Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaleidoskop 2022: Arogansi Pengemudi SUV Sepanjang Tahun 2022

Baca di App
Lihat Foto
Istimewa
Pengemudi Pajero menodongkan pisau kepada pengendara lainnya di Jalan Boulevard, Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Minggu (25/12/2022). Pelaku diduga tak terima karena tidak didahukukan untuk melintas.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Ada berbagai peristiwa menarik sepanjang tahun 2022. Salah satunya adalah perilaku arogan beberapa pengemudi SUV berjenis Mitsubishi Pajero ketika di jalan raya.

Aksi arogan ini, memicu respons dari warganet di media sosial.

Aksi tersebut mulai dari menampar pengemudi mobil lain ketika tidak diberi jalan hingga merusak mesin EDC SPBU saat diarahkan mendaftar BBM bersubsidi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut deretan arogansi pengemudi SUV sepanjang tahun 2022 yang tercatat dalam pemberitaan Kompas.com.

Baca juga: Apa Bisa Pajero Sport yang Tertimpa Truk Pasir Diperbaiki?

Tampar pengemudi Toyota Yaris

Seorang pengemudi Pajero menampar pengemudi Yaris pada pertengahan tahun ini.

Dilansir dari Kompas.com, keributan antara pengemudi Pajero dan Yaris terjadi di jalan tol dari Kebon Jeruk menuju Tomang, Jakarta Barat pada Minggu (22/5/2022).

Pada saat itu, kepolisian menduga aksi penamparan terjadi lantaran pengemudi Pajero merasa kesal tidak bisa menerobos antrean karena terhalang pengemudi Yaris.

Polda Metro Jaya langsung turun tangan mencari keberadaan pengemudi Pajero itu dan diketahui memiliki nomor polisi B 199 MCP milik sebuah perusahaan.

Pengemudi Pajero pun lantas diamankan kepolisian, namun kasus penamparan ini berakhir dengan damai setelah pengemudi Yaris mencabut laporannya.

Baca juga: Awal Mula Kasus Pengemudi Pajero Todongkan Pisau di Kelapa Gading

Bunyikan sirine di lampu merah

Pengemudi Pajero lainnya terekam menghidupkan sirine berkali-kali ketika berhenti di lampu merah. Mobil tersebut memiliki nomor polisi 19-VII.

Video Pajero membunyikan sirine di lampu merah kemudian beredar di Twitter dan mengundang reaksi dari banyak warganet.

Dilansir dari Kompas.com, pengemudi Pajero diduga sengaja membunyikan sirine supaya dapat menerobos lampu merah yang sedang macet.

Pengunggah video mengatakan, arogansi tersebut terjadi di Bundaran Senayan dari arah Jl. Sisingamanganraja, Jakarta Selatan, Jumat (14/10/2022) sore.

Rusak mesin EDC SPBU

Arogansi lainnya terjadi ketika salah satu pengemudi Pajero melakukan perusakan terhadap mesin EDC pembaca QR Code di SPBU Bajong, Purbalingga, Jawa Tengah.

Area Manager Communication, Relations, and CSR Regional Jawa Bagian Tengah PT. Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho, mengatakan perusakan terjadi pada Senin (26/12/2022) pukul 08.30 WIB.

Baca juga: Viral, Video Pengendara Pajero Rusak Mesin EDC Petugas SPBU Saat Diminta Daftar Subsidi Tepat MyPertamina

Pada saat itu, pengemudi Pajero ingin membeli biosolar seharga Rp 200.000 namun ia belum melakukan pendaftaran Subsidi Tepat MyPertamina.

Petugas SPBU kemudian meminta pengemudi Pajero untuk melakukan pendaftaran dan setelah itu perusakan mesin EDC terjadi.

"Oleh operator SPBU, yang bersangkutan diarahkan untuk mendaftar program subsidi tepat di website, mengingat yang bersangkutan pada saat kejadian memang belum memiliki QR code," kata Brasto dikutip dari Kompas.com.

Acungkan pisau

Seorang pengemudi Pajero kembali viral setelah video yang memperlihatkan dirinya mengacungkan pisau kepada pengemudi lain beredar di media sosial.

Kejadian tersebut terjadi di Jl. Boulevard, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (25/12/2022), dan motif pengemudi Pajero menodongkan pisau diduga karena kesal tidak bisa menyalip kendaraan di depannya.

Saat dikonfirmasi oleh Kompas.com, pengunggah video mengatakan bahwa kejadian penodongan pisau bermula di depan Mall of Indonesia (MoI).

Kendaraannya berjalan di jalur dua dan pengemudi Pajero yang arogan berada di jalur tiga.

Baca juga: POM TNI Investigasi Jenderal Pemilik Pajero Tertimpa Truk Pasir di Cibubur, Kapuspen: Brigjen Airlangga Korban

"Bapak yang satunya lagi, itu yang nodong saya ini di jalur yang ketiga di jalur yang untuk nyerobot," kata pengunggah berinisial R.

"Dari situ ia berusaha untuk menyerobot mobil saya tapi enggak dapat karena saya udah kasih mobil depannya dia untuk masuk jadi gantian."

Pengemudi Pajero Sport sempat mengikuti mobil R lantaran tidak bisa menyalip dan aksi penodongan pisau terjadi di Jl. Boulevard Kepala Gading saat kondisi jalan sedang ramai.

Pajero tertimpa truk pasir

Video mobil Pajero yang dikemudikan Brigadir Jenderal TNI Eko Setiawan Airlangga tertimpa truk pasir viral di media sosial.

Diberitakan Kompas.com, kejadian tersebut terjadi ketika truk dengan nomor polisi B9515 CYT melaju dari arah utara ke selatan, Jumat (23/12/2022).

Pada saat itu truk berada di lajur paling kanan di Jl. Raya Transyogi pukul 05.30 WIB, dan ketika tiba di putaran SPBU Shell, ada mobil Pajero ingin berputar arah.

Pengemudi truk lantas membanting setir ke kanan lantaran jarak yang begitu dekat dan ia ingin menghindari tabrakan dengan mobil Pajero tersebut.

Namun apa daya. Truk bermuatan pasir itu akhirnya oleng dan Pajero yang diketahui adalah mobil dinas tertimpa dan ringsek.

Kasus tersebut kemudian berakhir dengan damai setelah dilakukan mediasi dan pemilik truk mau mengganti kerusakan mobil Pajero.

(Sumber: Kompas.com/ Tria Sutrisna, Nur Rohmi Aida, Nirmala Maulana Achmad, Zintan Prihatini, Ahmad Naufal Dzulfaroh | Editor: Ivany Atina Arbi, Rizal Setyo Nugroho, Sari Hardiyanto, Ihsanuddin, Sabrina Asril)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi