuh dengan kejutan berkelanjutan ini.

Sementara harapan Jepang, Kosta Rika dan Spanyol jelas beda dari harapan Jerman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi