Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan
Bergabung sejak: 24 Mar 2020

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Semi Final Afrika, Amerika, Eropa

Baca di App
Lihat Foto
AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA
Megabintang timnas Portugal Cristiano Ronaldo setelah timnas tersingkir dari Piala Dunia 2022 Qatar. Portugal tersingkir seusai takluk 0-1 pada perempat final kontra Maroko yang berlangsung di Stadion Al Thumama, Doha, pada Sabtu (10/12/2022) malam WIB.
Editor: Sandro Gatra

BABAK 16 besar Piala Dunia 2022 dengan sistem kalah langsung tersingkir antara timnas Afrika Maroko melawan timnas Eropa Portugal maupun antara sesama timnas Eropa, Perancis melawan Inggris cukup menarik karena baik Maroko dan Portugal maupun Perancis dan Inggris secara geofrafis sama-sama bertetangga dengan dipisahkan sebuah selat.

Pertarungan mereka juga menegangkan berdasar beberapa alasan.

Alasan pertama adalah Maroko merupakan satu-satunya timnas Afrika yang masih bertahan di babak 16 besar Piala Dunia 2022 akan ditentukan nasibnya oleh timnas Portugal konon tanpa sang legenda, Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiros.

Alasan ke dua bersifat andaikatamologis, jika Maroko dikalahkan oleh Portugal maka kemenangan Portugal dianggap wajar, namun kekalahan Maroko dianggap terhormat.

Sementara jika Maroko menang, maka dianggap suatu mujizat dan kekalahan Portugal dianggap sangat amat terlalu memalukan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan ke tiga adalah pertarungan Maroko versus Portugal bersuasana mati atau hidup sebab akan langsung menentukan siapa berhak lanjut melaju ke babak semi final Piala Dunia 2022.

Bagi Inggris, Perancis merupakan musuh bebuyutan termasuk dalam bidang sepakbola meski bagi Inggris tidak sebubuyutan Jerman.

Dalam hal juara dunia, Perancis yang sudah dua kali sedikit lebih unggul ketimbang Inggris yang baru sekali.

Timnas Perancis dan Inggris sama-sama memiliki pesebakbola generasi muda sakti mandraguna yang sangat bisa diandalkan.

Sepanjang sejarah saling berhadapan, Inggris 17 kali mengalahkan Perancis, 9 kali dikalahkan Perancis, dan 5 kali seri.

Pada Piala Dunia 2022, rekam prestasi Inggris lebih mulus ketimbang Perancis yang sempat dipecundangi oleh Tunisia.

Di atas kertas, Inggris lebih layak diunggulkan ketimbang Perancis, namun sayang oh sayang : di atas kertas tidak selalu sama dengan di atas lapangan hijau, apalagi di Qatar yang bertabur drama kejutan.

Akhirnya kenyataan membuktikan bahwa Maroko berhasil menaklukkan Portugal dengan skor 1-0 serta Perancis berjaya menundukkan Inggris dengan skor 2-1.

Berarti pada babak semi final Piala Dunia 2022, Maroko akan berhadapan dengan Perancis sementara Argentina akan berhadapan dengan Kroasia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi