Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LINK Live Streaming Sidang Tuntutan Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO
Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Kuat Ma'ruf, Ricky Rizal, Putri Candrawathi, dan Ferdy Sambo menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (20/12/2022). Jaksa Penuntut Umum menghadirkan seorang saksi ahli digital forensik dari Polri, Hery Priyanto.
|
Editor: Rendika Ferri Kurniawan

KOMPAS.com - Terdakwa Ricky Rizal Wibowo dan Kuat Ma'ruf akan menjalani sidang pembacaan tuntutan oleh jaksa penuntut umum (JPU) pada hari ini, Senin (16/1/2023).

Dua terdakwa tersebut merupakan terdakwa dalam kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Dilansir dari SIPP Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, sidang tuntutan Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf hari ini akan berlangsung di ruang sidang utama PN Jakarta Selatan, mulai pukul 09.30 WIB.

Baca juga: Sambo Tampil Berkacamata Selama Persidangan, Disebut Mainkan Taktik Nerd Defense, Apa Itu?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link live streaming sidang tuntutan

Menghadapi pembacaan tuntutan dari JPU, terdakwa Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf masih akan didampingi masing-masing kuasa hukumnya.

Pembacaan tuntutan sendiri merupakan agenda persidangan setelah proses pemeriksaan bukti-bukti selesai.

Berlokasi di PN Jakarta Selatan, masyarakat dapat menyaksikan sidang pembacaan tuntutan melalui link live streaming berikut:

Baca juga: Saat Hakim Dibuat Bingung oleh Klaim Pelecehan Seksual yang Diyakini Sambo...

Kemungkinan meringankan bagi dua terdakwa

Sebagaimana diberitakan Kompas.com, Senin (16/1/2023), ahli hukum pidana dari Universitas Indonesia Eva Achjani Zulfa memaparkan, ada dua hal yang kemungkinan akan menjadi pertimbangan meringankan bagi Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf.

Dia mengatakan, dalam konstruksi perkara itu, JPU mendakwa Ricky dan Kuat secara bersama-sama turut serta dalam pembunuhan.

Maka dari itu, keduanya dijerat dengan dakwaan Pasal 55 ayat (1) ke-1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang turut serta.

Namun, baik Ricky maupun Kuat bukan orang yang menjadi pelaku penembakan.

"Kerja sama secara sadar untuk melakukan tindak pidana tidak 'utuh' terbukti dalam kasus Ricky Rizal karena penolakannya atas perintah FS," ujar Eva.

"Sementara Kuat Maruf yang bukan anggota polisi atau ajudan juga bukan orang yang memiliki kemampuan menembak misalnya," lanjut Eva.

Kedua hal itu dinilai bisa menjadi pertimbangan bagi JPU atau hakim dalam menyampaikan tuntutan atau vonis bagi keduanya.

"Maka hal ini bisa saja dipertimbangkan sebagai dasar peringanan pidana oleh jaksa penuntut umum dan majelis hakim dalam putusannya," ucap Eva.

Adapun dalam kasus Brigadir J, dua terdakwa ini didakwa melanggar Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 jo Pasal 56 ke-1 KUHP.

Mereka terancam pidana maksimal hukuman mati, penjara seumur hidup, atau penjara paling lama 20 tahun.

Baca juga: Ahli Sebut Ada Kode Senyap dalam Hubungan Ferdy Sambo-Bharada E, Apa Artinya?

Jadwal sidang kasus Brigadir J

Humas PN Jakarta Selatan, Djuyamto, membenarkan bahwa kelima terdakwa kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J masuk ke agenda sidang tuntutan.

"Iya, masuk ke agenda sidang tuntutan pekan depan," ujarnya, saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (15/1/2023).

Berikut rincian jadwal sidang pembacaan tuntutan terhadap lima terdakwa:

  • Senin 16 Januari 2023: terdakwa Ricky Rizal Wibowo dan terdakwa Kuat Ma'ruf
  • Selasa 17 Januari 2023: terdakwa Ferdy Sambo
  • Rabu 18 Januari 2023: terdakwa Putri Candrawathi dan Richard Eliezer Pudihang Lumiu.

Masih diagendakan berlangsung di ruang sidang utama, persidangan akan dipimpin hakim ketua Wahyu Iman Santoso, dengan hakim anggota Morgan Simanjuntak dan Alimin Ribut Sujono.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi