Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut Progam Magang Generasi Bertalenta BUMN, Berapa Gajinya?

Baca di App
Lihat Foto
screenshoot
Pendaftaran magang BUMN, berapa gajinya?
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka kesempatan magang bagi pelajar, santri, mahasiswa, dan fresh graduate melalui program Magang Generasi Bertalenta (Magenta) 2023.

Seluruh pendaftaran dilakukan secara online melalui laman magenta.fhcibumn.com pada 23-27 Januari 2023.

Lantas, berapa besaran gaji peserta Magenta BUMN 2023?

Baca juga: Kementerian BUMN Akan Buka Program Magang “Magenta”, Terbuka untuk Mahasiswa dan Fresh Graduate

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaji magang bUMN

Direktur Eksekutif FHCI Lieke Roosdianti mengatakan, peserta magang BUMN memang tidak mendapat gaji, namun mereka akan mendapatkan uang saku.

Menurut Lieke, besaran uang saku yang akan diterima peserta Magenta BUMN 2023 tergantung pada kebijakan masing-masing BUMN.

"Itu tergantung kebijakan masing-masing BUMN, karena durasinya bervariasi, bisa satu bulan, dua bulan sampai dengan 12 bulan," kata Lieke saat dihubungi Kompas.com, Selasa (17/1/2023).

Selain uang saku, Lieke menyebut peserta juga akan mendapatkan benefit lainnya, termasuk pengalaman kerja.

Peserta program imagang BUMN ini juga berkesempatan untuk menerapkan semua ilmu yang sudah didapat dengan cara mempraktikkannya secara langsung di dunia kerja.

Dengan mengikuti program magang ini, diharapkan peserta akan memiliki kemampuan tambahan terkait standar kerja profesional di BUMN.

"Pengalaman yang didapat dari program Magenta BUMN akan menjadi bekal berharga dalam menjalani jenjang karir sesungguhnya untuk meraih masa depan gemilang," tulis Magenta di laman resminya.

Baca juga: Jadwal dan Cara Cek Pengumuman Tes Bahasa Inggris Rekrutmen Bersama BUMN 2022

 

4 Jenis magang BUMN

Ada 4 jenis magang yang dapat dipilih, yakni magang umum, magang santri, Kampus Merdeka BUMN, dan Indonesia Global Talent Internship.

1. Magang umum

Magang Umum adalah program magang yang terintegrasi dan menjadi bentuk enhancement dari magang-magang BUMN non-SKS yang sebelumnya dijalankan secara mandiri oleh masing-masing BUMN.

Program tersebut memiliki durasi magang yang variatif mulai dari 1-12 bulan dan dapat diikuti oleh siswa dan mahasiswa aktif, termasuk fresh graduate.

Baca juga: Kasus Joki Rekrutmen BUMN, Erick Thohir: Yang Terlibat akan di Blacklist

2. Magang Santri

Magang Santri tersedia bagi mahasiswa atau santri berstatus aktif dengan syarat minimal semester 5 untuk diploma dan semester 7 untuk S-1 dari universitas Islam atau pesantren setingkat.

Mereka yang memenuhi kriteria itu mendapat kesempatan untuk magang kerja secara langung di BUMN dengan jangka waktu yang ditentukan.

3. Kampus Merdeka BUMN

Program magang jenis ini merupakan bentuk kolaborasi dari Kementerian BUMN dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Ini sekaligus menjadi pengalihan dari Program Magang Mahasiswa Bersertifikat yang sebelumnya telah berjalan di bawah koordinasi FHCI.

4. Indonesia Global Talent Internship

Indonesia Global Talent Internship yang terbuka bagi mahasiswa aktif pada jenjang S2 atau S3 mancanegara.

Mereka yang berstatus lulusan S2 mancanegara juga berkesempatan mengikuti Indonesia Global Talent Internship.

Dengan demikian, peserta Indonesia Global Talent Internship dapat masuk ke dalam lingkungan kerja BUMN dan berkontribusi langsung pada proyek atau riset di area strategis BUMN.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi